Yuk, Pahami Lebih Dalam Tentang Diet Keto untuk Gaya Hidup Sehat!

17 Oktober 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Di zaman sekarang, cukup banyak orang mencari cara untuk hidup sehat dan tetap bugar. Salah satu pendekatan yang sedang tren adalah diet keto. Tapi apa sebenarnya diet keto itu? Yuk, kita ulas bersama!


Apa Itu Diet Keto?


Diet keto adalah pola makan yang kaya lemak, sangat rendah karbohidrat, dan protein sedang. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama, bukan karbohidrat. Ketika tubuh kekurangan glukosa dari karbohidrat, hati mulai mengubah lemak menjadi keton, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi. Proses ini disebut ketosis.


Manfaat Diet Keto:


1. Penurunan Berat Badan


Dengan membakar lemak sebagai sumber energi, tubuh dapat mengurangi lemak dengan lebih efisien. Diet keto telah menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif.


2. Kontrol Gula Darah


Diet keto dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, kadar gula darah yang terkandung dapat lebih stabil.


3. Energi yang Lebih Baik


Pernah merasa lemas atau kehilangan energi di tengah hari, meskipun kamu sudah makan? Nah, inilah salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke diet keto. Saat tubuh kita berada dalam keadaan ketosis, kita cenderung memiliki pasokan energi yang lebih stabil.


Lalu, Bagaimana Cara Memulai Diet Keto?


1. Pilih Makanan yang Tepat


Fokus pada makanan berlemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak. Hindari makanan tinggi karbohidrat seperti roti dan pasta. Pilihan makanan yang tepat adalah kunci keberhasilan diet keto.


2. Pantau Asupan Karbohidrat


Pastikan untuk mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat per hari. Menghitung karbohidrat adalah langkah penting untuk memasuki keadaan ketosis. Mengapa demikian? Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh kita. Namun dalam diet keto, kita ingin tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya, bukan karbohidrat.


Oleh karena itu, menghitung dan membatasi asupan karbohidrat adalah langkah penting untuk memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh mulai membakar lemak untuk energi. Untuk memudahkan penghitungan, kamu bisa menggunakan aplikasi pelacak makanan atau jurnal makanan harian.


3. Tetap Terhidrasi


Minum banyak air sangat penting saat menjalani diet keto. Ketika menjalani diet keto, tubuh kamu akan membuang lebih banyak air daripada biasanya. Ini karena tubuh kamu membuang keton yang tidak digunakan melalui urin.


Oleh karena itu, sangat penting untuk minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Air tidak hanya membantu tubuh membuang keton yang tidak digunakan, tetapi juga menjaga ginjal tetap sehat dan mendukung fungsi tubuh lainnya.


Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, atau lebih jika kamu aktif berolahraga. Selain itu, konsumsi elektrolit seperti sodium, kalium, dan magnesium juga penting untuk mencegah kram otot dan gejala lain yang mungkin muncul saat awal menjalani diet keto.


Diet keto adalah pendekatan yang menarik dalam dunia kesehatan dan kebugaran. Dengan pemahaman yang tepat dan pendekatan yang disiplin, diet ini dapat membantu banyak orang mencapai tujuan kesehatan mereka. Tapi perlu diingat, untuk selalu konsultasikan rencana diet kamu dengan ahli gizi atau dokter.


Selain fokus ke gaya hidup sehat secara jasmani, jangan lupa untuk memikirkan tentang kesehatan keuangan kamu ya. kamu bisa mulai dengan berinvestasi reksa dana di aplikasi SayaKaya.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 13 Oktober 2023

6 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Berinvestasi di Reksa Dana

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang belum berinvestasi di SayaKaya? Investasi adalah langkah penting dalam meraih tujuan finansial di masa depan. Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pertimbangkan yaitu reksa dana.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 12 Oktober 2023

4 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat: Fisik Kuat, Mental Selamat

Halo teman Yamin! Kita menyadari bahwa kesehatan itu bukan hanya pada saat sedang berinvestasi. Namun dalam kehidupan pun kita juga harus menjaga kesehatan diri sendiri.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 11 Oktober 2023

Bosan dengan Wisata Biasa? Yuk, Coba Perjalanan dengan Tipe Adventure!

Halo, teman Yamin! Siapa di sini yang sudah ingin berlibur? Padahal libur akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Nah, justru itu Yamin bakal ajak kamu mengenal wisata dengan tipe adventure atau petualangan. Sambil menunggu akhir tahun, yuk persiapkan rencananya dan simak artikel ini dengan baik.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.