Bosan dengan Wisata Biasa? Yuk, Coba Perjalanan dengan Tipe Adventure!

11 Oktober 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo, teman Yamin! Siapa di sini yang sudah ingin berlibur? Padahal libur akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Nah, justru itu Yamin bakal ajak kamu mengenal wisata dengan tipe adventure atau petualangan. Sambil menunggu akhir tahun, yuk persiapkan rencananya dan simak artikel ini dengan baik.


Mengenal Wisata Petualangan


Sebelum melangkah lebih jauh, kami akan menjelaskan apa itu wisata petualangan. Wisata petualangan adalah tipe wisata yang memadukan pariwisata dengan aktivitas budaya dan pemandangan alam. Tipe wisata ini biasanya dilakukan ke tempat terpencil atau eksotis dengan tujuan menjelajah.


Mungkin beberapa dari kamu bertanya, di mana letak adventure atau petualangannya, di mana letak ekstremnya? Petualangan di sini tidak harus dilakukan dengan aktivitas menantang seperti terjun payung.


Kamu tetap bisa melakukannya cara yang lebih aman seperti backpacking atau wisata budaya. Hal terpenting adalah menantang diri dengan keluar dari zona nyaman.


Berikut adalah beberapa aktivitas wisata petualangan yang bisa kamu lakukan:


1. Backpacking.


2. Panjat tebing.


3. Wisata budaya.


4. Menginap.


5. Arung jeram.


6. Selam skuba.


7. Terjun payung.


8. Ski dan selancar salju.


9. Berselancar.


10. Trekking.


11. Yoga, dan sebagainya.


Menentukkan Destinasi Wisata


Setelah kita mengenal wisata petualangan, Yamin bakal ajak kamu untuk melakukan perencanaan liburan. Agar wisata berjalan dengan baik, sangat penting melakukan perencanaan terlebih dahulu.


Pertama, tentukan anggaran liburan. Dengan melakukan hal tersebut kamu sudah mencegah terjadinya pembengkakkan anggaran. Lalu, kamu bisa mulai merencanakan tujuan, biaya hidup, dan biaya transportasi, termasuk berapa lama kamu akan melakukan perjalanan.


Namun, jika kamu menginginkan kemudahan dalam berwisata, carilah jasa travel yang dapat mengakomodasi keperluan perjalanan. Tentunya dengan pertimbangan terhadap pelayanan yang ditawarkan.


Untuk mempermudah, terdapat beberapa rekomendasi aktivitas wisata petualangan yang dapat dijadikan destinasi pilihan.


1. Brazil


Brazil dikenal sebagai negara terbesar di Amerika Selatan dan dikenal sebagai tempat diselenggarakannya festival Rio yang merupakan salah satu festival terbesar di dunia. Di samping itu, Brazil juga dikenal sebagai surga alam dunia dengan sistem air terjun terbesar di dunia (Iguazu).


Selain itu, Brazil juga memiliki wilayah Amazon yang terdiri dari Sungai serta hutan hujan besar. Beberapa rekomendasi aktivitas petualangan yang bisa kamu coba, yaitu naik perahu di air terjun Iguazu, kereta dune di Natal, dan snorkeling di Fernando de Noronha.


2. Italia


Italia adalah negara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Mulai dari puncak terjal dan perbukitan hijau berbaris di wilayah ini. Jika kamu berkendara di jalanan Tuscany yang berkelok-kelok, kamu akan melihat deretan pohon Siprus di sepanjang perbukitan hijau dan ladang emas bunga matahari.


Di San Pellegrino juga bisa menjadi salah satu tempat untuk panjat tebing yang terbaik di dunia. Selain itu, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan yaitu: perahu melintasi Gua Capri, bermain ski di Cortina d’Ampezzo, dan selam skuba menuju patung San Fruttuoso's haunting Christ of the Abyss.


3. Spanyol


Spanyol adalah salah satu negara dengan geografi yang sangat cocok untuk wisata petualangan. Mulai dari Pantai kelas dunia hingga 15 taman nasional ada di negara ini. Jika kamu ingin menjelajahi wilayah gunung berapi dengan bukit pasir atau rawa, Spanyol adalah tempat yang paling tepat.


Beberapa aktivitas wisata petualangan yang dapat dicoba di antaranya mendaki Camino de Santiago, bersepeda di wilayah Andalusia, berkemah dan melihat bintang di Kepulauan Canary.


4. Thailand


Thailand adalah salah satu destinasi wisata backpacker yang cocok untuk kamu kunjungi. Kombinasi kota yang ramai dengan para pedagang kaki lima serta situs bersejarah menjadikan wilayah ini cocok bagi wisatawan di setiap generasi.


Entah itu di kota atau wilayah pesisir pantai, keindahannya tidak habis jika dieksplorasi. Adapun beberapa wisata petualangan yang wajib kamu coba yaitu berkunjung ke hutan hujan berusia 1.500 tahun, menaiki kayak di Taman Laut Nasional Tarutao, dan menelusuri gua di Pang Mapha.


5. Yunani


Negara yang terdiri dari 6000 pulau dan memiliki garis pantai sepanjang 14.500 mil ini bukanlah sekadar kumpulan bangunan bercat putih. Faktanya, Yunani memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah.


Negara ini cocok buat kamu yang sedang mencari tempat indah tanpa keramaian. Belum lagi Naxos merupakan surga bagi para peselancar dan Thassos sangat cocok untuk para pengendara sepeda gunung.


Selain itu, Yamin punya beberapa rekomendasi wisata, di antaranya: kamu dapat meluncur di air terjun Samothraki, menyelami puing-puing Perang Dunia II di lepas pantai Kreta, mendaki dan menikmati pemandangan menakjubkan di Kalymnos.


6. Australia


Australia memiliki garis pantai yang luas hingga mencapai 30.000 mil. Dengan rasio penggunaan lahan penduduk untuk permukiman yang sedikit, negara ini dikelilingi wilayah asing yang sangat cocok untuk wisata petualangan.


Beberapa aktivitas menantang yang dapat kamu coba di antaranya: menyelam skuba di pulau Lady Elliot, mendaki di teluk api Tasmania, berenang di air terjun The Kimberley.


7. Argentina


Negara ini memiliki puncak gunung yang tertutup salju dilengkapi dengan danau pirus, tundra liar, hingga hamparan es yang luas. Jika kamu menyukai negara dengan medan yang terus berubah, Argentina merupakan destinasi tepat.


Selain itu, negara ini juga cocok untuk wisata keluarga dan segala usia. Beberapa rekomendasi aktivitas wisata petualang yang dapat dilakukan adalah sebagai yaitu memancing di Patagonia, menunggang kuda di Estancias, dan bermain ski di pulau Francis Mallmann.


Jika kamu sudah mengetahui destinasi untuk wisata petualangan di akhir tahun. Kamu bisa memulai persiapannya dengan berinvestasi.


Investasi dapat membuat keuangan menjadi lebih efektif dengan peningkatan nilai balik (return) sehingga tujuan finansial apapun dapat terpenuhi.


Kalau kamu masih bingung untuk memulai, kamu bisa download aplikasi Sayakaya sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 10 Oktober 2023

Insentif Fiskal dari Kemenkeu - Market Outlook 10 Oktober 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 6 Oktober 2023

5 Tips Menghadapi Volatilitas Nilai Obligasi

Halo teman Yamin! Ngerasain gak, beberapa waktu ini volatilitas dari pergerakan obligasi sedang bergejolak. Hal itu membuat sebagian kinerja reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana lain yang alokasi dananya berada di obligasi atau sukuk terdampak.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 5 Oktober 2023

Kulik Reksa Dana: TRIM Kapital Plus

Hallo teman Yamin, pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Trimegah Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.