Market Research 20 Maret 2023: Unchanged Rate

20 Maret 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Jum­lah PHK yang ter­ja­di sela­ma bulan Jan­u­ari-Feb­ru­ari 2023 menyen­tuh lev­el tert­ing­gi sejak tahun 2009, den­gan seper­ti­ga dari jum­lah PHK terse­but berasal dari sek­tor teknolo­gi. PHK ini dis­am­but posi­tif oleh investor seba­gai langkah efisien­si biaya. Den­gan poten­si kenaikan suku bun­ga lan­ju­tan, maka jum­lah PHK juga dap­at meningkat lebih lan­jut. Pemer­in­tah dihara­p­kan dap­at men­e­mukan solusi dalam meng­hadapi gelom­bang PHK. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:


Walaupun sen­ti­men negatif sedang menye­limu­ti glob­al, Bank Indone­sia mena­han suku bun­ga di lev­el 5,75%, kon­sis­ten den­gan posisinya dalam men­jalankan kebi­jakan mon­eter pre-emp­tive dan for­ward look­ing agar ekspek­tasi inflasi dan inflasi men­gala­mi penurunan.


Real­isasi pener­i­maan PPN dan PPnBM hing­ga bulan Feb­ru­ari 2023 adalah IDR 128,27 tril­i­un, men­gala­mi kenaikan sebe­sar 72,87% diband­ingkan peri­ode yang sama di tahun lalu aki­bat memuli­h­nya kon­sum­si masyarakat.


Pada KTT Asean ke-42, Bank Indone­sia mer­in­tis upaya untuk peng­gu­naan mata uang lokal dalam transak­si perda­gan­gan bilat­er­al (LCS/local cur­ren­cy set­tle­ment) untuk men­gu­ran­gi keter­gan­tun­gan atas peng­gu­naan USD demi men­ja­ga sta­bil­i­tas IDR. Sejauh ini, Indone­sia hanya men­jalankan ske­ma ini den­gan Malaysia, Chi­na, Jepang, dan Thailand.


Anggaran ban­sos di Indone­sia lebih ren­dah diband­ingkan negara lain dan belum seband­ing den­gan banyaknya jum­lah masyarakat miskin. Per tahun 2022, ban­sos diang­garkan sebe­sar 0,55% ter­hadap PDB, diband­ingkan Malaysia yang sebe­sar 0,76%, Fil­ip­ina 0,67%, Thai­land 1,69%, dan Viet­nam 1,55%. Anggaran ban­sos yang ter­batas menye­babkan Indone­sia kesuli­tan untuk men­catat penu­runan dari tingkat kemiskinan.


Pemer­in­tah Indone­sia menar­getkan inves­tasi setara den­gan IDR 1.650 tril­i­un pada tahun 2024, meningkat IDR 250 tril­i­un diband­ingkan tahun ini. Tar­get yang dite­tap­kan sejalan den­gan tar­get per­tum­buhan ekono­mi 5,3% hing­ga 5,7%.


NIM per­bankan Indone­sia yang ting­gi sem­pat dis­ing­gung oleh Pres­i­den Jokowi, kare­na NIM yang ting­gi dap­at berar­ti bah­wa bun­ga kred­it yang dibebankan kepa­da deb­itur besar. Untuk menu­runk­an NIM sekali­gus men­ja­ga tingkat laba, bank dap­at menu­runk­an suku bun­ga kred­it, men­ja­ga kual­i­tas kred­it, dan men­dorong kin­er­ja untuk sum­ber pen­da­p­atan non-bunganya.


Den­gan perda­gan­gan Chi­na dan AS yang kurang har­mo­nis, negara-negara ASEAN dap­at terke­na dampak negat­ifnya, antara lain poten­si menu­run­nya kehar­mon­isan antar negara anggota ASEAN, deglob­al­isasi, dan kon­flik region­al ASEAN. Pasar saham sem­pat men­gala­mi penu­runan yang cukup men­dalam. Ter­da­p­at poten­si bagi emiten untuk melakukan buy­back saham di har­ga yang lebih rendah.


Pres­i­den AS Joe Biden men­gusulkan kenaikan pajak baru kepa­da mil­iarder, investor kaya, dan perusa­haan, den­gan min­i­mum tarif pajak peng­hasi­lan 25%. 0,01% war­ga AS terkaya juga diwa­jibkan mem­ba­yar tarif pajak 25%. Untuk perusa­haan, tarif pajak dinaikkan dari 21% men­ja­di 28%


Sin­ga­pu­ra meningkatkan cadan­gan emas­nya sebe­sar 30% pada bulan Jan­u­ari den­gan nilai total emas batan­gan adalah USD 4,5 mil­iar. Nyatanya, bank-bank sen­tral di berba­gai negara juga telah mem­ban­gun kepemi­likan emas kare­na USD yang men­gala­mi pelemahan.


Li Qiang seba­gai Per­dana Menteri baru Chi­na akan berfokus pada kual­i­tas per­tum­buhan dan kebu­tuhan raky­at seper­ti peruma­han, pen­da­p­atan, pen­didikan, dan kese­hatan diband­ingkan per­tum­buhan untuk mem­berikan kehidu­pan yang lebih baik bagi masyarakat China.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Efek Keruntuhan Silicon Valley Bank

Pasar glob­al baru saja dike­jutkan den­gan beri­ta men­ge­nai kolap­snya Sil­i­con Val­ley Bank (SVB), salah satu per­bankan yang cukup besar di AS dan telah beru­sia 40 tahun. Hanya dalam kurun wak­tu kurang dari 48 jam, nasabah melakukan penarikan dana besar-besaran yang menye­babkan SVB bangkrut. Para pelaku pasar pun meli­hat dan mem­band­ingkan kebangkru­tan SVB den­gan Lehman Broth­ers di tahun 2007–2008, meli­hat peri­s­ti­wa terse­but seba­gai per­mu­laan dari kri­sis yang baru.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 13 Maret 2023

Market Research 13 Maret 2023: New Terminal Rate

IMF untuk semen­tara menaikkan batas mak­si­mal pen­danaan bagi negara anggota yang terlilit utang dan sulit untuk menghim­pun pener­i­maan. Pada perte­muan Menteri Keuan­gan G20, isu penan­ganan utang yang men­ja­di salah satu pokok pem­ba­hasan ter­p­ing­girkan oleh isu lain­nya, yaitu mem­anas­nya hubun­gan AS-Chi­na. Dis­isi lain, arah perekono­mi­an Chi­na men­ja­di per­ha­t­ian bagi selu­ruh negara lain­nya. Menu­rut IMF, per­tum­buhan 1 persen poin dari perekono­mi­an Chi­na men­dorong per­tum­buhan 0,3 persen poin di negara lain. Bagi Indone­sia seba­gai mitra dagang Chi­na, ekspor Indone­sia dap­at men­gala­mi kenaikan. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 13 Maret 2023

Potensi Inflasi Lanjutan

Seti­ap tahun­nya, umat mus­lim diwa­jibkan untuk men­jalankan ibadah puasa Ramadan dan sete­lah­nya diiku­ti den­gan mer­ayakan keme­nan­gan di Hari Raya Idul Fitri. Secara his­toris, momen mendekati libur Idul Fitri akan memen­garuhi pen­ingkatan CCI (Cus­tomer Con­fi­dence Index) kare­na adanya pen­ingkatkan pen­gelu­aran di masyarakat. Para pelaku bisnis–khususnya yang berg­er­ak di bidang konsumen–akan menyi­ap­kan strate­gi untuk meman­faatkan momen terse­but, mulai dari perse­di­aan bahan baku hing­ga pen­jualan di ritel dan pro­mosi. Ter­lebih den­gan pen­cabu­tan sta­tus PSBB, masyarakat akan lebih ter­dorong untuk men­gun­jun­gi pusat per­be­lan­jaan dan tem­pat sejenis­nya di momen Ramadan dan Idul Fitri. Mengin­gat bah­wa tahun ini men­ja­di Ramadan dan Idul Fitri per­ta­ma yang tan­pa pem­bat­asan sosial, efeknya adalah tingkat oku­pan­si juga cen­derung meningkat, per­putaran uang pun semakin ting­gi, dan per­tum­buhan ekono­mi semakin ter­dorong juga kare­na kom­po­sisi PDB Indone­sia yang didom­i­nasi oleh kon­sum­si-setoran pajak dalam ben­tuk PPN berpoten­si meningkat. Secara his­torikal, poros per­tum­buhan yang sig­nifikan juga dicatat pada peri­ode Ramadan dan Idul Fitri.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.