Market Research 27 Maret 2023: Another Rate Hike

27 Maret 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Berkat keta­hanan sis­tem keuan­gan, per­modalan, risiko kred­it, dan likuid­i­tas, per­bankan Indone­sia dap­at dikatakan tidak ter­dampak dari penu­tu­pan SVB (Sil­i­con Val­ley Bank), Sig­na­ture Bank, dan Sil­ver­gate Bank. UBS menan­datan­gani pem­be­lian Cred­it Suisse sehar­ga USD 3,24 mil­iar untuk men­gatasi kri­sis keper­cayaan pada keuan­gan glob­al. Bank sen­tral Swiss juga mem­berikan ban­tu­an likuid­i­tas sebe­sar USD 108 mil­iar. Berikut meru­pakan mar­ket updates dari domestik dan global.


Guber­nur BI Per­ry War­jiyo meny­atakan bah­wa untuk kebi­jakan bun­ga acuan BI telah mem­per­tim­bangkan risiko yang muncul, seper­ti kolap­snya beber­a­pa bank di AS dan dampaknya ter­hadap negara Indone­sia ser­ta kepu­tu­san suku bun­ga Fed.  Bank Indone­sia juga tetap was­pa­da ter­hadap persep­si dari investor agar tidak meng­ham­bat ali­ran masuk modal asing.


Suku bun­ga bank Indone­sia dipredik­si berta­han di lev­el yang sama hing­ga akhir tahun, men­gacu pada kon­disi perekono­mi­an Indone­sia yang baik dan tingkat suku bun­ga telah memadai untuk men­ja­ga inflasi ke tar­get 3% plus minus 1% di bulan Sep­tem­ber 2023.


Bank Indone­sia mem­proyek­sikan per­tum­buhan ekono­mi glob­al di tahun 2023 adalah sebe­sar 2,6%, mem­per­tim­bangkan pem­bukaan ekono­mi Chi­na, penu­runan dis­rup­si suplai secara glob­al, dan risiko resesi yang menurun.


Aktiv­i­tas ekono­mi di bulan Ramadan dan Idul Fitri men­dorong per­putaran uang yang lebih ting­gi. Pen­jualan ritel, jasa, dan makanan-minu­man juga akan meningkat. Bank Indone­sia telah menyi­ap­kan uang tunai untuk kebu­tuhan Ramadan dan Idul Fitri sebe­sar IDR 195 triliun.


Kred­it hijau yang dis­alurkan per­bankan semakin digen­car­kan. Sela­ma tahun 2022, empat bank besar di Indone­sia telah menyalurkan kred­it hijau setara den­gan IDR 325,3 tril­i­un, meningkat 10,3% secara tahunan.


Bank sen­tral di berba­gai negara ten­gah mem­per­si­ap­kan likuid­i­tas untuk men­ja­ga sta­bil­i­tas sis­tem keuan­gan. Fed menawarkan per­tukaran mata uang har­i­an untuk ke bank di beber­a­pa negara agar memi­li­ki tingkat USD yang cukup untuk beroperasi.


Den­gan inflasi yang masih ting­gi diband­ingkan tar­get­nya dan diten­gah kri­sis per­bankan AS, Fed tetap menaikkan suku bun­ga sebe­sar 25 bps ke lev­el 4,75%-5,0%, lev­el suku bun­ga tert­ing­gi sejak Sep­tem­ber 2007. Di saat yang bersamaan, ner­a­ca Fed men­gala­mi kenaikan yang cukup sig­nifikan, mengindikasikan adanya sun­tikan likuid­i­tas untuk menye­la­matkan per­bankan AS.


Inflasi tahu­nan Argenti­na men­em­bus adalah 102,5% pada bulan Feb­ru­ari 2023, rekor tert­ing­gi sejak hiper­in­flasi yang ter­ja­di di tahun 1991. Kenaikan inflasi ini menekan pelu­ang menang dari par­tai berkuasa di pemilu akhir tahun ini.


Data Inter­na­tion­al Finance Cor­po­ra­tion (IFC) menun­jukkan bah­wa negara berkem­bang masih mem­bu­tuhkan dana setara den­gan USD 2,5 tril­i­un untuk men­ca­pai tar­get pem­ban­gu­nan berke­lan­ju­tan atau SDGs (Sus­tain­able Devel­op­ment Goals). Indone­sia masih belum memi­li­ki reg­u­lasi yang mewa­jibkan adanya audit pada aspek ESG yang dijalankan oleh perusahaan.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 27 Maret 2023

Waktu Adalah Uang

Time is mon­ey, rasanya selu­ruh manu­sia dari berba­gai kalan­gan usia dan bela­han dunia per­nah menden­gar ungka­pan ini. Meskipun terke­san seder­hana, namun ungka­pan ini memi­li­ki mak­na yang men­dalam, yang men­dorong kita seba­gai manu­sia untuk meman­faatkan wak­tu yang kita mili­ki den­gan sebaik-baiknya kare­na wak­tu tak akan bisa teru­lang kem­bali. Kelak bagi yang meng­har­gai wak­tu, maka wak­tu juga akan menghargainya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Market Research 20 Maret 2023: Unchanged Rate

Jum­lah PHK yang ter­ja­di sela­ma bulan Jan­u­ari-Feb­ru­ari 2023 menyen­tuh lev­el tert­ing­gi sejak tahun 2009, den­gan seper­ti­ga dari jum­lah PHK terse­but berasal dari sek­tor teknolo­gi. PHK ini dis­am­but posi­tif oleh investor seba­gai langkah efisien­si biaya. Den­gan poten­si kenaikan suku bun­ga lan­ju­tan, maka jum­lah PHK juga dap­at meningkat lebih lan­jut. Pemer­in­tah dihara­p­kan dap­at men­e­mukan solusi dalam meng­hadapi gelom­bang PHK. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Efek Keruntuhan Silicon Valley Bank

Pasar glob­al baru saja dike­jutkan den­gan beri­ta men­ge­nai kolap­snya Sil­i­con Val­ley Bank (SVB), salah satu per­bankan yang cukup besar di AS dan telah beru­sia 40 tahun. Hanya dalam kurun wak­tu kurang dari 48 jam, nasabah melakukan penarikan dana besar-besaran yang menye­babkan SVB bangkrut. Para pelaku pasar pun meli­hat dan mem­band­ingkan kebangkru­tan SVB den­gan Lehman Broth­ers di tahun 2007–2008, meli­hat peri­s­ti­wa terse­but seba­gai per­mu­laan dari kri­sis yang baru.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.