Alternatif Investasi: Mengenal IDX30 Futures dan Cara Kerjanya

19 Desember 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Recap of Struc­tured Prod­uct Day — Pasar Naik Turun Tetap Cuan Den­gan IDX30 Futures


Dalam berin­ves­tasi, dulu investor hanya bisa mem­be­li saham yang terkan­dung dalam suatu indeks, seper­ti IHSG, IDX30, LQ45, dan indeks lain­nya. Sekarang, investor bisa berin­ves­tasi den­gan mem­be­li indeks dan men­da­p­atkan keun­tun­gan keti­ka pasar (yang diukur dari perg­er­akan indeks) sedang men­gala­mi kenaikan ataupun penu­runan. Caranya adalah den­gan mem­be­li kon­trak futures, seper­ti LQ45 Futures yang telah dirilis sejak tahun 2016. Walaupun pro­duk inves­tasi futures secara umum­nya cukup jarang diden­gar oleh masyarakat Indone­sia, sebe­narnya aset futures san­gat umum sekali di bur­sa Ameri­ka yang telah dirilis sejak lama dan memi­li­ki vol­ume transak­si yang lebih besar diband­ingkan under­ly­ing-nya sendiri. Perg­er­akan aset futures cen­derung diman­faatkan pelaku pasar untuk menge­tahui sen­ti­men di masa yang akan datang, ter­lebih lagi transak­si futures berlang­sung ham­pir 24 jam. 


Futures meru­pakan efek per­jan­jian antara ked­ua pihak (beli dan jual) men­ge­nai sejum­lah under­ly­ing aset pada har­ga dan wak­tu ter­ten­tu di masa yang akan datang. Ter­da­p­at beber­a­pa man­faat dalam berin­ves­tasi melalui pro­duk futures:
Two way trad­ing, investor dap­at memi­li­ki ekspo­sur ter­hadap suatu aset tan­pa memi­li­ki under­ly­ing-nya ter­lebih dahu­lu, sehing­ga dap­at meman­faatkan kon­disi pasar bull­ish maupun bear­ish. 
Hedg­ing tool, investor dap­at meman­faatkan futures seba­gai instru­men lin­dung nilai pada porto­fo­lio investor agar ter­cip­ta net off atau men­gu­ran­gi jum­lah keru­gian dari aset non-futures. Teknik hedg­ing terse­but san­gat umum digu­nakan di luar negeri. 
Mark-to-mar­ket, yaitu seti­ap akhir hari perda­gan­gan maka KPEI lang­sung menghi­tung hak dan/atau kewa­jiban pen­jual dan pem­be­li. Mark-to-mar­ket dap­at men­gu­ran­gi risiko coun­ter­par­ty men­ja­di lebih ren­dah. 
Lever­age, yaitu investor den­gan ini­tial cap­i­tal yang kecil dap­at berin­ves­tasi den­gan modal yang lebih besar untuk men­da­p­atkan keun­tun­gan berin­ves­tasi di under­ly­ing-nya, namun diiku­ti den­gan risiko dan keru­gian yang lebih besar juga keti­ka men­gala­mi penu­runan nilai inves­tasi. Dalam berin­ves­tasi pada derivatif, investor hanya mem­bu­tuhkan modal sebe­sar 4% dari nilai keselu­ruhan, sehing­ga men­cip­takan 25 kali leverage.


Karak­ter­is­tik yang menon­jol dari futures adalah investor tidak per­lu menyi­ap­kan modal secara penuh untuk mem­be­li suatu aset. Seba­gai con­toh, keti­ka mem­be­li saham seni­lai Rp1.000, maka investor per­lu menyi­ap­kan Rp100.000 untuk mem­per­oleh 1 lot saham terse­but den­gan risk-to-reward 1:1. Keti­ka mem­be­li ETF (kom­bi­nasi dari aset), maka investor juga mem­ba­yar 100% (secara penuh). Sedan­gkan, investor hanya per­lu menyetorkan sebe­sar 4% dalam bertransak­si futures, namun risiko dan keun­tun­gan yang dihadapi oleh investor juga lebih besar diband­ingkan berin­ves­tasi di ETF atau aset­nya secara langsung.


Berbe­da den­gan teknik inves­tasi di luar negeri, investor Indone­sia hanya diper­bolehkan untuk meng­gu­nakan pem­be­lian long, dan tidak diper­bolehkan untuk meng­gu­nakan pem­be­lian short, sehing­ga secara umum­nya investor tidak dap­at mer­aup keun­tun­gan keti­ka kon­disi pasar atau saham ter­ten­tu sedang menun­jukkan indikasi bear­ish. **Melalui IDX30 Futures, investor dap­at melakukan transak­si short, sehing­ga bisa men­da­p­atkan keun­tun­gan keti­ka IDX30 men­gala­mi penu­runan.**Transak­si futures juga dijamin oleh KPEI.


Ter­da­p­at beber­a­pa hal pent­ing yang per­lu diper­hatikan dalam berin­ves­tasi futures, yaitu futures memi­li­ki jang­ka wak­tu jatuh tem­po seper­ti 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, sehing­ga jatuh tem­po pada futures akan menye­babkan posisi investor men­ja­di hangus. Selain itu, futures meru­pakan pro­duk lever­age, sehing­ga poten­si keun­tun­gan dan keru­gian yang diter­i­ma oleh investor juga lebih besar, setara den­gan 25 kali diband­ingkan inves­tasi pada under­ly­ing-nya. Beber­a­pa pro­duk futures yang ada di IDX ter­diri dari LQ45 Futures, IDX30 Futures, Indone­sia Gov­ern­ment Bonds Futures (SUN Seri Bench­mark), dan Bas­ket Bond Futures.


Kri­te­ria Instru­men Futures



Ilus­trasi Long 10 Kon­trak IDX30F3 27 Jan 23 @ 505



ETF dan Futures dari IDX30 mem­berikan imbal hasil yang sama, namun Futures hanya mem­bu­tuhkan modal inves­tasi sebe­sar Rp20,2 juta, sedan­gkan ETF mem­bu­tuhkan modal inves­tasi sebe­sar Rp505 juta.
*HPH: Har­ga Penye­le­sa­ian Harian


Ilus­trasi Short 10 Kon­trak IDX30F3 26 Jan 23 @ 505



ETF tidak dap­at men­jalankan transak­si short-sell­ing, sedan­gkan melalui IDX30 Futures, investor dap­at mer­aup keun­tun­gan keti­ka har­ga under­ly­ing menu­run.
*HPH: Har­ga Penye­le­sa­ian Harian


Pada tahun 2023, BEI akan mer­ilis Sin­gle Stock Futures sehing­ga investor dap­at melakukan transak­si futures yang seru­pa den­gan transak­si pada indeks, namun investor dap­at memil­ih saham-saham khusus pada kon­stituen IDX30. Mul­ti­pli­er dari futures ini adalah 100 saham den­gan tick size dan auto rejec­tion mengiku­ti keten­tu­an Efek Under­ly­ing di II‑A, den­gan keten­tu­an:
Con­tract size = mul­ti­pli­er x har­ga saham x jum­lah kon­trak
Ini­tial mar­gin = 4% x har­ga saham x mul­ti­pli­er x jum­lah kontrak


Walaupun keun­tun­gan berin­ves­tasi pada futures lebih besar diband­ingkan berin­ves­tasi pada under­ly­ing-nya, risiko ser­ta keru­gian yang ditang­gung oleh investor juga lebih besar. Dalam berin­ves­tasi pro­duk futures, secara seder­hananya investor juga per­lu mem­per­hatikan strate­gi dan man­a­je­men risiko agar inves­tasi pada aset secara lang­sung dan inves­tasi pada pro­duk futures sama-sama mem­berikan keun­tun­gan atau lin­dung nilai, dan sebisa mungkin menghin­dari keru­gian dari aset dan futures-nya (seper­ti kon­disi keti­ka saham maupun Buy IDX30 futures men­gala­mi penurunan).


Hap­py investing!


Dis­claimer: Anal­i­sis dan infor­masi yang terkan­dung dalam artikel ini men­gan­dung opi­ni yang bersi­fat sub­jek­tif dan berper­an seba­gai edukasi. Inves­tasi melalui aset derivatif men­gan­dung risiko, kepu­tu­san dan hasil dari inves­tasi meru­pakan risiko dan tang­gung jawab dari mas­ing-mas­ing investor.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
CEO Insight 10 Desember 2022

Jessica Berbicara

EV dan Prospek Investasinya

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 9 Desember 2022

Is Cash the King… or is it?

Sep­a­n­jang tahun 2022, por­si kas dalam porto­fo­lio yang dikelo­la oleh man­a­jer inves­tasi men­ca­pai 14% dari total nilai akti­va bersih (NAB), lebih ting­gi dari tahun-tahun sebelum­nya yang berk­isar sebe­sar 9%. Secara sek­i­las, ter­da­p­at sek­i­tar 5% tam­ba­han dari total dana indus­tri di rek­sa dana yang belum ‘dibelan­jakan’ oleh man­a­jer inves­tasi. Terus, kena­pa kas ini tiba-tiba membludak?

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 9 Desember 2022

Market Research 9 Desember 2022: Global Challenge

Men­je­lang tahun poli­tik, Pres­i­den Jokowi menggen­car­kan inves­tasi PMDN untuk meningkatkan kolab­o­rasi antara investor besar den­gan UMKM kare­na PMN diproyek­sikan ter­ham­bat. Beber­a­pa negara bagian juga telah menun­jukkan ‘beri­ta bagus’. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.