Cuti Bersama, Enaknya Ngelakuin Hal Ini!

21 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Cuti bersama meru­pakan momen yang ditung­gu-tung­gu oleh banyak orang, Apala­gi pas hari “kejepit”. Kesem­patan ini mem­berikan wak­tu luang yang berhar­ga untuk beri­s­ti­ra­hat, berse­nang-senang, dan men­jalani aktiv­i­tas yang diidamkan. Nah, salah satu hal yang bisa mem­bu­at cuti kamu semakin berar­ti yaitu den­gan meman­faatkan­nya bela­jar dan mengem­bangkan diri, salah sat­un­ya bela­jar investasi. 


Ter­da­p­at beber­a­pa instru­men inves­tasi yang pop­uler dan seru untuk dipela­jari, salah sat­un­ya adalah rek­sa dana. 


Seder­hananya, rek­sa dana adalah ben­tuk inves­tasi kolek­tif di mana dana yang dikumpulkan dari sejum­lah investor digu­nakan untuk berin­ves­tasi dalam berba­gai instru­men keuan­gan seper­ti instru­men pasar uang, oblig­asi, dan saham.


Dana terse­but dikelo­la oleh man­a­jer inves­tasi yang memi­li­ki penge­tahuan dan keahlian khusus dalam men­gelolanya. Lalu bagaimana cara yang asik saat cuti bersama agar lebih pro­duk­tif den­gan bela­jar rek­sa dana? Yuk mari kita ulas bersama.


1. Mem­ba­ca Buku dan Materi Edukasi 


Man­faatkan wak­tu luang cuti bersama untuk mem­ba­ca buku dan materi edukasi ten­tang inves­tasi rek­sa dana. Banyak buku dan sum­ber bela­jar online yang mem­ba­has berba­gai hal men­ge­nai inves­tasi rek­sa dana, mulai dari ilmu dasar hing­ga strate­gi inves­tasi yang lebih men­dalam. Den­gan mem­ba­ca, kamu dap­at mema­ha­mi kon­sep, jenis-jenis rek­sa dana, risiko, dan poten­si keun­tun­gan yang bisa diperoleh. 


2. Mengiku­ti Sem­i­nar atau Workshop 


Cari tahu apakah ada sem­i­nar atau work­shop yang berkai­tan den­gan inves­tasi rek­sa dana yang diadakan sela­ma cuti bersama. Acara-acara semacam ini biasanya dis­e­leng­garakan oleh perusa­haan man­a­jer inves­tasi atau komu­ni­tas inves­tasi. Den­gan mengiku­ti sem­i­nar atau work­shop, kamu bisa men­da­p­atkan penge­tahuan yang lebih men­dalam lang­sung dari para ahlinya, berba­gi pen­gala­man, dan berte­mu den­gan investor lain.


3. Kon­sul­tasi den­gan Ahli Keuangan 


Jika kamu masih merasa bin­gung ten­tang inves­tasi rek­sa dana, cuti bersama adalah wak­tu yang tepat untuk berkon­sul­tasi den­gan ahli keuan­gan atau penasi­hat inves­tasi. Mere­ka dap­at mem­ban­tu kamu mema­ha­mi pro­fil risiko, mem­berikan saran ten­tang porto­fo­lio yang sesuai den­gan tujuan keuan­gan kamu, dan mem­berikan infor­masi terki­ni ten­tang perkem­ban­gan pasar modal.


4. Diskusi den­gan Teman atau Keluarga


Selain bela­jar secara indi­vidu, cuti bersama juga bisa men­ja­di wak­tu yang tepat untuk berdiskusi den­gan teman atau kelu­ar­ga ten­tang inves­tasi rek­sa dana. Mungkin ada anggota kelu­ar­ga atau teman mu yang memi­li­ki pen­gala­man dalam berin­ves­tasi rek­sa dana dan dap­at mem­berikan wawasan yang berhar­ga. Diskusi semacam ini dap­at mem­per­lu­as pema­haman kamu dan mem­berikan sudut pan­dang yang berbeda.


Sela­mat menikmati cuti bersama dan mengek­splo­rasi dunia inves­tasi rek­sa dana! Ingat­lah bah­wa inves­tasi meli­batkan risiko, sehing­ga pent­ing untuk melakukan riset yang teliti dan berkon­sul­tasi den­gan ahli keuan­gan sebelum mem­bu­at kepu­tu­san investasi. 


Kalo kamu masih bin­gung ingin berin­ves­tasi rek­sa dana di mana, cuma di aplikasi SayaKaya jawa­ban­nya! Yuk mend­ing down­load sekarang. Semoga seti­ap cuti bersama diadakan, bisa mem­berikan man­faat jang­ka pan­jang bagi keuan­gan kamu.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 19 Juni 2023

Suku Bunga The Fed Tertahan, Ada Potensi Naik ke Depan? — Market Outlook 19 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 16 Juni 2023

Ternyata Ini Fungsi Drawdown Pada Reksa Dana!

Hal­lo teman Yamin! Kali ini kita akan berke­nalan den­gan salah satu indika­tor untuk mengeval­u­asi kin­er­ja dari sebuah pro­duk rek­sa dana. Namun indika­tor ini bukan­lah satu-sat­un­ya indika­tor yang dap­at meny­im­pulkan kin­er­ja dari keselu­ruhan rek­sa dana terkait ya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 14 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Anak Pintar

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.