Suku Bunga The Fed Tertahan, Ada Potensi Naik ke Depan? — Market Outlook 19 Juni 2023

19 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. Suku Bun­ga The Fed Ter­ta­han, Ada Poten­si Naik ke Depan?


Bank sen­tral Ameri­ka Serikat (AS), yaitu The Fed­er­al Reserve (The Fed), mena­han suku bun­ga acuan­nya di 5.25% pada Juni 2023. The Fed juga men­gungkap­kan perekono­mi­an AS masih terus tum­buh, mes­ki dibayan­gi sejum­lah risiko yang ada. 


Namun The Fed pun mem­berikan isyarat adanya poten­si untuk menaikkan lagi tingkat suku bun­ga di masa men­datang. Pasal­nya, laju inflasi AS pada Mei 2023 masih di lev­el 4%, sedan­gkan The Fed menar­getkan tingkat inflasi di AS dap­at turun ke 2%.


2. Nilai Ekspor Indone­sia Mei 2023 Tinggi!


Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­catat nilai ekspor Indone­sia pada Mei 2023 tem­bus sebe­sar US$21,72 mil­iar. Angka terse­but naik 12.61% diband­ingkan ekspor April 2023 yang sebe­sar US$19,29 mil­iar. Nilai ekspor Mei dini­lai meru­pakan tert­ing­gi sep­a­n­jang 2023.


Ekspor non­mi­gas Mei 2023 men­ca­pai sebe­sar US$20,40 mil­iar, naik 13.18% diband­ingkan pada April 2023. Kemu­di­an juga naik 1.94 % jika diband­ingkan ekspor non­mi­gas pada Mei 2022.


3. Utang Luar Negeri (ULN) Indone­sia Menyusut


Bank Indone­sia (BI) men­catat posisi utang luar negeri (ULN) Indone­sia pada akhir April 2023 sebe­sar US$403,1 mil­iar, bila diband­ingkan pada akhir Maret 2023, hal ini lebih ren­dah den­gan nilai sebe­sar US$403,3 miliar.


Pada perkem­ban­gan terse­but, utang luar negeri Indone­sia secara tahu­nan men­gala­mi kon­trak­si per­tum­buhan sebe­sar 1.3% (yoy), melan­jutkan kon­trak­si pada bulan sebelum­nya yang sebe­sar 1.8%. 


4. Pemer­in­tah Menyi­ap­kan Rp32,7 T untuk Per­baikan Selu­ruh Jalan Daer­ah RI


Menteri Peker­jaan Umum dan Peruma­han Raky­at (PUPR) Basu­ki Hadimuljono men­gungkap­kan, Pemer­in­tah Indone­sia telah menyi­ap­kan anggaran sebe­sar Rp32,7 tril­i­un untuk per­baikan jalan daer­ah di selu­ruh Indonesia.


Dalam tahap per­ta­ma, sedang disi­ap­kan Daf­tar Isian Pelak­sanaan Anggaran (DIPA) dan diusulkan sebe­sar Rp14,6 tril­i­un. Ren­cana per­baikan jalan terse­but akan difokuskan pada 32 Provin­si Indone­sia den­gan sebanyak 573 ruas jalan.


5. Duh, Rupi­ah Melemah 


Pada Senin (19/6) pagi pukul 09.18, nilai tukar rupi­ah ter­pan­tau melemah sebe­sar 38 poin atau 0.28% ke posisi Rp14.978 per dolar AS, diband­ingkan pada penu­tu­pan sebelum­nya seni­lai Rp14.940 per dolar AS.


Pelema­han nilai rupi­ah terse­but ter­ja­di kare­na salah satu fak­tor bah­wa investor masih wait and see menan­tikan tes­ti­moni Guber­nur The Fed Jerome Pow­ell pada pekan ini untuk men­da­p­atkan pen­je­lasan men­ge­nai poten­si kenaikan suku bun­ga acuan ke depannya.


6. IHSG Naik Tipis


Dalam sepekan (12–16 Juni 2023), Indeks Har­ga Saham Gabun­gan (IHSG) hanya men­gala­mi kenaikan tip­is sebe­sar 0.07%. IHSG ditut­up pada posisi 6.698,55 pada akhir perda­gan­gan Jumat (16/6). Dalam sepekan ter­akhir, ter­da­p­at lima indeks sek­toral yang men­guat, yaitu pada sek­tor teknolo­gi sebe­sar 1.74%, sek­tor barang baku naik sebe­sar 1.74%, sek­tor ener­gi naik sebe­sar 1.67%, sek­tor perindus­tri­an men­guat 0.74% dan pada sek­tor kese­hatan naik 0.33%.


Kemu­di­an ada juga enam (6) sek­tor yang melemah dalam sepekan, yaitu pada sek­tor prop­er­ti dan real estat yang melemah sebe­sar 2.08%, sek­tor barang kon­sum­si non­primer melemah sebe­sar 0.82%, kemu­di­an pada sek­tor barang kon­sum­si primer turun sebe­sar 0.59%, sek­tor trans­portasi dan juga logis­tik yang men­gala­mi pelema­han sebe­sar 0.29%, pada sek­tor infra­struk­tur tergerus 0.12% ser­ta di sek­tor keuan­gan yang melemah tip­is sebe­sar 0.02%.


Menu­rut analis dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment, walaupun IHSG pada masa sekarang masih cen­derung side­ways atau flat, namun tar­get opti­mis pada akhir tahun 2023 yaitu berk­isar 7100–7200.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 16 Juni 2023

Ternyata Ini Fungsi Drawdown Pada Reksa Dana!

Hal­lo teman Yamin! Kali ini kita akan berke­nalan den­gan salah satu indika­tor untuk mengeval­u­asi kin­er­ja dari sebuah pro­duk rek­sa dana. Namun indika­tor ini bukan­lah satu-sat­un­ya indika­tor yang dap­at meny­im­pulkan kin­er­ja dari keselu­ruhan rek­sa dana terkait ya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 14 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Anak Pintar

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 13 Juni 2023

MI Insight: Investor Masih Menunggu Pengumuman FOMC

Hal­lo teman Yamin! Sia­pa di sini yang sudah gak sabar ingin tahu men­ge­nai infor­masi mar­ket dari Man­a­jer Inves­tasi pil­i­han? Kali ini kita akan men­gu­las insight dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. Yuk kita per­hatikan dan baca ulasan berikut.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.