Good Bye Pandemic, Welcome Endemic — Market Outlook 26 Juni 2023

26 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. Good Bye Pan­dem­ic, Wel­come Endemic


Pemer­in­tah akhirnya men­cabut sta­tus pan­de­mi Covid-19 yang berlang­sung sela­ma tiga (3) tahun dan res­mi mema­su­ki masa ende­mi. Pres­i­den Jokowi mene­gaskan, bah­wa kepu­tu­san ini diam­bil pemer­in­tah sete­lah mem­per­tim­bangkan angka-angka har­i­an Covid-19 mendekati nihil. 


Hasil survei juga mem­per­li­hatkan bah­wa 99% masyarakat Indone­sia sudah memi­li­ki anti­bo­di Covid-19. 


2. BI Per­ta­hankan Suku Bunga


Saat Rap­at Dewan Guber­nur (RDG) Bank Indone­sia (BI) pada 21–22 Juni 2023 yang lalu memu­tuskan untuk mem­per­ta­hankan tingkat suku bun­ga acuan sebe­sar 5.75%.


Menu­rut Guber­nur Bank Indone­sia (BI) Per­ry War­jiyo, kepu­tu­san mem­per­ta­hankan suku bun­ga acuan BI memi­li­ki tujuan dalam memas­tikan inflasi tetap terk­endali pada kisaran sasaran 3 plus minus 1% pada sisa tahun 2023 dan 2024.


3. Empat (4) Tan­ta­n­gan Glob­al ke Depan


Wak­il Menteri Keuan­gan (Wamenkeu) Sua­hasil Nazara men­gungkap­kan bah­wa ter­da­p­at empat (4) tan­ta­n­gan glob­al yang per­lu terus diwas­padai, salah sat­un­ya yaitu men­ge­nai pan­de­mi yang memi­li­ki poten­si akan teru­lang di masa yang akan datang.


Kemu­di­an tan­ta­n­gan selan­jut­nya men­ge­nai teknolo­gi dig­i­tal yang berkem­bang pesat, perg­er­akan geopoli­tik yang berpoten­si memen­garuhi dunia, ser­ta isu peruba­han iklim yang meng­haruskan trans­for­masi ekono­mi menu­ju ekono­mi hijau.


4. Menkeu: Real­isasi APBN Indone­sia Surplus!


Menteri Keuan­gan (Menkeu) Sri Mulyani men­gungkap­kan, real­isasi Anggaran Pen­da­p­atan dan Belan­ja Negara (APBN) sur­plus sebe­sar Rp204,3 tril­i­un hing­ga Mei 2023. Nilai sur­plus APBN pada Mei 2023 lebih ting­gi diband­ingkan sur­plus APBN pada Mei 2022 yang ter­catat sebe­sar Rp132,24 tril­i­un atau berk­isar 0.74% dari PDB.


Belan­ja negara per Mei 2023 ter­catat seni­lai Rp1.005 tril­i­un atau setara den­gan 32.8% dari total APBN. Secara garis besar Menkeu meni­lai bah­wa kin­er­ja APBN per Mei 2023 menun­jukkan tren yang positif.


5. Rupi­ah Masih “Lesu”


Rupi­ah terus men­gala­mi pelema­han dan bera­da di posisi Rp15.035 pada pukul 09:02 WIB pada Senin pagi (26/6) atau melemah sek­i­tar 0.30%. Dalam sepekan ter­akhir (19–23 Juni 2023), rupi­ah juga telah melemah sebe­sar 0.40%.


Ada­pun perg­er­akan hari ini (26/6) rupi­ah diproyek­sikan masih lesu men­je­lang libur pan­jang Idul Adha. Seper­ti dike­tahui, pemer­in­tah mene­tap­kan cuti bersama untuk hari raya Idul Adha pada 28–30 Juni 2023.


6. Mar­ket Masih Menung­gu Kebi­jakan The Fed


Analis dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment meng­in­for­masikan, pada pekan lalu per­tum­buhan yield AS cen­derung flat di lev­el 3.7%. Kemu­di­an ada juga data yield 10 tahun Indone­sia yang cen­derung flat juga berk­isar di lev­el 6.25%-6.3%.


Perg­er­akan yang cen­derung datar/flat ini dise­babkan kare­na mar­ket sedang menung­gu keje­lasan atas kebi­jakan The Fed apakah nan­ti­nya suku bun­ga akan dinaikkan sebanyak dua kali atau ada kebi­jakan lain yang dap­at memen­garuhi perg­er­akan ekono­mi secara global.


Kemu­di­an analis juga meni­lai bah­wa masih ada perg­er­akan yang cukup volatile dalam jang­ka pen­dek pada oblig­asi dikare­nakan belum ada katal­is posi­tif yang dap­at men­dorong per­tum­buhan pada instru­men inves­tasi tersebut.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 23 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Pinnacle Money Market Fund!

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 Juni 2023

Cuti Bersama, Enaknya Ngelakuin Hal Ini!

Hal­lo teman Yamin! Cuti bersama meru­pakan momen yang ditung­gu-tung­gu oleh banyak orang, Apala­gi pas hari “kejepit”. Kesem­patan ini mem­berikan wak­tu luang yang berhar­ga untuk beri­s­ti­ra­hat, berse­nang-senang, dan men­jalani aktiv­i­tas yang diidamkan. Nah, salah satu hal yang bisa mem­bu­at cuti kamu semakin berar­ti yaitu den­gan meman­faatkan­nya bela­jar dan mengem­bangkan diri, salah sat­un­ya bela­jar investasi. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 19 Juni 2023

Suku Bunga The Fed Tertahan, Ada Potensi Naik ke Depan? — Market Outlook 19 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.