Kulik Reksa Dana: Pinnacle Money Market Fund!

23 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma. 


Tapi sebelum masuk ke bagian Rek­sa Dananya, kita akan men­gu­las latar belakang dari Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma ter­lebih dahu­lu. Dis­i­mak ya!


Pin­na­cle Per­sa­da Investama


Pin­na­cle Invest­ment (PT Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma) meru­pakan perusa­haan man­a­je­men inves­tasi berba­sis kuan­ti­tatif yang berdiri sendiri dan berba­sis di Indone­sia. Seba­gai perusa­haan inves­tasi berba­sis teknolo­gi per­ta­ma di Indone­sia, PT Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma mem­bawa per­spek­tif dan pen­dekatan yang berbe­da dalam berin­ves­tasi di mana kami meng­har­gai ino­vasi, pemiki­ran kolab­o­ratif, dan has­rat untuk kin­er­ja den­gan komit­men untuk menguta­makan kepentin­gan dan kebu­tuhan klien kami. 


Pin­na­cle Invest­ment didirikan pada tahun 2014, terdaf­tar dan diawasi oleh Otori­tas Jasa Keuan­gan (OJK) berdasarkan surat izin No. KEP-37/D.04/2015 ter­tang­gal 04 Juni 2015.


Pro­duk Rek­sa Dana di SayaKaya


Beber­a­pa jenis pro­duk yang dap­at teman Yamin temukan di aplikasi SayaKaya dari Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma adalah seba­gai berikut:



Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund


Salah satu pro­duk Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma yang ingin kita ulik yaitu Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund. Kita akan men­gu­lik dari segi alokasi aset hing­ga per­for­ma Rek­sa Dana tersebut.


Alokasi Aset



Pada pro­duk Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund, alokasi aset diba­gi men­ja­di Pasar Uang sebe­sar 59.53% (59.5% dibu­latkan) dan Bond < 1 Tahun sebe­sar 40.47% (40.5% dibu­latkan). Ada­pun Top Hold­ings yang ter­da­p­at pada aset alokasi Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund yaitu**:**


1. TD BPD Sulut


2. TD Bank Syari­ah Bukopin


3. TD Bank J Trust Indonesia


4. Sukuk Mdrbh Lon­tar Papyrus Pulp & Paper


5. TD Bank Allo


6. TD Bank Aladin Syariah


7. Oblig­asi II Pin­do Deli Pulp and Paper Mills


8. TD Bank Mayapada


9. TD Bank Nation­al Nobu


10. TD Bank Cap­i­tal Indonesia


Adanya kom­po­sisi yang besar dalam kat­e­gori pasar uang pada pro­duk Rek­sa Dana terse­but mem­bu­at kita harus lebih cer­mat dan men­gan­tisi­pasi atas peruba­han perg­er­akan tingkat suku bun­ga dan aktiv­i­tas makro ekono­mi ser­ta mikro yang sedang ter­ja­di dan dap­at berpoten­si memen­garuhi kin­er­ja rek­sa dana pasar uang terkait.



Dap­at dil­i­hat adanya per­tum­buhan yang sta­bil pada kin­er­ja rek­sa dana Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund bila diband­ingkan den­gan bench­mark nya yaitu Pasar­dana Index Rek­sa Dana Pasar Uang (PIRPU) dalam kurun wak­tu 1 tahun terakhir. 


Berdasarkan data di atas, rek­sa dana Pin­na­cle Mon­ey Mar­ket Fund dap­at men­ja­di alter­natif inves­tasi untuk jang­ka pen­dek dan juga bisa men­ja­di alter­natif untuk meny­im­pan dana daru­rat kamu.


Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?


Hal yang per­lu diper­hatikan yaitu meli­hat adanya per­tum­buhan yang posi­tif pada kin­er­ja Rek­sa Dana ter­lebih yang dip­il­ih sebelum berin­ves­tasi. Pastikan kamu juga memi­li­ki ren­cana finan­sial dan pro­duk rek­sa dana yang dip­il­ih sesuai den­gan pro­fil risiko mu. Kalau masih bin­gung beli rek­sa dananya di mana, di SayaKaya jawabannya!


Dis­claimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait Rek­sa Dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 21 Juni 2023

Cuti Bersama, Enaknya Ngelakuin Hal Ini!

Hal­lo teman Yamin! Cuti bersama meru­pakan momen yang ditung­gu-tung­gu oleh banyak orang, Apala­gi pas hari “kejepit”. Kesem­patan ini mem­berikan wak­tu luang yang berhar­ga untuk beri­s­ti­ra­hat, berse­nang-senang, dan men­jalani aktiv­i­tas yang diidamkan. Nah, salah satu hal yang bisa mem­bu­at cuti kamu semakin berar­ti yaitu den­gan meman­faatkan­nya bela­jar dan mengem­bangkan diri, salah sat­un­ya bela­jar investasi. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 19 Juni 2023

Suku Bunga The Fed Tertahan, Ada Potensi Naik ke Depan? — Market Outlook 19 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 16 Juni 2023

Ternyata Ini Fungsi Drawdown Pada Reksa Dana!

Hal­lo teman Yamin! Kali ini kita akan berke­nalan den­gan salah satu indika­tor untuk mengeval­u­asi kin­er­ja dari sebuah pro­duk rek­sa dana. Namun indika­tor ini bukan­lah satu-sat­un­ya indika­tor yang dap­at meny­im­pulkan kin­er­ja dari keselu­ruhan rek­sa dana terkait ya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.