Weekly Newsletter 1 Oktober 2024: IHSG Balik Arah Menjauhi 8.000, Pergerakan Obligasi dan Rupiah Bervariasi

1 Oktober 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terkoreksi turun setelah minggu sebelumnya -0,88%, minggu ini IHSG juga terkoreksi -0,61%. IHSG tertahan pada area level tertingginya minggu ini di 7.810 dan ditutup pada level 7.696 hari Jumat, 27 September 2024. Sedangkan Yield obligasi Indonesia 10 tahun dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (AS) bergerak bervariasi. Yield obligasi Indonesia 10 tahun naik ke level 6,450% setelah minggu lalu berada pada level 6,428%. Sedangkan rupiah masih mencatatkan penguatan hingga Rp 15.120.


Berita Ekonomi Sepekan


weekly.png Bank sentral China mengeluarkan berbagai stimulus yang diumumkan oleh Gubernur bank sentral China atau People’s Bank of China (PBOC), Pan Gongsheng, untuk mendorong perekonomian China. Lebih dari Rp 1.000 triliun dana disiapkan untuk menstabilkan pasar saham. Selain itu ada fasilitas penurunan suku bunga pinjaman, pemangkasan rasio persyaratan cadangan atau giro wajib minimum, dan kebijakan lainnya.


Pemerintah China juga akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa pemberian uang tunai kepada masyarakat yang berada dalam kemiskinan ekstrem. Hal ini dilakukan merespon data-data perekonomian yang tidak sesuai ekspektasi, seperti hasil produksi pabrik, dan penjualan ritel. Tingkat pengangguran yang melonjak serta harga properti yang merosot tajam juga menjadi dasar dari serangkaian paket stimulus tersebut.


Reksa Dana Campuran Terbaik Lima Tahun Terakhir di SayaKaya


rd campuran.png Sucorinvest Anak Pintar menjadi reksa dana campuran yang mencatatkan kinerja tertinggi selama lima tahun terakhir di SayaKaya dengan AUM sebesar Rp 184 M, meningkat sebesar 79,78%. Sedangkan peringkat kedua ada Trimegah Balanced Absolute Strategy Kelas A dengan AUM sebesar Rp 467 M, meningkat sebesar 77,80%. Jika berinvestasi 5 tahun yang lalu sebesar Rp 50 juta, maka investasi pada Sucorinvest Anak Pintar saat ini telah bernilai sebesar Rp 89 juta. Dan jika berinvestasi pada Trimegah Balanced Absolute Strategy Kelas A, saat ini telah bernilai sebesar Rp 88 juta.


Reksa Dana Pilihan Minggu Ini


top rd week (2).png Reksa dana campuran menjadi pilihan minggu ini karena kondisi bursa saham dan obligasi mengalami pergerakan yang bervariasi, sehingga reksa dana campuran yang berisi kombinasi saham, obligasi, dan kas bisa dipertimbangkan dalam menghadapi pergerakan pasar tersebut. Beberapa pilihan reksa dana campuran, yaitu Sucorinvest Anak Pintar, Trimegah Syariah Berimbang, dan Sucorinvest Citra Dana Berimbang.


Yuk investasi reksa dana di SayaKaya!


Disclaimer: Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa yang akan datang. Investasi reksa dana mengandung risiko, calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 1 Oktober 2024

Promo Pemuda Kaya!

Halo teman Yamin! Yamin bawa Promo Pemuda Kaya biar kamu makin cuan nih. Kamu bisa dapatin bonus reksa dana 100 ribu loh. Yuk, manfaatin promonya sebelum kehabisan! Tapi jangan lupa ya dibaca dulu untuk syarat dan ketentuan yang berlaku:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 September 2024

Peluang Investasi Reksa Dana Saham sampai Akhir Desember

Dalam berinvestasi reksa dana saham, salah satu yang menjadi acuan adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Menjelang akhir bulan September, bagaimana kinerja IHSG jika dilihat dari data historis akhir bulan September sampai akhir Desember pada periode 10 tahun terakhir?

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 25 September 2024

Waspada Penipuan Mengatasnamakan SayaKaya!

Hai teman Yamin, Hati-hati penipuan mengatasnamakan SayaKaya dan jajaran stafnya. Pastikan selalu berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan SayaKaya. Jika ada yang mencurigakan, harap segera hubungi kami melalui saluran resmi SayaKaya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.