Redenominasi Rupiah

21 Juli 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Dari akhir tahun 2022 hingga sekarang, kamu sering mendengar gak rencana bahwa Indonesia akan melakukan kebijakan redenominasi rupiah? Kira-kira apa yang dimaksud dengan redenominasi rupiah dan tujuannya apa sih? Mari kita bahas bersama.


Redenominasi rupiah merupakan suatu proses pengurangan nilai nominal mata uang suatu negara dengan tujuan untuk menghilangkan beberapa digit di depan angka mata uang, tetapi tanpa mengubah daya beli dan nilai riilnya. Dengan kata lain, redenominasi tidak berpengaruh pada nilai ekonomi dari mata uang itu sendiri, melainkan hanya memudahkan dalam proses perhitungan transaksi dan keuangan.


Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024 yang salah satunya mengungkapkan tentang Rancangan Undang-undang tentang Redenominasi Rupiah. Secara gambaran penyederhanaan rupiah dilakukan dengan mengurangi nominal tiga angka nol (0) di belakang, contohnya Rp1.000 menjadi Rp1.


Tujuan Redenominasi Rupiah


Adapun beberapa tujuan dari redenominasi rupiah yaitu:


1. Memudahkan perhitungan transaksi: Dengan redenominasi, angka-angka mata uang yang lebih kecil akan digunakan dalam setiap transaksi keuangan, membuat perhitungan menjadi lebih sederhana dan efisien. Penggunaan angka yang lebih kecil akan mengurangi risiko kesalahan dalam proses perhitungan.


2. Mengurangi biaya produksi uang fisik: Semakin besar denominasi mata uang, semakin tinggi juga biaya produksi uang secara fisik seperti kertas dan koin. Dengan redenominasi, biaya produksi dapat ditekan karena jumlah uang fisik lebih sedikit yang harus diproduksi.


3. Meningkatkan kepercayaan Masyarakat: Redenominasi juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap stabilitas mata uang dan ekonomi negara. Dengan mengurangi beberapa digit angka pada nilai mata uang, diharapkan citra rupiah sebagai alat pembayaran yang stabil akan meningkat.


4. Penyederhanaan Sistem Keuangan: Dalam jangka panjang, redenominasi rupiah juga berpotensi dapat menyederhanakan sistem keuangan negara, karena angka yang lebih kecil akan digunakan dalam proses keuangan dan perbankan. 


Namun terdapat tantangan dan pertimbangan yang besar juga dengan adanya rencana serta kebijakan redenominasi rupiah. Kira-kira apa tuh? Yuk lanjut disimak.


1. Perencanaan yang matang: Pemerintah harus merencanakan redenominasi dengan matang dan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Bank Indonesia, lembaga keuangan, dan pakar ekonomi.


2. Pengumuman dan Sosialisasi: Pengumuman mengenai redenominasi harus disampaikan secara luas dan merata kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang tujuan dan manfaat redenominasi.


3. Pengenalan Uang Baru: Penerbitan uang baru dengan denominasi yang lebih kecil harus dilakukan secara tepat dan hati-hati agar tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat.


4. Konversi Rekening Bank: Bank-bank juga harus melakukan konversi saldo rekening nasabah sesuai dengan perbandingan yang telah ditentukan.


5. Penyesuaian Sistem Keuangan: Sistem keuangan negara termasuk perangkat lunak, peralatan, dan mesin-mesin perbankan harus disesuaikan dengan redenominasi.


Bila kita lihat bersama, kebijakan ini perlu melewati proses yang sangat matang dalam jangka waktu panjang. Menurut kalian, apakah kebijakan dan rencana redenominasi rupiah merupakan langkah efektif untuk mendukung dari pertumbuhan perekonomian di Indonesia? 


Selagi kita menunggu keberlanjutan informasi dari kebijakan dan rencana tersebut, mending sisihkan penghasilan kita untuk berinvestasi reksa dana demi mencapai tujuan finansial di masa depan.


Salah satu cara mewujudkannya yaitu berinvestasi reksa dana di SayaKaya dong! Download aplikasinya sekarang di appstore atau playstore segera!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 20 Juli 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Equity Fund

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 17 Juli 2023

Kalkulasi Pertumbuhan Ekonomi Semester II - Market Outlook 17 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 14 Juli 2023

Ternyata Ini Arti Dari Kata Hawkish dan Dovish

Hallo teman Yamin! Ketika kita sedang membaca atau menonton sebuah berita, pernah gak kamu mendengar atau melihat istilah “Hawkish dan Dovish”? Kira-kira istilah tersebut artinya apa ya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.