7 Cara Belajar Reksa Dana dari 0!

6 Juli 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Mungkin dari kamu masih ada yang bingung untuk mengetahui bagaimana caranya belajar reksa dana dari 0. Di sini kami ingin sharing beberapa tips untuk kamu yang membutuhkannya. Mari kita simak dan ulas bersama ya!


1. “Kepoin” media sosial SayaKaya


Bener banget! Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah mengeksplor media sosial dari SayaKaya. Kamu bisa belajar reksa dana melalui konten-konten yang disajikan melalui instagram, website, grup telegram, dan aplikasi SayaKaya itu sendiri.


Semakin banyak dan sering kamu mengeksplor dan mempelajari ilmu serta konten yang disajikan oleh SayaKaya, semakin berkembang juga pengetahuan mu mengenai reksa dana. 


2. Beli dan baca buku investasi reksa dana


Untuk membantu penasaran dan keinginan kamu mengetahui dan belajar soal reksa dana. Kamu dapat mencoba alternatif lain yaitu dengan cara membeli buku investasi reksa dana. Baca dengan perlahan buku tersebut sampai kamu memahami ilmu yang ingin dipelajari.


Tidak semua buku memiliki kualitas cara penjelasan yang cocok dengan diri mu. Pilihlah buku yang memang sesuai dengan gaya serta pemahaman mu terhadap suatu bahasa. Dengan kamu menemukan buku investasi reksa dana yang cocok, kamu dapat belajar lebih cepat dan nyaman untuk memahaminya.


  1. Melihat video edukasi investasi reksa dana

Kamu dapat belajar reksa dana melalui video-video interaktif yang ada di instagram SayaKaya dengan konten IG live dan jenis konten lainnya. Selain itu, alternatif yang bisa dilakukan adalah mencari dan melihat video melalui YouTube.


Temukan kreator investasi reksa dana di YouTube yang kamu gemari, setelah itu kamu dapat belajar dari sana. Tips tambahan, kamu dapat melihat di kolom komentar pada kreator YouTube tersebut untuk mengukur tingkat kredibilitas dan pemahaman pada ilmu investasi reksa dana itu sendiri.


4. Miliki Mentor


Memang, memiliki seorang mentor bukanlah menjadi suatu kewajiban pada saat kamu belajar investasi. Kamu dapat mempelajari dan mendapatkan ilmu investasi reksa dana secara mandiri dari media manapun.


Namun dengan memiliki seorang mentor, kamu dapat bertanya dan mengetahui sesuatu yang belum dipahami secara nyata. Mentor bermanfaat dalam membimbing mu agar lebih memahami ilmu investasi reksa dana yang sedang dipelajari. 


Bila kamu ingin mencari mentor. Carilah mentor yang cocok dan sesuai dengan gaya belajar kamu. Selain itu carilah seorang mentor yang memiliki kredibilitas serta pengalaman yang cukup dalam dunia investasi.


5. Konsisten


Roma tidak dibangun dalam semalam. Itu adalah sebuah gambaran dari proses belajar. Bila kamu ingin lebih mengetahui dan memahami bagaimana caranya berinvestasi di reksa dana, kamu perlu belajar secara konsisten.


Kamu akan merasakan manfaatnya tidak hanya untuk jangka pendek, melainkan untuk jangka panjang dan seumur hidup mu. Jadi, belajarlah secara konsisten dengan waktu yang kamu tentukan sendiri.


6. Praktek Langsung


Belum “sah” rasanya bila kita hanya belajar tanpa praktek. Ibarat dalam sebuah peperangan, kita hanya tau cara menembak secara teori, tapi tidak pernah merasakan bagaimana menembak yang sesungguhnya.


Begitupun investasi reksa dana, kamu disarankan untuk berinvestasi reksa dana langsung selain mempelajari ilmunya. Dengan berinvestasi secara langsung, kamu bisa merasakan secara nyata bagaimana berinvestasi dari proses awal hingga mencapai tujuan finansial yang telah direncanakan sebelumnya.


7. Ulangi Langkah dari 1 sampai 7


Benar sekali! Kamu bisa mengulangi langkah 1 sampai 7 hingga kamu memahami betul bagaimana cara berinvestasi reksa dana dengan efektif. Cara ini dapat bermanfaat untuk dirimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.


Tidak perlu terburu-buru harus belajar beberapa materi dalam satu waktu. Baca dan belajarlah secara perlahan hingga kamu memahaminya. Ingat, teori tanpa praktek rasanya seperti sayur tanpa garam. Investasi reksa dana tanpa SayaKaya pun demikian.


Bila kamu ingin berinvestasi reksa dana dan mempraktekan pelajaran yang telah kamu dapatkan, langsung download dan manfaatkan aplikasi SayaKaya untuk berinvestasi reksa dana!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 4 Juli 2023

Kulik Reksa Dana: BNI-AM Dana Lancar Syariah

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi BNI Asset Management. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 3 Juli 2023

Kondisi Keuangan Domestik Saat Ini - Market Outlook 3 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 Juni 2023

Good Bye Pandemic, Welcome Endemic — Market Outlook 26 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.