Kondisi Keuangan Domestik Saat Ini - Market Outlook 3 Juli 2023

3 Juli 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:


1. “Sinyal” dari Suku Bunga The Fed


Ketua Federal Reserve Jerome Powell, menegaskan kembali bahwa sebagian besar gubernur bank sentral masih mengamati potensi kenaikan suku bunga yang masih akan terjadi di tahun 2023. Powell mengungkapkan, menunda kenaikan suku bunga awal bulan ini sebagai langkah untuk mengetahui bagaimana kampanye kenaikan suku bunga dapat memengaruhi perekonomian.


Selain itu, Powell menekankan bahwa terlepas dari apapun tindakan kebijakan di masa depan, Komite The Fed jelas percaya masih banyak yang harus dilakukan dengan pengetatan kebijakan moneter untuk menurunkan tekanan inflasi.


2. Kucur Dana Rp39 T Biayai Sektor Prioritas 


Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk sektor prioritas mencapai Rp39 triliun hingga 31 Mei 2023. Jumlah realisasi belanja ini merupakan 22.12% dari total alokasi.


Dana Rp39 triliun tersebut dimanfaatkan untuk membiayai infrastruktur Rp22 triliun, pendidikan Rp15 triliun dan kerja sama pembangunan internasional Rp2 triliun.


3. Stabilitas Keuangan Domestik Tetap Terjaga


Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan kondisi sistem keuangan pada Indonesia masih tetap stabil dan profitable di tengah gejolak keuangan secara global.


Selain itu, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memproyeksikan kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid terus berlanjut.** Proyeksi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia** berdasar IMF untuk tahun 2023 dan 2024 masing-masing diperkirakan 5.0% dan 5.1%. Proyeksi tersebut lebih tinggi dibanding proyeksi pertumbuhan rata-rata global yang sebesar 2.8% untuk tahun 2023 dan 3.0% untuk tahun 2024 (WEO, April 2023). 


4. Rupiah Perkasa


Pada Senin pagi (3/7) rupiah menguat 47 poin atau 0.33% ke posisi Rp15.018 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.065 per dolar AS. Walaupun nilai tukar rupiah menguat, namun pasar masih mewaspadai isu perlambatan ekonomi secara global dimana perlambatan sudah terjadi di Eropa dan China.


5. Modal Asing Mengalir Rp710 Miliar!


Bank Indonesia (BI) mencatat, terdapat aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan dalam negeri pada pekan keempat Juni 2023. Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, arus modal asing tersebut masuk baik ke pasar surat berharga negara (SBN) maupun ke pasar saham. 


Berdasar data setelmen dari awal tahun 2023 hingga 26 Juni 2023 secara year to date (ytd), dana aliran nonresiden beli neto di pasar SBN sebesar Rp80,43 triliun kemudian beli neto di pasar saham sebesar Rp14,25 triliun.


6. Volume Perdagangan Tidak Terlalu Banyak


Data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode  26 Juni sampai 27 Juni 2023 ditutup bervariasi. Peningkatan terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 0.33% pada level 6.661,879 dari level 6.639,733 pada pekan sebelumnya.


Selanjutnya, kapitalisasi pasar Bursa turut mengalami peningkatan sebesar 0.35% menjadi Rp9.459,175 triliun dari Rp9.426,573 triliun pada penutupan pekan yang lalu. Analis dari Sucorinvest Asset Management mengungkapkan, untuk dua minggu pertama pergerakan volume perdagangan market belum terlalu banyak.


Adapun proyeksi pada Q3, analis memproyeksikan akan melihat adanya imbas dari kenaikan konsumsi masyarakat. Dengan kenaikan tersebut, terdapat potensi yang positif terhadap perkembangan saham-saham di sektor terkait dan dapat memengaruhi juga pada kinerja reksa dana saham serta reksa dana campuran.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)


Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 26 Juni 2023

Good Bye Pandemic, Welcome Endemic — Market Outlook 26 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 23 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Pinnacle Money Market Fund!

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi Pin­na­cle Per­sa­da Inves­ta­ma. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 Juni 2023

Cuti Bersama, Enaknya Ngelakuin Hal Ini!

Hal­lo teman Yamin! Cuti bersama meru­pakan momen yang ditung­gu-tung­gu oleh banyak orang, Apala­gi pas hari “kejepit”. Kesem­patan ini mem­berikan wak­tu luang yang berhar­ga untuk beri­s­ti­ra­hat, berse­nang-senang, dan men­jalani aktiv­i­tas yang diidamkan. Nah, salah satu hal yang bisa mem­bu­at cuti kamu semakin berar­ti yaitu den­gan meman­faatkan­nya bela­jar dan mengem­bangkan diri, salah sat­un­ya bela­jar investasi. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.