5 Tips Membangun Kebiasaan Investasi Bagi Pemula

21 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Habit atau kebiasaan merupakan rutinitas yang seringkali dilakukan tanpa ada paksaan dan terkesan bergerak secara otomatis. Nah berbicara soal kebiasaan, seharusnya investasi juga jadi salah satu kegiatan rutin yang bisa kita mulai lho.


Membangun kebiasaan investasi tidak harus menjadi seorang jutawan terlebih dahulu. Kita bisa mulai dari jumlah kecil namun tetap dilakukan secara rutin. Terutama bagi kamu yang masih pemula, kita bisa pilih investasi yang paling mudah dari cara transaksinya dan kemudian dapat disesuaikan dengan tujuan serta risiko profil investasi kita.


Reksa dana merupakan salah satu cara untuk melatih kebiasaan dalam berinvestasi. Kenapa? Karena ada banyak jenis reksa dana yang bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan pengetahuan kita mengenai investasi. Seperti dana minimal investasi kamu saat berinvestasi di SayaKaya yaitu sebesar Rp10 ribu saja. Berikut beberapa tips untuk membangun rutinitas dalam berinvestasi.


1. Pahami Pentingnya Tujuan Investasi

Sebelum mulai berinvestasi, tentukan terlebih dahulu tujuan investasinya apa. Karena dengan tujuan yang jelas, kita jadi lebih mudah menuju ke langkah selanjutnya yaitu dalam memilih aset reksa dana yang sesuai untuk jangka panjang. Kamu bisa memulai dari menentukan tujuan investasi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.


2. Mulai dari Nominal Kecil

Kita dapat memulai dan membiasakan untuk rutin berinvestasi. TIdak perlu dengan modal yang besar pada nominalnya. Kita bisa mulai dari yang kecil dulu, sesuai dengan tujuan dan target investasi kita. Seperti tadi yang disebutkan di awal, bahwa kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10 ribu. Kamu juga bisa meningkatkan nominalnya secara berkala agar portofolio investasimu semakin besar.


3. Tingkatkan Pengalaman Investasi

Supaya lebih memahami ilmu dalam berinvestasi, kita perlu banyak belajar tentang investasi dan segera praktek langsung. Pelajari bagaimana cara investasi yang cerdas, salah satunya dengan membaca artikel-artikel di aplikasi SayaKaya, kemudian belajar bagaimana memilih jenis investasi yang cocok buat kita (bisa dilihat fund fact sheet dari tiap produk reksa dana), dan sebagainya. Semakin kita memahami dan berpengalaman, maka keputusan investasi kita ke depannya akan lebih baik lagi.


4. Komitmen dan Konsistensi

Kunci utama dalam membangun kebiasaan investasi adalah berkomitmen dan konsistensi. Mulailah dengan komitmen-komitmen kecil dan lakukan secara konsisten serta rutin. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menyisihkan sebagian pemasukan kita untuk berinvestasi. Pastikan menggunakan uang atau dana “dingin” ya..


5. Jangan Ditunda, Lakukan Saat Ini

Disarankan mulai dari sekarang. Jangan pernah tunda-tunda untuk mulai berinvestasi. Mulailah saat ini, karena semakin cepat memulai, semakin cepat juga kita bisa mencapai tujuan investasi. Jangan sampai nanti menyesal karena tidak memulai investasi dari saat sekarang.


Yuk, mulai berinvestasi reksa dana sekarang di SayaKaya dengan berbagai pilihan jenis reksa dana yang dapat disesuaikan dengan tujuan investasimu!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 20 Februari 2024

Keyakinan Konsumen Awal 2024 Meningkat! - Market Outlook 20 Februari 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 19 Februari 2024

7 Strategi Investasi Setelah Pemilu 2024

Halo teman Yamin! Beberapa waktu lalu kita sudah menggunakan hak suara untuk memilih siapa yang menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden dalam 5 tahun ke depan. Walaupun memang, pada saat artikel ini ditulis, hasil perhitungan suara secara riil belum selesai.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 7 Februari 2024

Pengaruh Teknologi Finansial (Fintech) dalam Investasi Reksa Dana

Halo teman Yamin! Kamu merasakan gak, teknologi telah mengubah cara dunia berinvestasi saat ini. Perkembangan teknologi membawa inovasi yang mengubah cara orang berinvestasi, mengelola portofolio, dan mengakses informasi pasar. Berikut adalah beberapa pengaruh utama teknologi terhadap dunia investasi:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.