Obligasi Masih “Ciamik” di Tengah Pasar Saham yang Flat – MarketOutlook 10 April 2023

10 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. Oblig­asi “Ciamik” di Ten­gah Pasar Saham yang Flat


Oblig­asi dini­lai cukup menarik dalam kon­disi pasar saham yang cen­derung masuk dalam perg­er­akan sideways/flat dari awal 2023 sam­pai sekarang. Hal terse­but ter­cer­min dari inflow (arus masuk) investor asing ke aset oblig­asi yang men­ca­pai Rp54,1 tril­i­un sep­a­n­jang Maret 2023 dan Rp96,7 tril­i­un sela­ma kuar­tal I 2023. 


2. Ini 7 Pri­or­i­tas Pem­ban­gu­nan Nasion­al untuk 2024!


Pada Kamis (6/4), Kementer­ian Peren­canaan Pem­ban­gu­nan Nasion­al (PPN)/Badan Peren­canaan Pem­ban­gu­nan Nasion­al (Bap­pe­nas) mene­tap­kan untuk tar­get per­tum­buhan ekono­mi tahun 2024 pada kisaran 5,3% sam­pai 5,7% dalam Ren­cana Ker­ja Pemer­in­tah (RKP) 2024.


Dalam RKP tahun 2024, ada 7 pri­or­i­tas pem­ban­gu­nan nasion­al yang meru­pakan kelan­ju­tan dari pri­or­i­tas pem­ban­gu­nan nasion­al dari tahun 2023. Tujuh (7) pri­or­i­tas terse­but yaitu: 


  • Mem­perku­at keta­hanan ekono­mi untuk per­tum­buhan yang berkual­i­tas dan memi­li­ki keadilan.


  • Mengem­bangkan wilayah dalam men­gu­ran­gi kesen­jan­gan dan men­jamin pemerataan. 


  • Meningkatkan perkem­ban­gan sum­ber daya manu­sia berkual­i­tas dan ber­daya saing.


  • Mengem­bangkan rev­o­lusi men­tal dan pem­ban­gu­nan kebudayaan.


  • Mem­perku­at dari segi infra­struk­tur untuk men­dukung pengem­ban­gan ekono­mi dan pelayanan dasar.


  • Mem­ban­gun lingkun­gan hidup, meningkatkan keta­hanan ben­cana, dan peruba­han iklim.


  • Mem­perku­at pada sta­bil­i­tas Pol­hukhankam ser­ta trans­for­masi pelayanan publik.


 


3. Wih! Inflasi Terk­endali Mema­su­ki Peri­ode Ramad­han 2023


Badan Kebi­jakan Fiskal (BKF) Kementer­ian Keuan­gan (Kemenkeu) meny­atakan bah­wa inflasi terk­endali den­gan baik saat awal mema­su­ki peri­ode Ramad­han 2023. Hal ini ditun­jukkan laju inflasi Maret 2023 sebe­sar 4,97% (yoy), turun sig­nifikan dari Feb­ru­ari sebe­sar 5,47% (yoy).


Inflasi har­ga pan­gan berge­jo­lak (volatile food) mam­pu ditu­runk­an dari 7,62% (yoy) pada bulan lalu, men­ja­di 5,83% (yoy) secara sig­nifikan pada Maret 2023.


4. IHSG Belum Berku­tik, Masih Flat


Indeks Har­ga Saham Gabun­gan (IHSG) masih tertekan, dalam sep­a­n­jang pekan lalu,IHSG terko­rek­si 0,24%. Perg­er­akan IHSG sepi dikare­nakan masuk pada masa ramad­han. Investor biasanya juga mencer­mati saham-saham “Big Caps” dalam peri­ode tersebut.


5. Perkasa! Rupi­ah Men­ja­di yang Ter­baik ke‑6 di Dunia!


​​Rupi­ah men­ja­di mata uang ter­baik Asia sep­a­n­jang tahun ini den­gan pen­guatan sebe­sar 4,4%, dan men­ja­di yang ter­baik ke-enam di dunia. Rupi­ah mulai men­guat sete­lah fenom­e­na Sil­i­con Val­ley Bank (SVB) kolaps di Ameri­ka Serikat, hal ini mem­bu­at The Fed diproyek­si tidak agre­sif lagi untuk menaikkan tingkat suku bunga.


6. Libur Lebaran Dap­at Men­dorong Kema­juan Ekonomi


Direk­tur Ekseku­tif Segara Research Insti­tute Piter Abdul­lah meli­hat bah­wa per­pan­jan­gan libur lebaran meru­pakan keing­i­nan dari pemer­in­tah untuk men­dorong belan­ja masyarakat.


Menu­rut­nya, momen­tum terse­but dap­at merangsang per­tum­buhan ekono­mi didukung ter­salurnya Tun­jan­gan Hari Raya (THR).


7. Ngacir! Har­ga Komod­i­tas Ener­gi Men­guat Sebu­lan Terakhir


Pada Ming­gu (9/4), har­ga minyak men­tah dunia bera­da di lev­el US$80,7 per barel. Angka terse­but naik sebe­sar 3,83% dalam sebu­lan ter­akhir. Har­ga batubara juga ter­catat bera­da di lev­el US$193,75 per ton, naik sebe­sar 7,64% dalam sebu­lan terakhir.


Sayangnya berband­ing ter­ba­lik, har­ga gas alam ter­catat bera­da di lev­el US$2,01 per mmb­tu, turun sebe­sar 29,19% dalam sebu­lan. Sen­ti­men yang memen­garuhi har­ga komod­i­tas tertekan di kuar­tal I 2023 yaitu aki­bat adanya kri­sis per­bankan dunia, ter­ma­suk pada kasus Sil­i­con Val­ley Bank (SVB).


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)


Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.



Penulis


Ilham Fitri­a­di Budiarto


(Invest­ment Research — SayaKaya)


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 5 April 2023

Wow! Ternyata Ini Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan 2023!

Hal­lo teman Yamin! Saat ini kita masuk pada bulan Ramad­han 2023. Bagi umat mus­lim, bulan ramad­han meru­pakan bulan yang penuh berkah dan suka cita. Namun, bulan ramad­han tidak hanya dap­at dinikmati oleh umat mus­lim saja, dari kalan­gan lain pun juga bisa menikmatinya, lho. Apala­gi pada saat berbu­ru “takjil” men­je­lang sore hari. Wih suasananya pasti seru! 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 3 April 2023

Laris Manis! Aliran Dana ke Obligasi Indonesia Hingga 9 Triliun! — Market Outlook 3 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami memi­li­ki beber­a­pa update beri­ta yang bisa menam­bah ref­er­en­si kita. Yuk simak mar­ket out­look kita sekarang!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 30 Maret 2023

3 Tipe Investor Reksa Dana, Kamu “Si Paling” yang Mana?

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang mau mulai berin­ves­tasi atau sudah berin­ves­tasi rek­sa dana? Kali ini kita akan mem­ba­has 3 tipe investor rek­sa dana. Kira-kira kamu tipe investor si pal­ing apa ya..

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.