Jalan Ninja Menuju Mimpi

27 Juli 2021 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

(This is Your Life... Own It!)


Kamu bukan­lah peker­jaan kamu


Kamu bukan­lah jum­lah uang kamu di bank


Kamu bukan­lah mobil yang kamu kendarai


Kamu bukan­lah apa yang ada di dompetmu.


Kata-kata di atas saya pin­jam dari film Fight Club. Semuanya masuk akal, semuanya saya setu­ju. Juga san­gat mem­bakar seman­gat, untuk men­ja­di lebih baha­gia dan lebih baik.


Lan­tas wak­tu saya baca buku When to Jump-nya Mike Lewis, ada kata-kata berikut yang juga san­gat menginspirasi:


Jan­gan ter­lalu takut untuk bahagia


Jump untuk sesu­atu yang bisa bikin kita seman­gat di pagi hari.


Nilai sebuah peker­jaan yang mem­bu­at kita baha­gia adalah… tidak terhingga.


Ini semua adalah kisah-kisah mere­ka yang menge­jar dan mewu­jud­kan ren­jananya (atau pas­sion-nya), demi menge­jar kepuasan dalam hidup dan ten­tun­ya kebahagiaan.


Tidak ada yang salah. Hanya saja seba­gai investor di mar­ket, kita selalu dib­i­asakan berpikir dalam kerang­ka risk-reward


Risikonya di mana? Bukan soal tag­i­han yang masih harus diba­yar saat sibuk mewu­jud­kan pas­sion kita. Mungkin berjuang den­gan tag­i­han yang harus tetap diba­yar adalah har­ga yang layak diba­yar untuk mere­al­isas­ikan impian kita. Kare­na kita sedang menulis lem­baran demi lem­baran kisah hidup. Ten­tun­ya kita tidak mau suatu hari nan­ti menye­sal saat menoleh ke belakang kare­na tidak per­nah men­co­ba mewu­jud­kan pas­sion dan impian kita. 


Jadi risikonya di mana? 


Ada dua risiko menge­jar pas­sion, dalam pan­dan­gan saya. Yang per­ta­ma adalah pas­sion ini ser­ing suka meleleh sete­lah jang­ka wak­tu ter­ten­tu. Teruta­ma kalau kita gagal men­da­p­atkan feed­back posi­tif atas hasil karya yang men­ja­di pas­sion kita. 


Yang ked­ua, pas­sion mar­ket adalah mar­ket yang pal­ing kom­peti­tif di dunia. Kare­na semua peser­tanya berse­dia untuk berko­r­ban lahir batin supaya tidak lagi takut untuk berba­ha­gia. Per­lu disi­plin, pen­gor­banan, dan kesi­a­pan men­tal yang luar biasa.


Ked­ua risiko ini mem­bu­at kita berpikir, ada nggak ya jalan ten­gah? Mewu­jud­kan pas­sion, tapi men­gelo­la risikonya. Kisah per­jalanan hidup aktor Arnold Schwarzeneg­ger mungkin bisa men­ja­di inspi­rasi untuk men­jawab per­tanyaan ini. 


Dalam wawan­car­anya den­gan Tim Fer­riss, Arnold berceri­ta ten­tang kisah dan filosofi hidup­nya. Ada satu aspek yang super menarik dalam per­jalanan kari­er Arnold.


Dalam mem­ban­gun mimpinya untuk men­ja­di seo­rang aktor film, Arnold mengam­bil langkah berbe­da den­gan banyak anak muda lain den­gan aspi­rasi yang sama. Keny­ataan­nya adalah bah­wa kebanyakan orang den­gan cita-cita seru­pa harus hidup dalam banyak keter­batasan. Buat yang sudah non­ton La La Land pasti lang­sung paham. Wait­ress­ing adalah salah satu pil­i­han pop­uler sam­bil menung­gu keberun­tun­gan mam­pir berkunjung. 


Sayangnya, hidup den­gan cash flow ser­ba mepet tidak memu­ngkinkan aspir­ing movie star untuk bisa ter­lalu bersabar memil­ih-mil­ih per­an yang sesuai pil­i­han hati dan strate­gi kari­er. Aki­bat­nya, ide­al­isme dip­ing­girkan dan per­an apa saja dis­a­bet. Lupa pada pas­sion yang men­ja­di titik awal kari­er. Per­jalanan kari­er pun suka jadi beran­takan kare­na resume babak belur. 


Arnold memil­ih strate­gi berbe­da. Ia rajin meny­isihkan sedik­it uang yang dihasilkan­nya hasil dari kari­er di body­build­ing ser­ta jualan sem­i­nar dan kur­sus via surat menyu­rat. Dana yang berhasil ditabung ini ia pakai untuk uang muka beli aparte­men. Den­gan situ­asi makro tahun 1970-an di mana inflasi sedang meng­gi­la, beli aparte­men ini terny­a­ta men­ja­di pil­i­han tepat. 


Hanya dalam setahun, nilai uang muka aparte­men ini sudah naik 3 kali lipat. Arnold tidak berhen­ti di sini. Pros­es ini ia lakukan beru­lang kali sam­pai ia men­ja­di mil­i­uner dan bisa menung­gu sam­pai per­an yang tepat akhirnya tiba. Arnold bahkan tidak per­lu dan tidak per­nah ikut audisi. 


Prin­sip Arnold Schwarzeneg­ger dalam bernego per­an adalah “In my nego­ti­a­tion, he who cares the least wins”. Pura-pura nggak butuh, untuk menaikkan daya jual, kurang lebih begitu. 


Cash flow dari inves­tasi prop­er­ti mem­bu­at Arnold mam­pu menung­gu sam­pai hokinya tiba. Tak lama, kari­er Arnold mele­jit lewat Conan the Bar­bar­ian. Ia berin­ves­tasi, supaya ia bisa take care apa yang men­ja­di pas­sion-nya.


Dalam pan­dan­gan saya, Arnold Schwarzeneg­ger bisa men­gap­likasikan delayed grat­i­fi­ca­tion. Menun­da kese­nan­gan demi mewu­jud­kan mimpi. Sedik­it uang yang dihasilkan tidak ia pakai foya-foya, tapi diin­ves­tasikan. Bagaimana ia berin­ves­tasi juga menarik. 


Arnold memil­ih berkon­sen­trasi pada ide-ide besar, yaitu meli­hat tren inflasi yang sedang men­ja­di war­na uta­ma di era 1970-an dan men­cari inves­tasi yang selaras den­gan arus besar ini. Mungkin kita juga harus bertanya, apa ide dan tren besar di era ini?


Arnold juga memil­ih untuk memi­li­ki hidup yang meng­gairahkan, yang dilakukan­nya den­gan memil­ih untuk terus mengam­bil risiko secara intelek­tu­al. Di era pan­de­mi ini, banyak dari kita jadi ter­sadar bah­wa kita sebe­narnya ingin memi­li­ki hidup yang meng­gairahkan. Buk­tinya? Kita sudah bosan banget ting­gal di rumah. KIta rindu aktiv­i­tas sehari-hari. Kita juga ter­sadar bah­wa bermalas-malasan di rumah terny­a­ta mem­bu­tuhkan “skill” yang luar biasa, kare­na sung­guh san­gat tidak mudah buat dilakukan. 


Pil­i­han film-film dan per­jalanan kari­er Arnold menggam­barkan pil­i­han hidup­nya. Film Twins mis­al­nya, adalah suatu ben­tuk ter­o­bosan secara tem­atik dan struk­tur pen­danaan­nya. Soal kari­er juga san­gat berwar­na, dari body­builder, aktor, masuk poli­tik dan akhirnya men­ja­di Guber­nur Cal­i­for­nia, penulis, dan pen­gusa­ha. Tidak akan ada yang berani bilang bah­wa Arnold tidak berani untuk berbahagia. 


Mungkin per­jalanan hidup Arnold Schwarzeneg­ger bisa men­ja­di inspi­rasi dalam mem­per­juangkan sebuah pas­sion, sam­bil tetap mam­pu men­gelo­la risiko kita. Bagaimana ia mem­ban­gun hidup­nya dan menge­jar mimpi, bisa dicer­minkan dari quote berikut:


This is your life and it’s end­ing one moment at a time” 


Fight Club


Tapi dalam menge­jar mimpi ini, saya bela­jar bah­wa Arnold mengim­banginya den­gan prin­sip seder­hana “Stop whin­ing.” 


Delay grat­i­fi­ca­tion, ker­ja keras, menun­da kese­nan­gan dulu seje­nak. Dan mulai berin­ves­tasi. Capek, pasti. Butuh kesabaran, jelas. Tidak ada yang bilang rutenya mudah. Tapi saat garis fin­ish sudah di depan mata, kita akan jadi manu­sia yang pal­ing baha­gia. Terny­a­ta ada jalan nin­ja menu­ju mimpi.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 19 Juli 2021

Karunia Ketidaksempurnaan

Di satu WAG (What­sapp Group) geng teman-teman eks bankir, ada yang nyele­tuk bilang bah­wa di era Covid ini, kita bukan cuma susah dan senang bersama, tapi juga bin­gung bersama

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 5 Juli 2021

It’s the Climb, Champ!

Rabu ming­gu lalu, saya sem­patkan non­ton acara IG Live. Kali ini top­iknya bukan ten­tang inves­tasi melainkan perbin­can­gan seru sep­utar gowes oleh tiga orang istime­wa: Ori­ana Titi­s­ari dari Sucor Asset Man­age­ment, Adri­anus Bias — bos riset Sucor Seku­ri­tas, dan bin­tang tamun­ya John Boemihardjo. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 5 Juli 2021

Apa Benar Biaya Hidup itu Murah?

Lagi-lagi saya tergeli­tik kare­na post salah satu influ­encer dan “eduka­tor” saham. Katanya, biaya hidup itu sebe­narnya murah. Benarkah?

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.