6 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Reksa Dana Pilihan

23 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Salah satu instrumen investasi yang bisa jadi pertimbangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan kamu yaitu reksa dana. Reksa dana merupakan instrumen investasi yang dapat memberikan potensi keuntungan dalam jangka panjang.


Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan agar dapat membuat keputusan yang tepat dan sesuai dengan profil risiko serta tujuan keuangan kamu.


1. Definisikan Tujuan Investasi kamu dengan Jelas


Definisikanlah dengan jelas tujuan investasi kamu. Apakah itu untuk pendidikan anak, dana pensiun, atau pertumbuhan kekayaan dalam jangka panjang? Tujuan investasi yang spesifik akan membantu kamu menentukan jenis reksa dana yang paling sesuai.


2. Kenali Profil Risiko kamu


Tingkat risiko yang dapat kamu terima bisa memengaruhi pilihan reksa danamu. Jika kamu memiliki toleransi risiko rendah (konservatif), mungkin lebih baik memilih reksa dana dengan portofolio yang lebih stabil dan kurang volatil.


Sebaliknya, jika kamu bersedia mengambil risiko lebih tinggi (agresif), reksa dana dengan fokus pada pertumbuhan kapital mungkin lebih sesuai. Bila kamu bersedia mengambil risiko menengah (moderate), reksa dana dengan fokus pertumbuhan kapital dan cukup stabil bisa menjadi pilihan.


3. Analisis Kinerja Historis


Lihat pertumbuhan dari kinerja historis reksa dana yang kamu pilih. Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan, hal ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana dana tersebut telah mengatasi berbagai kondisi pasar. Perhatikan tren jangka panjang dan bukan hanya hasil satu atau dua tahun terakhir.


4. Diversifikasi Portofolio


Pilih reksa dana yang memiliki portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan baik. Diversifikasi membantu mengurangi risiko karena investasi tersebar di berbagai instrumen keuangan. Pastikan reksa dana tidak terlalu terkonsentrasi pada satu sektor atau instrumen tertentu.


5. Kenali Manajer Investasi


Manajer investasi merupakan pihak yang akan mengelola dana investor kemudian dana tersebut diinvestasikan lagi ke dalam berbagai macam instrumen keuangan seperti pasar uang, obligasi, dan saham. Latar belakang dan pengalaman manajer investasi dapat memberikan wawasan yang berharga.


Periksa rekam jejak mereka dan ketahui apakah strategi investasi yang mereka terapkan sesuai dengan tujuan kamu. Manajer investasi yang berpengalaman dapat menjadi aset berharga dalam mengelola dana kamu.


6. Likuiditas Investasi


Perhatikan tingkat likuiditas reksa dana. Seberapa mudah kamu dapat membeli atau menjual reksa dana tersebut? Ini penting terutama jika kamu membutuhkan akses cepat ke dana kamu.


Di SayaKaya, untuk mencairkan dana investasi di reksa dana pasar uang yaitu T+1 dengan maksimal T+3, sedangkan untuk jenis reksa dana lain maksimal pencairan dananya yaitu T+7 (jam kerja). Pencairan dana investasi tersebut bisa lebih cepat dari waktu yang telah diinformasikan.


Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan sesuai dengan kebutuhan finansial kamu. Selalu lakukan riset mendalam sebelum berinvestasi reksa dana ya.


Yuk download aplikasi SayaKaya untuk berinvestasi reksa dana sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 22 November 2023

Rahasia Mendidik Anak di Era Modern: 8 Tips Parenting yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Halo teman Yamin! Di tengah dinamika kehidupan modern, tantangan mendidik anak rasanya semakin kompleks. Banyak orang tua berlomba-lomba menerapkan berbagai metode, terkadang sampai merasa bingung dan terlalu fokus pada metode-metode umum yang sering didengar.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 21 November 2023

Selamat Datang Bahana TCW Investment Management!

Halo teman Yamin, ada kabar gembira! Saat ini di aplikasi SayaKaya terdapat beberapa produk reksa dana yang baru masuk dari Manajer Investasi Bahana TCW Investment Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 November 2023

Data Tingkat Inflasi Terbaru - Market Outlook 21 November 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.