Rahasia Mendidik Anak di Era Modern: 8 Tips Parenting yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

22 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Di tengah dinamika kehidupan modern, tantangan mendidik anak rasanya semakin kompleks. Banyak orang tua berlomba-lomba menerapkan berbagai metode, terkadang sampai merasa bingung dan terlalu fokus pada metode-metode umum yang sering didengar.


Namun, seringkali melupakan beberapa pendekatan sederhana yang ternyata sangat efektif. Yuk, simak 8 tips parenting berikut yang mungkin belum pernah kamu dengar!


8 Tips Parenting di Era Modern


1. Teknik "Dua Pilihan"


Daripada memberi perintah langsung kepada anak, coba tawarkan dua pilihan yang sama-sama kamu setujui. Misalnya, "Mau pakai baju merah atau biru hari ini?" Teknik tersebut memberi anak rasa kontrol dan mengurangi kemungkinan terjadinya konflik.


2. Pujian Spesifik


Alih-alih memberi pujian umum seperti "Kamu pintar!", coba beri pujian yang lebih spesifik, misalnya "Kamu hebat bisa menyelesaikan puzzle itu!" Hal ini membuat anak merasa lebih dihargai dan memahami apa yang mereka lakukan dengan baik.


3. Kualitas Waktu Bersama


Meski kesibukan tak terhindarkan, luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk fokus sepenuhnya pada anak. Dalam waktu yang singkat ini, lakukan aktivitas yang benar-benar mereka suka. Kualitas interaksi seringkali lebih berharga daripada kuantitas.


4. Empati Melalui Cerita


Saat membacakan buku, diskusikan perasaan karakter yang ada di dalam cerita. Tanyakan pada anak, "Bagaimana menurutmu perasaan si kelinci saat itu?" Ini dapat membantu mengembangkan empati anak.


5. Memanfaatkan Timer


Daripada menghitung mundur saat meminta anak untuk menyelesaikan sesuatu, kamu bisa menggunakan timer. Hal ini dapat memberi mereka kesempatan untuk mengatur waktu sendiri dan mengurangi tekanan.


6. Pendekatan "Tidak Sekarang"


Ketika anak meminta sesuatu dan kamu merasa sekarang bukan waktu yang tepat, alih-alih mengatakan "tidak", coba katakan "tidak sekarang". Kata tersebut tidak boleh diucapkan dengan emosi, namun harus tegas, sehingga anak tahu bahwa kamu benar-benar serius melarang perbuatannya.


Pertegas juga keseriusan dengan bahasa tubuh ketika melarang anak. Cara Ini memberi mereka pemahaman bahwa ada waktunya untuk segala hal.


7. Zona Tanggung Jawab


Tentukan area atau "zona" tertentu di rumah yang menjadi tanggung jawab anak. Misalnya, meja belajar atau rak mainan. Biarkan mereka bertanggung jawab penuh atas "zona" tersebut.


8. Mengajarkan Menabung


Ajarkan anak untuk menabung sejak dini. Berikan celengan dan ajak mereka menyisihkan sebagian uang jajan. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengenalkan konsep investasi sederhana kepada mereka.


Dalam perjalanan mendidik anak, setiap tindakan dan keputusan yang kamu ambil memiliki dampak mendalam terhadap pembentukan karakter mereka. Sebagai orang tua, kamu harus selalu sadar bahwa kamu adalah cermin anak.


Dengan memberikan contoh yang baik dan positif, kamu membantu mereka membangun dasar yang kuat untuk masa depan mereka. Salah satu contoh terbaik yang bisa kita berikan adalah pentingnya merencanakan masa depan keuangan dengan cara berinvestasi.


Dengan memulai investasi reksa dana melalui aplikasi SayaKaya, kita menunjukkan kepada mereka bagaimana cara cerdas mengelola keuangan untuk masa depan yang lebih baik.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 21 November 2023

Selamat Datang Bahana TCW Investment Management!

Halo teman Yamin, ada kabar gembira! Saat ini di aplikasi SayaKaya terdapat beberapa produk reksa dana yang baru masuk dari Manajer Investasi Bahana TCW Investment Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 November 2023

Data Tingkat Inflasi Terbaru - Market Outlook 21 November 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 21 November 2023

Yuk Kenalan sama Fashion Sustainability: Cara Stylish Sambil Jaga Bumi!

Halo teman Yamin! Di era modern, isu lingkungan menjadi perhatian utama, termasuk dalam industri fashion. Apakah kamu pernah mendengar istilah "fashion sustainability"? Kalau belum, yuk disimak bersama.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.