Penting! Ini Tips Biar Uang THR Kamu gak Langsung “Kabur” dari Rekening

5 April 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Tunjangan Hari Raya (THR) seringkali menjadi kabar baik bagi banyak orang, kamu juga pasti senang kan? Namun, sering kali uang THR yang diterima cepat menghilang tanpa bekas. Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya uang THRmu tidak langsung menguap begitu saja.


1. List Skala Prioritas Kebutuhanmu


Sebelum mulai menggunakan uang THR, penting untuk membuat list skala prioritas kebutuhan. Identifikasi kebutuhan yang paling mendesak dan penting untuk dipenuhi, seperti biaya makan, tagihan bulanan, atau keperluan mendesak lainnya. Setelah itu, susunlah kebutuhan tersebut berdasarkan skala prioritas, dari yang paling penting hingga yang bisa ditunda.


Misalnya, prioritas pertama bisa diarahkan untuk membayar tagihan-tagihan penting seperti listrik, air, atau cicilan hutang yang bisa berakibat pada keterlambatan pembayaran. Selanjutnya, alokasikan sebagian untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan transportasi. Setelah kebutuhan mendesak tercukupi, baru pertimbangkan untuk alokasikan uang untuk kebutuhan yang lebih tidak mendesak.


2. Disiplin Mengelola Pengeluaran


Disiplin adalah kunci untuk mengelola pengeluaran dengan baik, termasuk uang THR. Setelah membuat list kebutuhan dan alokasi anggaran, penting untuk kamu berdisiplin dalam mematuhi rencana tersebut. Hindari godaan untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu atau impulsif.


Gunakan metode pembayaran yang dapat membantumu mengendalikan pengeluaran, seperti membawa uang tunai sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan atau menggunakan kartu debit daripada kartu kredit yang bisa memicu pengeluaran lebih besar dari yang direncanakan.


Buat catatan pengeluaran harian atau mingguan untuk memantau seberapa baik kamu mematuhi rencana anggaran. Ini akan membantumu mengetahui di mana uang THRmu sebenarnya digunakan dan memperbaiki kebiasaan pengeluaran jika diperlukan.


3. Investasikan untuk Masa Depan


Sebagian dari uang THR juga bisa dialokasikan untuk investasi masa depan. Ini bisa berupa investasi jangka pendek atau jangka panjang seperti di dalam reksa dana.


Investasi membantu uang THRmu berkembang seiring waktu daripada hanya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari yang mungkin tidak memberikan manfaat jangka panjang. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi dan pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risikomu.


Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan uang THRmu dapat lebih bermanfaat dan bertahan lebih lama. Selamat merencanakan dan mengelola keuangan dengan bijak. Yuk investasi untuk masa depanmu sekarang di aplikasi SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 4 April 2024

PROMO SPECIAL 4.4 dari SayaKaya Nih!

Kapan lagi bisa manfaatin Promo menarik dari SayaKaya di Bulan Ramadan. Bisa investasi sekarang! Yuk baca syarat dan ketentuan yang berlaku:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 3 April 2024

Kulik Reksa Dana: Trimegah Dana Tetap Syariah

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Trimegah Asset Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 2 April 2024

THR Cair, Konsumsi Masyarakat Berpotensi Melonjak - Market Outlook 2 April 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih bijak lagi. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.