Panduan Cermat: Memahami Konsep Reksa Dana Pendapatan Tetap

22 September 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Di SayaKaya, kami memiliki beragam jenis kategori reksa dana lho. Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Kali ini, kami ingin mengulas salah satu kategori reksa dana tersebut, yaitu reksa dana pendapatan tetap.


Apakah kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan reksa dana pendapatan tetap, keuntungan berinvestasi reksa dana pendapatan, dan bagaimana tingkat risikonya. Daripada kamu penasaran, yuk mari kita ulas bersama!


Reksa Dana Pendapatan Tetap


Reksa dana pendapatan tetap merupakan instrumen investasi yang mengalokasikan (minimal 80%) dana investasi ke dalam instrumen pasar uang dan surat utang, seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi, serta instrumen pasar uang lainnya.


Tujuan utama dari reksa dana pendapatan tetap adalah untuk mendapatkan imbal hasil tetap dan optimal dari instrumen-instrumen investasi tersebut.


Karakteristik Reksa Dana Pendapatan Tetap


Seperti jenis reksa dana lainnya yang ada di aplikasi SayaKaya, reksa dana pendapatan tetap memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut merupakan beberapa karakteristiknya:


1. Stabilitas


Karena sebagian besar dana dialokasikan pada instrumen dengan risiko yang relatif rendah, pergerakan reksa dana pendapatan tetap cenderung lebih stabil dibandingkan dengan reksa dana campuran atau reksa dana saham.


2. Imbal Hasil


Meskipun memberikan tingkat stabilitas, reksa dana pendapatan tetap juga menawarkan imbal hasil yang menarik, biasanya imbal hasil tersebut lebih tinggi daripada deposito atau reksa dana pasar uang. Bila kamu membaca dan scrool artikel ini sampai habis, kami akan menyajikan beberapa reksa dana pendapatan tetap yang ada di SayaKaya.


3. Risiko


Risiko yang dihadapi pada reksa dana pendapatan tetap yaitu risiko bunga dan risiko kredit. Risiko bunga terkait dengan fluktuasi dari tingkat suku bunga di pasar, sedangkan risiko kredit berkaitan dengan kemampuan penerbit surat utang untuk memenuhi kewajibannya.


Secara general, perubahan tingkat suku bunga dan yield obligasi juga dapat memengaruhi pergerakan dari kinerja reksa dana. Misalnya yield obligasi meningkat, maka nilai atau potensi imbal hasil pada reksa dana pendapatan tetap yang dimiliki cenderung menurun, dan sebaliknya (berkorelasi terbalik).


Reksa dana pendapatan tetap cocok untuk investor dengan profil risiko moderat yang ingin mendapatkan imbal hasil lebih baik dibandingkan reksa dana pasar uang, tetapi tidak ingin terlalu terpapar pada fluktuasi pasar seperti yang terjadi pada reksa dana campuran atau reksa dana saham.


Keuntungan dan Risiko Reksa Dana Pendapatan Tetap


Setiap instrumen investasi mempunyai potensi imbal hasil dan juga risiko yang harus diperhatikan. Berikut merupakan manfaat atau keuntungan serta risiko dari reksa dana pendapatan tetap yang perlu kamu pahami.


Keuntungan


1. Likuiditas yang Baik


Reksa dana pendapatan tetap menawarkan likuiditas yang baik kepada investor. Likuiditas merujuk pada kemampuan untuk menjual unit penyertaan (saat membutuhkan uang) dengan waktu yang relatif cepat serta mudah.


Di aplikasi SayaKaya, kamu dapat merealisasikan dana investasimu (pada saat dibutuhkan) dengan jangka waktu maksimal T+7.


Dimana ketika kamu mengambil dana investasi untuk digunakan, jangka waktu maksimal dana investasimu yang ada di Rekening Dana Nasabah (RDN) akan masuk ke dalam rekening pribadi paling lama yaitu 7 hari kerja. Bisa jadi dana investasimu akan didapatkan lebih cepat dari 7 hari kerja.


2. Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional


Reksa dana pendapatan tetap dikelola oleh manajer investasi profesional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola portofolio obligasi dan instrumen pasar uang.


Keuntungan dari manajer investasi profesional termasuk:


A. Pemilihan Investasi yang Bijak


Manajer investasi melakukan analisis mendalam terhadap instrumen obligasi atau pasar uang yang akan dibeli, MI akan memilih yang instrumen yang memiliki potensi imbal hasil baik dengan risiko yang terkendali.


B. Diversifikasi yang Tepat


Manajer investasi akan memastikan portofolio reksa dana dapat terdiversifikasi dengan baik, mengurangi risiko konsentrasi pada satu jenis obligasi atau penerbit.


C. Reaksi terhadap Perubahan Pasar


Manajer investasi dapat merespons perubahan kondisi pasar, seperti perubahan suku bunga atau kondisi ekonomi, dengan mengubah komposisi portofolio secara aktif untuk melindungi kepentingan investor.


3. Diversifikasi Investasi


Reksa dana pendapatan tetap mencakup berbagai jenis instrumen pasar uang dan surat utang dalam portofolionya. Ini termasuk obligasi pemerintah, obligasi korporasi, sertifikat deposito, dan instrumen pasar uang lainnya.


Diversifikasi investasi merupakan keuntungan penting karena mengurangi risiko kerugian dengan cara menempatkan dana investasi pada berbagai instrumen.


Jika salah satu instrumen mengalami penurunan nilai, potensi dampak negatif pada portofolio secara keseluruhan dapat diredam. Selain itu, diversifikasi dapat membuat imbal hasil yang seimbang.


Dengan berinvestasi di berbagai jenis instrumen, reksa dana pendapatan tetap dapat menciptakan imbal hasil yang seimbang antara pendapatan tetap dan potensi pertumbuhan modal. Ini cocok untuk investor yang mencari pendapatan tetap serta perlindungan terhadap volatilitas pasar.


Kerugian atau risiko yang cukup berdampak pada pergerakan reksa dana pendapatan tetap berasal dari risiko pasar seperti perubahan tingkat suku bunga dan risiko kredit.


Namun kamu tidak perlu khawatir, walaupun reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko, tetapi Manajer Investasi yang profesional siap mengelola dan mengalokasikan dana tersebut dengan respons yang baik.


Kira-kira apa saja reksa dana pendapatan tetap yang ada di aplikasi SayaKaya? Yuk, yamin perlihatkan beberapa reksa dana pendapatan tetap dengan kinerja terbaik dalam 3 tahun terakhir:


Kulik Reksa Dana.png


Reksa dana pendapatan tetap menawarkan kombinasi antara stabilitas dan potensi imbal hasil yang menarik. Seperti data di atas, bila dilihat dari pertumbuhan kinerja dalam 3 tahun terakhir, ketiga reksa dana tersebut memiliki peninggkatan di atas 20%. Reksa dana tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang di aplikasi SayaKaya.


Meskipun demikian, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, penting bagi kamu untuk merencanakan tujuan finansial terlebih dahulu, memahami risiko profil investasimu, dan memahami karakteristik serta risiko yang terkait dengan reksa dana pilihan.


Perlu diingat, bila kamu ingin mengetahui kinerja lebih lanjut mengenai reksa dana yang dipilih. Kamu bisa melihat informasi lainnya di aplikasi SayaKaya pada bagian “informasi” yang sesuai dengan produk reksa pilihanmu masing-masing.


Mau berinvestasi reksa dana, di SayaKaya tempatnya! Download aplikasi SayaKaya di appstore dan playstore sekarang.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 21 September 2023

Kulik Reksa Dana: Syailendra Pendapatan Tetap Premium

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Syailendra Capital dan reksa dana ini merupakan produk yang baru masuk di aplikasi SayaKaya lho.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 18 September 2023

5 Tantangan Ekonomi ke Depan - Market Outlook 18 September 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 15 September 2023

Mau Analisis Reksa Dana, Pahami Konsep Ini Dulu Yuk!

Hallo teman Yamin! Pernah gak sih kamu merasa, ketika ingin menganalisis kinerja sebuah reksa dana, kamu masih bingung caranya bagaimana? Kali ini, kita akan membahas salah satu metode untuk mengukur kinerja reksa dana agar dapat memudahkan kamu untuk mempertimbangkan dalam berinvestasi. Disimak ya!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.