Investasi Sambil Rebahan di Tahun Macan Air

31 Januari 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Seman­gat men­jalani tahun yang baru ini! Secara prib­a­di, saya san­gat berse­man­gat kare­na pada bulan ini tim SayaKaya telah berhasil melun­curkan aplikasi inves­tasi rek­sa dana kami. Pen­ca­pa­ian ini bukan meru­pakan suatu akhir, namun hanya salah satu dari mile­stone dari per­jalanan yang kami mulai sejak akhir tahun 2020. Ter­i­ma kasih untuk dukun­gan teman-teman semua!


Tidak terasa seben­tar lagi kita akan mema­su­ki masa tahun baru Imlek. Seper­ti biasa, ser­ing kali kita men­da­p­atkan predik­si perun­tun­gan di tahun yang men­datang menu­rut zodi­ak Cina. Walaupun terkadang skep­tis, namun saya juga ser­ing mem­ba­ca berba­gai predik­si perun­tun­gan prib­a­di yang ser­ing diu­las oleh ahli-ahli terke­mu­ka.


Tahun ini, saya men­co­ba untuk tidak menebak perun­tun­gan berdasarkan zodi­ak Cina saja, namun dari hasil inves­tasi yang saya lakukan lewat berba­gai rek­sa dana yang ada di SayaKaya. Seba­gai manu­sia, ten­tun­ya kita juga harus berper­an aktif untuk menam­bah dan men­gelo­la kekayaan kita. Jan­gan seper­ti macan ini ya, yang ingin ganas tapi lebih ter­tarik rebahan.



Semua rek­sa dana yang ada di SayaKaya meru­pakan rek­sa dana pil­i­han, namun ten­tu saja seba­gai investor, kita harus menye­suaikan pil­i­han inves­tasi kita den­gan pro­fil risiko dan tujuan keuan­gan kita. Saya mengkat­e­gorikan diri saya seba­gai investor yang cukup agre­sif, kare­na saya memi­li­ki time­frame inves­tasi yang cukup pan­jang dan cukup bisa menang­gung risiko yang relatif lebih besar.


Namun kali ini, saya ingin men­gu­las tiga pro­duk rek­sa dana yang memi­li­ki tingkat risiko yang relatif jauh lebih ren­dah. Cocok untuk para investor yang memi­li­ki time­frame inves­tasi jang­ka pen­dek atau ada tar­get wak­tu ter­ten­tu dalam peng­gu­naan dananya.


Seper­ti macan di atas, ada kalanya saya tidak ingin pus­ing memil­ih saham dan ingin reba­han saja menung­gu cuan. Apa ada jenis inves­tasi yang seper­ti itu? Ten­tu ada dong.


Yuk, mari kita ulas mas­ing-mas­ing pro­duknya.


1. Sucor­in­vest Sta­ble Fund


Rek­sa dana favorit saya untuk meny­im­pan dana ngang­gur yang tidak digu­nakan dan untuk dana daru­rat! Sebe­narnya investor bisa memil­ih Sucor­in­vest Sta­ble Fund atau Sucor­in­vest Mon­ey Mar­ket Fund untuk kebu­tuhan peny­im­panan dana yang sifat­nya likuid, namun kare­na menu­rut saya dana daru­rat prib­a­di tidak per­lu ter­lalu besar, saya memil­ih Sucor­in­vest Sta­ble Fund kare­na memi­li­ki imbal hasil yang lebih besar dari­pa­da Sucor­in­vest Mon­ey Mar­ket Fund. Kelebi­han­nya diband­ingkan depos­i­to adalah, selain imbal hasil yang lebih besar, pajaknya sudah final! Rek­sa dana ini cocok untuk para investor yang mem­bu­tuhkan likuid­i­tas yang baik (sete­lah Sucor­in­vest Mon­ey Mar­ket Fund) dan time­frame inves­tasi sam­pai den­gan 1 tahun. Untuk proyek­si return pada tahun 2022 ini, kita bisa men­da­p­atkan sam­pai den­gan 6.5%* per tahun.


2. Trimegah Fixed Income Plan


Rek­sa dana yang memi­li­ki fitur pem­ba­gian cash div­i­dend dan pro­tek­si asur­an­si jiwa. Saya senang den­gan pro­duk ini kare­na cocok untuk investor pem­u­la. Investor rek­sa dana ini akan men­da­p­atkan per­lin­dun­gan asur­an­si jiwa sesuai den­gan nilai inves­tasinya, den­gan catatan bah­wa sal­do inves­tasinya men­ca­pai Rp 10.000.000 pada seti­ap akhir bulan. Selain itu, seti­ap kuar­tal kita akan mener­i­ma imbal hasil beru­pa div­i­den sebe­sar 1% selain dari kenaikan NAV yang kita ter­i­ma. Pada tahun 2022, indikasi return yang kita bisa dap­atkan adalah 6%* per tahun. Not bad at all!


3. Sucor­in­vest Mon­ey Mar­ket Fund


Rek­sa dananya seju­ta umat! Bagaimana tidak, beber­a­pa wak­tu yang lalu sak­ing dim­i­natinya rek­sa dana ini, sam­pai-sam­pai unit pen­jualan­nya harus dita­m­bah! Rek­sa dana ini san­gat cocok untuk kebu­tuhan likuid­i­tas ting­gi kare­na memi­li­ki tar­get pen­cairan H+1, san­gat cocok untuk peng­gan­ti depos­i­to, tem­pat peny­im­panan dana daru­rat, bahkan untuk kebu­tuhan opera­sion­al perusa­haan. Den­gan tar­get imbal hasil tahu­nan di 2002 sam­pai den­gan 5.5%, ten­tu saja rek­sa dana ini masih jauh lebih baik dari depos­i­to.


Jadi sebe­narnya, bisa lho kita cuan hanya den­gan reba­han ala macan tadi. Keti­ga rek­sa dana diatas bisa kamu beli lewat aplikasi SayaKaya. Nan­ti kalau dap­at uang angpao, jan­gan lupa ya dibelikan rek­sa dana di SayaKaya! Apala­gi kita sedang men­gadakan pro­mo Angpao Imlek yang menarik banget ten­tun­ya.


Xin Nian Kuai Le!


*)Proyek­si ini tidak men­jan­jikan keun­tun­gan pasti di masa mendatang


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 13 Januari 2022

Layangan Boleh Putus, Tapi...

Belakan­gan ini media sosial heboh sekali den­gan screen­shot, meme, dan review dari web series yang sedang hot, Layan­gan Putus. Disadur dari nov­el terke­nal gara­pan Mom­my ASF, ser­i­al ini suk­ses mem­bu­at banyak istri inse­cure, banyak sua­mi kena getah­nya, dan para muda mudi yang belum menikah mem­per­tim­bangkan ulang pil­i­han jodoh mere­ka nantinya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 13 Januari 2022

New Year, New Habit

Tahun baru, res­o­lusi baru! Seti­ap awal tahun baru, agen­da dan notes kita penuh den­gan res­o­lusi baru yang dit­ulis beru­lang kali namun biasa kita (saya) lupakan di perten­ga­han tahun. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 21 Oktober 2021

Moves Like Jagger

Dalam satu week­end di Ameri­ka Serikat, saya sem­patkan non­ton dua konser. Jumat malam dan ming­gu malam. Norak abis memang.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.