Kulik Reksa Dana: KISI Money Market Fund

2 Agustus 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi KISI Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari KISI Asset Management terlebih dahulu. Mari disimak bersama ya!


KISI Asset Management


Didirikan pada tahun 2019, PT KISI Asset Management adalah perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Per tanggal 23 Juli 2019, PT KISI Asset Management telah memiliki izin dari OJK dengan nomor surat KEP-50/D.04/2019.


PT KISI Asset Management diawasi oleh tim manajemen dan investasi profesional dengan pengalaman rata-rata di atas 15 tahun di pasar modal Indonesia.


Top 3 Reksa Dana Pasar Uang


Reksa dana yang ingin kita kulik kali ini masuk dalam top 3 reksa dana pasar uang dengan performa mingguan terbaik pada periode 24-28 juli 2023 di aplikasi SayaKaya.


1.png


Reksa dana KISI yang kita ulik masuk dalam kategori reksa dana aktif. Reksa dana aktif merupakan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara aktif dan melakukan pembelian serta penjualan aset dalam portofolio reksa dana. Tujuannya adalah untuk menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada indeks acuan atau benchmark.


Teman Yamin juga dapat memanfaatkan reksa dana pasar uang menjadi alternatif dana darurat untuk mengantisipasi bila ada kebutuhan mendadak di kemudian hari yang membutuhkan biaya tambahan.


KISI Money Market Fund


Salah satu produk KISI Asset Management yang ingin kita bahas yaitu KISI Money Market Fund. Kita akan mengulik dari segi alokasi aset hingga performa reksa dana tersebut.


Alokasi Aset


2.png


Pada produk KISI Money Market Fund, alokasi aset terbagi menjadi Money Market sebesar 55.69% dan Bonds 44.31%. Adapun Top Holdings yang terdapat pada aset alokasi reksa dana KISI Money Market Fund yaitu:


  1. MDKA04CN2 (3.4%)
  2. PIDL02A23 (4.5%)
  3. Bank Sulut (7.4%)
  4. Bank Sulselbar (6.2%)
  5. Bank Riau (4%)
  6. Bank BJB Syariah (9.1%)
  7. ORI017 (3.4%)
  8. PRTL03ACN2 (4%)
  9. Bank Woori Saudara (5.7%)
  10. Bank KB Bukopin Syariah (7.4%)

Adanya komposisi yang besar dalam kategori money market pada produk reksa dana tersebut membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan tingkat suku bunga yang dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


Perbandingan pertumbuhan reksa dana


KISI Money Market Fund.jpeg Sumber: pasardana.id


Bila kita melihat data di atas, pergerakan kinerja reksa dana KISI Money Market Fund memiliki pertumbuhan yang stabil dan terus meningkat. Selain itu pergerakan kinerja reksa dana KISI Money Market Fund berada di atas dari kinerja benchmarknya dalam satu (1) tahun terakhir.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”


Berdasarkan data tersebut, kita bisa mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana pasar uang menjadi salah satu alternatif investasi dalam mencapai tujuan finansial.


Namun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan rencana dan profil risiko investasi mu. Setelah kamu merencanakan dan mengetahui profil risiko, saatnya mulai berinvestasi.


Bila masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait reksa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 31 Juli 2023

The Fed Menaikkan Tingkat Suku Bunga - Market Outlook 31 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 28 Juli 2023

5 Cara Mengoptimalkan Investasi Reksa Dana Mu!

Halo teman Yamin! Investasi reksa dana merupakan salah satu cara yang populer untuk mengalokasikan dana untuk mencapai tujuan finansial. Secara pengertian, reksa dana merupakan wadah investasi yang kumpulan dana berasal dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi profesional. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 24 Juli 2023

Indonesia Bisa “Naik Kelas”, Kalau.. - Market Outlook 24 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.