Kulik Reksa Dana: TRIM Kapital Plus

5 Oktober 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin, pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Trimegah Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Trimegah Asset Management, kemudian baru kita kulik dari segi kinerjanya. Disimak ya!


Trimegah Asset Management


PT Trimegah Asset Management berdiri pada Januari 2011 merupakan anak perusahaan dari PT Trimegah Sekuritas Indonesia, yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di Pasar Modal Indonesia. Trimegah memiliki izin usaha dari OJK sebagai Manajer Investasi dengan Nomor KEP-02/ BL/MI/2011.


Top 3 Reksa Dana Saham


Reksa dana yang akan kita kulik kali ini merupakan salah satu reksa dana saham yang masuk dalam top 3 kinerja terbaik secara year to date di aplikasi SayaKaya. Berikut beberapa produk reksa dananya:


Kulik Reksa Dana.png


TRIM Kapital Plus


Salah satu produk Trimegah Asset Management yang ingin kita kulik yaitu TRIM Kapital Plus. Kita akan mengulik dari segi alokasi aset hingga performa reksa dana tersebut.


Berdasarkan fund fact sheet yang dapat kamu lihat di aplikasi SayaKaya, reksa dana TRIM kapital plus masuk dalam klasifikasi risiko tinggi.


Alokasi Dana.png


Pada produk reksa dana TRIM Kapital Plus, alokasi aset dibagi menjadi Saham sebesar 90.92%, Obligasi sebesar 1.41% dan lainnya sebesar 7.67%. Adapun Top Equity Holdings yang terdapat pada aset alokasi saham reksa dana TRIM Kapital Plus yaitu:


  1. Astra International Tbk. - ASII (2.34%)


  2. Bank Victoria (deposito) - (7.04%)


  3. BFI Finance Indonesia Tbk. - BFIN (3.03%)


  4. XL Axiata Tbk. - EXCL (2.86%)


  5. Indosat Tbk. - ISAT (4.6%)


  6. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. - TLKM (4.61%)


  7. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. - BBNI (5.09%)


  8. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. - BBRI (8.62%)


  9. Bank Mandiri (Persero) Tbk. - BMRI (9.83%)


  10. Bank Central Asia Tbk. - BBCA (9.37%)


Adanya komposisi yang besar dalam alokasi dana investasi pada saham dalam produk reksa dana tersebut, membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta kinerja emiten terkait yang sedang terjadi dan berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


Selain itu, kita akan melihat perbandingan antara kinerja reksa dana TRIM Kapital Plus dan benchmarknya dalam 5 tahun terakhir.


Komparasi.png


Sumber: pasardana.id


Bila kita melihat data di atas, perbandingan kinerja reksa dana TRIM Kapital Plus (31.06%) memiliki pertumbuhan yang terus meningkat danmelebihi dari benchmarknya yaitu IHSG (18.28%) serta PIRS (-9.87%) dalam lima (5) tahun terakhir.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”


Berdasarkan data tersebut kita dapat mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana TRIM Kapital Plus menjadi salah satu alternatif dalam berinvestasi dalam jangka panjang dengan minimal pembelian sebesar Rp100 ribu di aplikasi SayaKaya.


Tetapi selain itu, yang harus dilakukan pertama kali sebelum berinvestasi adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan dan pahami risiko profil investasimu. Setelah sudah merencanakan dan mengetahui profil risikonya, saatnya kamu berinvestasi. Kalau masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait Reksa Dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 3 Oktober 2023

Inflasi Indonesia Melandai - Market Outlook 3 Oktober 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 29 September 2023

WOW! Jumlah Investor Indonesia per Agustus 2023 Meningkat!

Halo teman Yamin! Penasaran gak sih soal perkembangan jumlah investor di Indonesia itu sudah berapa banyak? Apa jangan-jangan kamu juga merupakan salah satu orang yang berperan ikut dalam peningkatan jumlah investor di Indonesia. Mari kita ulas bersama!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 27 September 2023

Antara Kepastian dan Ambiguitas

Sebagai pecinta novel misteri karya Agatha Christie, saya begitu bersemangat ketika akhirnya film terbaru yang diangkat dari novel beliau, yaitu A Haunting in Venice, terbit di layar lebar beberapa minggu belakangan. Tumbuh sedari kecil membaca buku-buku karya Agatha Christie, saya sangat bersemangat untuk akhirnya menonton kembali adaptasi filmnya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.