WOW! Jumlah Investor Indonesia per Agustus 2023 Meningkat!

29 September 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Penasaran gak sih soal perkembangan jumlah investor di Indonesia itu sudah berapa banyak? Apa jangan-jangan kamu juga merupakan salah satu orang yang berperan ikut dalam peningkatan jumlah investor di Indonesia. Mari kita ulas bersama!


Berdasarkan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor Indonesia mengalami pertumbuhan hingga per Agustus 2023.


3.png


Dari awal Januari 2023 hingga Agustus 2023 terjadi kenaikan jumlah investor sebesar 10.49% atau naik sekitar 1,1 juta orang. Kenaikan investor tersebut mencerminkan bahwa dunia pasar keuangan terus menjadi ketertarikan masyarakat di Indonesia dari waktu ke waktu.


Bila pertumbuhan investor di Indonesia terus berlanjut, maka akan sejalan dengan target dari pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menyatakan bahwa, pihaknya menargetkan peningkatan investor menjadi 14 juta pada 2023 dari sebelumnya 10,23 juta.


Adapun teman-teman, kami akan menyajikan data di bawah ini berdasarkan usia dari jumlah investor per Agustus 2023:


4.png


Ternyata, porsi jumlah investor yang paling besar diperoleh dari usia di bawah 30 sebesar 57.04%. Rentang pada usia tersebut juga diproyeksi menjadi salah satu generasi yang produktif pada Indonesia emas tahun 2045.


Selain itu, disusul oleh investor dengan rentang usia 31-40 sebesar 23.27%, kemudian rentang usia 41-50 sebesar 11.36%, rentang usia 51-60 sebesar 5.44% dan investor di atas usia 60 tahun sebesar 2.88%.


Oh iya, kalo kamu penasaran mengenai besaran porsi investor berdasarkan wilayan di Indonesia, berikut datanya:


5.png


Dengan begitu, kita dapat melihat bahwa yang namanya berinvestasi tidak dikhususkan oleh satu kalangan atau satu wilayah saja, namun dari semua rentang usia atau wilayah pun bisa menjadi investor walaupun pada besaran porsi yang berbeda-beda.


Kemudian terdapat informasi tambahan berdasarkan komposisi kepemilikan, investor lokal di Indonesia masih mendominasi sebesar 99,68%, dengan rincian jumlah sebesar 99,57% untuk investor saham, dan 99,91% untuk investor reksa dana.


Sedangkan dari jenis investor, investor individu menempati urutan pertama dengan jumlah 11.42 juta (pada Juli 2023).


Adanya pertumbuhan dan perkembangan investor di Indonesia yang stabil dari tahun ke tahun, menjadikan kesempatan efektif untuk kita dalam mendukung pertumbuhan tersebut dengan cara mulai berinvestasi dari sekarang.


Namun sebelum berinvestasi, ada baiknya merencanakan tujuan finansial terlebih dahulu, kemudian menyesuaikan dan memahami profil risiko investasinya.


Setelah semua itu telah direncanakan, baru saatnya berinvestasi. Kamu bisa berinvestasi di aplikasi SayaKaya dengan membeli reksa dana sesuai dengan kategorinya. Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.


Bila kamu penasaran ingin segera berinvestasi di aplikasi SayaKaya, yuk download sekarang aplikasinya di PlayStore atau Appstore hape mu!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 27 September 2023

Antara Kepastian dan Ambiguitas

Sebagai pecinta novel misteri karya Agatha Christie, saya begitu bersemangat ketika akhirnya film terbaru yang diangkat dari novel beliau, yaitu A Haunting in Venice, terbit di layar lebar beberapa minggu belakangan. Tumbuh sedari kecil membaca buku-buku karya Agatha Christie, saya sangat bersemangat untuk akhirnya menonton kembali adaptasi filmnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 25 September 2023

The Fed dan Suku Bunga Indonesia - Market Outlook 25 September 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 22 September 2023

Panduan Cermat: Memahami Konsep Reksa Dana Pendapatan Tetap

Halo teman Yamin! Di SayaKaya, kami memiliki beragam jenis kategori reksa dana lho. Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Kali ini, kami ingin mengulas salah satu kategori reksa dana tersebut, yaitu reksa dana pendapatan tetap.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2021 Landing page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.