Tips Liburan Tetap Hemat Gak Bikin Kantong "Bolong"

8 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Kamu pasti rindu untuk berlibur dan bersantai. Sayangnya, uang di dompet kamu tidak cukup untuk liburan mewah. Tenang saja, kamu tetap bisa berlibur tanpa menguras dompet.


Berikut beberapa tips hemat untuk berlibur tanpa bikin kantong "bolong".


1.Kiat-Kiat Perencanaan Liburan Hemat Biaya


Liburan bisa mahal, tapi dengan perencanaan yang matang, kamu bisa bersenang-senang tanpa membuat kantong kamu bolong. Berikut adalah beberapa tips hemat liburan:


2. Perencanaan matang


Perencanaan adalah kunci untuk liburan hemat. Buat anggaran, cari tiket promo, dan bandingkan harga hotel. Sebaiknya pergi di luar musim liburan karena saat musim libur harga transportasi dan biaya hotel akan naik.


3. Transportasi saat liburan


Cari maskapai atau kereta api yang menawarkan promo. Atau kamu bisa naik bis atau kereta untuk jarak dekat. Kemudian kamu bisa sewa sepeda atau skuter untuk berkeliling kota. Jalan kaki juga pilihan bagus - sambil menikmati pemandangan!


4. Makan hemat


Beli makanan di supermarket dan masak di hotel atau kamu juga bisa kunjungi pasar tradisional untuk membuat masakan sendiri dengan begitu pengeluaran untuk membeli makanan lebih hemat.


5. Cari aktivitas gratis atau murah


Kunjungi museum, taman, atau tempat bersejarah yang masuknya gratis atau murah. Berjalan-jalan dan menikmati suasana kota juga menyenangkan. Ikuti tur gratis yang ditawarkan kota tujuan. Berenang di pantai atau danau alami juga pilihan bagus.


Dengan merencanakan matang, memilih transportasi dan makan hemat, serta menikmati aktivitas gratis, kamu bisa berlibur tanpa khawatir uang di dompet menipis.


Cara Menemukan Tiket Pesawat Dan Hotel Murah


Untuk liburan hemat, tiket pesawat dan akomodasi merupakan dua biaya terbesar. Berikut cara mendapatkan tiket pesawat dan hotel dengan harga murah.


1. Cari tiket penerbangan murah


Periksa situs-situs yang menampilkan jasa penerbangan tiket termurah ke tujuan liburan kamu. Perjalanan di luar musim liburan atau menjelang akhir pekan bisa menghemat uang. Penerbangan dengan transit atau penerbangan awal pagi dan larut malam biasanya lebih murah.


2. Bandingkan harga hotel


Gunakan situs penyedia jasa sewa hotel untuk membandingkan harga hotel dalam mencari biaya termurah dan terefisien. Pilih hotel bintang 2 atau 3, atau alternatif seperti hostel, motel, atau villa untuk menghemat uang. Hotel di luar pusat kota atau jauh dari objek wisata utama juga biasanya lebih murah.


3. Cari promo dan kode kupon.


Banyak situs perjalanan dan maskapai menawarkan promo seperti diskon untuk pemesanan dini atau newsletter. Cari juga kode promo atau kuponnya bisa secara online.


4. Pertimbangkan paket liburan.


Paket liburan yang meliputi tiket pesawat, hotel, dan kadang-kadang transportasi darat dan wisata bisa hemat hingga 30% dibandingkan memesan sendiri. Cari paket di situs online agar liburan kamu dapat lebih hemat.


Perencanaan yang matang dan berburu promo adalah kunci liburan hemat. Dengan mencari tiket pesawat dan hotel murah, kamu bisa menikmati liburan tanpa buat kantong bolong.


Investasi Reksa Dana Untuk Mewujudkan Liburan Impian Kamu


Salah satu cara termudah untuk membiayai liburan impian kamu tanpa membakar dompet adalah dengan berinvestasi dalam reksa dana.


Berikut 3 kemudahan dalam berinvestasi reksa dana:


A. Pilih reksa dana yang sesuai profil risiko kamu


Ada berbagai jenis reksa dana dengan tingkat risiko yang berbeda, dari yang konservatif sampai agresif. Pilih yang sesuai dengan profil risiko kamu. Jika kamu ingin liburan dalam waktu dekat, pilih reksa dana jangka pendek atau menengah. Jika waktunya masih lama, kamu bisa memilih reksa dana saham atau campuran sebagai alternatifnya.


B.Investasikan secara rutin


Investasikan sejumlah uang secara rutin setiap bulan ke reksa dana pilihan kamu, misalnya Rp500.000-Rp1 juta per bulan. Semakin lama dan semakin banyak kamu menginvestasikan, portofolio reksa dana kamu akan semakin besar. Dana ini akan terus berkembang dan berpotensi menghasilkan keuntungan.


C. Tarik dana saat akan berlibur


Saat akan berlibur, kamu bisa menarik sebagian atau seluruh dana yang ada di reksa dana. Dana yang kamu investasikan selama bertahun-tahun, ditambah hasil investasinya, siap digunakan untuk membayar biaya liburan impian kamu!


Dengan berinvestasi rutin dalam reksa dana, kamu bisa membiayai liburan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang sekaligus. Selain itu, investasi jangka panjang dalam reksa dana juga memberikan potensi keuntungan yang lebih baik daripada menyimpan uang di bank. Jadi, mulailah berinvestasi hari ini dan nikmati liburan impian kamu!


Kamu bisa memulainya dengan download aplikasi SayaKaya tersedia di AppStore dan PlayStore, di SayaKaya kamu bisa berinvesatasi reksa dana sesuai kebutuhan kamu, karena cocok untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Download sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 8 November 2023

Inflasi Bulanan di Indonesia Sentuh di Bawah 0.2% pada Oktober 2023 - Market Outlook 8 November 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 7 November 2023

Cara Mencari Uang Tambahan untuk Mahasiswa

Halo teman Yamin! Buat kamu yang masih mahasiswa dan sedang membutuhkan tambahan uang untuk membiayai kuliah serta kebutuhan sehari-hari! Pasti kamu sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, seperti magang, menjadi tutor, menjual barang bekas, bahkan menjadi driver ojek online.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 6 November 2023

Tips Solo Traveling Aman Untuk Para Wanita

Beberapa bulan lagi kita sudah masuk di akhir tahun 2023. Mungkin artikel ini bisa menjadi inspirasi buat kamu nantinya. Halo teman Yamin! sebagian orang beranggapan kalau traveling sendiri itu penuh risiko, apalagi kalau wanita yang solo traveling.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.