Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

26 November 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Pada saat ini, ter­da­p­at kemu­ngk­i­nan ter­jadinya resesi di berba­gai negara den­gan tingginya tingkat inflasi, dan BI masih pada posisi untuk cen­derung menaikkan suku bun­ga untuk men­gatasi inflasi dan men­ja­ga sta­bil­i­tas nilai tukar Rupiah:


1. Proyek­si ekono­mi Indone­sia relatif lebih baik kede­pan­nya berkat har­ga komod­i­tas yang ting­gi dan tingginya inter­me­di­asi per­bankan, namun Indone­sia tidak dap­at bergan­tung sepenuh­nya den­gan ekspor-impor dan kemu­ngk­i­nan akan lebih berfokus pada kon­sum­si domestik (yang salah sat­un­ya didukung den­gan kenaikan UMP sebe­sar 10%). Investor asing juga sedang agre­sif dalam mem­be­li oblig­asi Indone­sia yang dap­at mem­perku­at nilai tukar Rupiah.


2. Lapo­ran OECD menekankan bah­wa ham­bat­an pada gas dan listrik di Eropa dan Asia dap­at men­ja­di salah satu pen­dorong per­lam­bat­an ekono­mi. IMF meni­lai bah­wa apa­bi­la ter­jadinya kri­sis ekono­mi, maka Ameri­ka dan Eropa akan men­ja­di kawasan region­al yang men­gala­mi dampak negatif secara sig­nifikan den­gan tingginya busi­ness cost dan biaya hidup, den­gan per­mu­laan recov­ery dihara­p­kan ter­ja­di mulai tahun 2024.


3. Dari Ameri­ka Serikat, Fed meny­atakan ada kemu­ngk­i­nan per­lam­bat­an kenaikan suku bun­ga (dari 75 bps men­ja­di 50 bps) berkat indika­tor ekono­mi yang mem­baik. Namun, Fed masih mem­per­hatikan kebi­jakan perg­er­akan har­ga beru­pa core prod­ucts, peruma­han, dan jasa non-residensial.


4. Dari Chi­na, Bei­jing kem­bali men­er­ap­kan kebi­jakan lock­down. Ekonom merekomen­dasikan pemer­in­ta­han Chi­na untuk mener­bitkan con­sumer vouch­ers sebe­sar 5,000 Yuan (Rp 11 juta) dalam ben­tuk e‑currency kepa­da masyarakat untuk men­dorong per­mintaan domestik, den­gan mem­per­tim­bangkan masih adanya kap­a­sitas fiskal bagi pemer­in­ta­han pusat Chi­na dan kon­tribusi dari con­sumer spend­ing ter­hadap perekono­mi­an Chi­na hing­ga 65,4%. 


5. Secara glob­al, per­tum­buhan ekono­mi diproyek­sikan akan melam­bat aki­bat perang RUS-UKR yang masih berlan­jut dan berdampak negatif sete­lah ekspan­si ting­gi pas­ca lock­down secara glob­al. Per­tum­buhan ekono­mi negara berkem­bang akan men­ja­di penopang dalam per­tum­buhan ekono­mi global. 


Den­gan resilien­si kon­disi ekono­mi Indone­sia, sekarang saat­nya untuk berin­ves­tasi di rek­sa dana sesuai den­gan pro­fil risiko kamu!


Mulai Per­jalanan Inves­tasi di SayaKaya


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
CEO Insight 25 November 2022

Keep The Investment Ball Rolling! Pesta Bola Dunia 2022 In Numbers

Did you know? Secara his­torikal, vol­ume transak­si bur­sa glob­al cen­derung men­gala­mi penu­runan sela­ma peri­ode Pes­ta Bola Dunia. Bank Sen­tral Eropa per­nah mener­bitkan riset yang menye­butkan bah­wa seti­ap suatu negara ikut ser­ta dalam suatu per­tandin­gan di Pes­ta Bola Dunia, rata-rata vol­ume trad­ing di negara terse­but akan turun sam­pai den­gan 55% di Pes­ta Bola Dunia 2010. Di tahun 2014, penu­runan­nya men­ca­pai 48%.

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 25 November 2022

Jessica Berbicara

Petik Cuan dari Kri­sis Dana Pensiun

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 27 Agustus 2022

Mau Sampai Kapan Ngarepin Gaji?

Seba­gai sesama peker­ja, Yamin nger­ti banget bah­wa terkadang per­tum­buhan pen­da­p­atan kita tuh nggak sesuai sama apa yang kita hara­p­kan. Boro-boro sesuai den­gan ekspek­tasi, terkadang sama kebu­tuhan saja bisa ngepas banget.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.