Market Research 27 Februari 2023: Indonesia Economic Projections

27 Februari 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Walaupun BI mem­per­ta­hankan tingkat suku bun­ga, masih ter­da­p­at risiko inflasi dari luar negeri, yakni AS dan Eropa. Melalui pena­hanan DHE, Indone­sia dap­at mem­i­ni­mal­isir dampak dari import­ed infla­tion.Imple­men­tasi TDV (term deposit valas) mulai dijalankan per 1 Maret 2023 den­gan tenor 1, 3, dan 6 bulan. Suku bun­ga yang ditawarkan kom­peti­tif den­gan suku bun­ga coun­ter­par­ty BI di luar negeri. Pemer­in­tah juga telah mem­berikan insen­tif beru­pa poton­gan PPh final atas bun­ga depos­i­to DHE bergan­tung pada denom­i­nasi mata uang dan hold­ing peri­od. Berikut meru­pakan mar­ket updates dari domestik dan global: 


Per­tum­buhan ekono­mi di tahun 2024 ditar­getkan 5,3% hing­ga 5,7%, den­gan inflasi di kisaran 1,5% hing­ga 3,5%. Nilai tukar Rupi­ah diproyek­si ter­ja­ga di rentang Rp14.800 hing­ga Rp15.400 per USD, suku bun­ga SUN 10 tahun di kisaran 6,5% hing­ga 7,4%.


Tar­get defisit fiskal di tahun 2024 sebe­sar 2,16%-2,64% dari PDB. Pri­or­i­tas yang akan dijalankan pada tahun ter­akhir pemer­in­ta­han Jokowi-Amin adalah penu­runan angka kemiski­nan ekstrim, penu­runan tengkes (stunt­ing), pen­ingkatan laju inves­tasi, dan pem­ban­gu­nan infrastruktur.


Pener­i­maan pajak pada Jan­u­ari 2023 mele­sat 48,6% diband­ingkan Jan­u­ari 2022. Kenaikan pener­i­maan pajak ini meru­pakan imbal hasil dari meningkat­nya aktiv­i­tas ekono­mi masyarakat dan imple­men­tasi UU Har­mon­isasi Per­at­u­ran Per­pa­jakan (HPP) yang mulai berjalan.


APBN menc­etak sur­plus pada peri­ode Jan­u­ari 2023 sebe­sar 0,43% dari PDB, setara den­gan IDR 90,8 tril­i­un. Kese­im­ban­gan primer (pen­da­p­atan diku­ran­gi belan­ja non bun­ga utang) juga meningkat dua kali lipat dari Jan­u­ari 2022.


Eval­u­asi dan restruk­tur­isasi utang PT Waski­ta Karya Tbk (WSKT) berdampak pada kegiatan opera­sion­al per­bankan BUMN. Hal ini dise­babkan oleh per­bankan terse­but yang akan mem­bukukan kred­it terse­but seba­gai kred­it bermasalah. Namun, fun­da­men­tal bank yang masih kuat cukup untuk menopang sen­ti­men negatif tersebut.


Ske­ma perda­gan­gan kar­bon res­mi dilun­curkan untuk mewu­jud­kan tar­get netral kar­bon pada tahun 2060. Perda­gan­gan kar­bon dap­at men­ja­di poten­si bis­nis melalui perda­gan­gan kred­it kar­bon yang melam­paui batas emisi sekali­gus menekan emisi.


Dana kelo­laan rek­sadana pasar uang menu­run pada per­mu­laan tahun ini ke lev­el IDR 88,7 tril­i­un, kare­na investor cen­derung melakukan redemp­tion atau switch­ing ke rek­sadana pen­da­p­atan tetap. Pasar saham untuk kawasan Asia dini­lai menarik den­gan poten­si per­tum­buhan ekono­mi yang terjaga.


Ner­a­ca perda­gan­gan Jepang pada bulan Jan­u­ari 2023 seni­lai JPY 3,5 tril­i­un atau USD 26,1 mil­iar, dan meru­pakan defisit  diatas JPY 3 tril­i­un sejak tahun 1970. Pelema­han ekspor masih dap­at berlan­jut sehing­ga ekono­mi masih tetap sulit untuk bertum­buh signifikan.


Beber­a­pa perekono­mi­an dunia telah menun­jukkan per­baikan sejak adanya per­lam­bat­an pada perten­ga­han tahun 2022, seper­ti inflasi yang mulai menu­run dan per­tum­buhan ekono­mi yang relatif sta­bil. Risiko yang dap­at mena­han pemuli­han ekono­mi adalah kri­sis keuan­gan glob­al dan eskalasi perang Rusia-Ukraina.


IMF meni­lai ham­bat­an perekono­mi­an di Asia dan Indone­sia mulai mere­da berkat pemuli­han pada negara Chi­na dan India yang juga mem­berikan dampak ke negara Asia lain­nya. Bank sen­tral Chi­na (PBoC atau People’s Bank of Chi­na) mem­per­ta­hankan tingkat suku bun­ga untuk bulan keenam. Kepu­tu­san ini sesuai den­gan ekspek­tasi pasar.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 27 Februari 2023

Krisis Utang AS

Beri­ta bagus cen­derung men­ja­di sesu­atu yang lang­ka dan yang san­gat ditung­gu-tung­gu di ten­gah keti­dak­pas­t­ian perekono­mi­an pada tahun 2023, peri­s­ti­wa yang telah dira­mal sejak perten­ga­han tahun 2022. Den­gan inflasi yang mulai menu­run di berba­gai negara, bahkan Bank Indone­sia yang mulai mena­han kenaikan suku bun­ganya, mungkin perekono­mi­an di tahun 2023 tidak seser­am yang dira­mal, dap­at dikatakan pem­bukaan kem­bali perekono­mi­an Chi­na men­ja­di kon­trib­u­tor terbe­sar. Akan tetapi muncul beri­ta men­ge­nai tingginya tingkat utang AS yang telah menyen­tuh pla­fon­nya, yang dap­at mem­berikan sen­ti­men negatif ter­hadap perekono­mi­an di selu­ruh dunia.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 Februari 2023

Market Research 20 Februari 2023: Holding Central Bank Rate

BI men­catat tingkat utang luar negeri Indone­sia per tahun 2022 adalah sebe­sar USD 396,84 mil­iar, telah men­gala­mi penu­runan ked­ua kalinya secara tahu­nan. Penu­runan pada tingkat utang ini dise­babkan oleh pen­da­p­atan negara yang men­gala­mi kenaikan seba­gai imbal hasil dari kenaikan har­ga komod­i­tas. Utang ter­hadap PDB negara anggota G7 yang men­gala­mi kenaikan sig­nifikan adalah Jepang, menyen­tuh rasio 250%. Diband­ingkan den­gan 6 negara lain­nya, kenaikan rasio masih relatif kecil. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik maupun global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 21 Februari 2023

Kala Pasar Modal Menggoda

Perusa­haan secara kese­har­i­an­nya mem­bu­tuhkan modal ker­ja untuk berop­erasi, dan terkadang melakukan kegiatan ekspan­si. Namun, aktiv­i­tas terse­but mem­bu­tuhkan biaya yang tidak sedik­it dan terkadang kas perusa­haan tidak men­cukupi kare­na ter­da­p­at kebu­tuhan lain­nya yang harus dipenuhi. Lalu, perusa­haan pun mem­per­tim­bangkan sum­ber pen­danaan yang sesuai agar kegiatan operasi dan ekspansinya dap­at berlang­sung den­gan lan­car sekali­gus mem­per­tim­bangkan kelang­sun­gan perusa­haan di jang­ka panjangnya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.