Market Research 20 Februari 2023: Holding Central Bank Rate

21 Februari 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

BI men­catat tingkat utang luar negeri Indone­sia per tahun 2022 adalah sebe­sar USD 396,84 mil­iar, telah men­gala­mi penu­runan ked­ua kalinya secara tahu­nan. Penu­runan pada tingkat utang ini dise­babkan oleh pen­da­p­atan negara yang men­gala­mi kenaikan seba­gai imbal hasil dari kenaikan har­ga komod­i­tas. Utang ter­hadap PDB negara anggota G7 yang men­gala­mi kenaikan sig­nifikan adalah Jepang, menyen­tuh rasio 250%. Diband­ingkan den­gan 6 negara lain­nya, kenaikan rasio masih relatif kecil. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik maupun global:


BI memu­tuskan untuk mena­han tingkat suku bun­ga di lev­el 5,75% den­gan mem­per­tim­bangkan inflasi inti dan IHK yang menu­run lebih cepat diband­ingkan ekspek­tasi. BI juga meni­lai bah­wa tingkat suku bun­ga 5,75% memadai untuk men­ja­ga lev­el inflasi di kisaran 3% plus minus 1% hing­ga perten­ga­han tahun 2023.


Tingkat utang ter­hadap PDB Indone­sia adalah sebe­sar 39,57%, dini­lai lebih baik diband­ingkan den­gan negara berkem­bang dan maju lain­nya. Berdasarkan rasio yang sama, Malaysia men­ca­pai 69,56%, Thai­land 61,45%, Fil­ip­ina 59,27%, Brasil 88,19%, Afri­ka Sela­tan 67,99%, AS 122,10%, Pran­cis 111,83%, dan Jepang 263,92%.


Posisi utang jatuh tem­po dalam satu tahun dan tiga tahun ke depan mas­ing-mas­ing meningkat 7,9% YoY dan 24,1% YoY, sedan­gkan untuk jatuh tem­po dalam lima tahun meningkat 42,1%. Utang jatuh tem­po dalam lima tahun kede­pan adalah seni­lai IDR 2.267 tril­i­un dalam ben­tuk SBN dan IDR 339 tril­i­un dalam ben­tuk pin­ja­man. Kemenkeu mengk­laim bah­wa pro­fil jatuh tem­po Indone­sia tetap aman den­gan aver­age time to matu­ri­ty (ATM) 8,27 tahun. 


Tren penu­runan imbal hasil pada oblig­asi mulai ter­li­hat. Untuk oblig­asi kor­po­rasi den­gan per­ingkat AAA ber­jang­ka lima tahun, imbal hasil men­gala­mi penu­runan, sedan­gkan yang berper­ingkat BBB men­gala­mi kenaikan. Investor oblig­asi masih meli­hat adanya risiko pada jang­ka pen­dek-menen­gah diband­ingkan jang­ka panjang. 


Utang BUMN men­ca­pai IDR 1.640 tril­i­un pada tahun 2022, namun untuk rasio utang ter­hadap modal inves­tasi men­gala­mi penu­runan dari 36,2% men­ja­di 34,2%. Aksi kor­po­rasi yang dilakukan oleh BUMN men­dorong pen­guatan pada modal. Proyek­si kon­sol­i­dasi laba selu­ruh BUMN di tahun 2022 men­ca­pai IDR 303,7 triliun.


Secara his­toris, inflasi ter­ja­di sep­a­n­jang peri­ode Ramadan dan Idul Fitri, namun di tahun ini kon­disi inflasi pada peri­ode yang sama dira­mal lebih berat. Hal ini mem­per­tim­bangkan tar­get inflasi yang masih jauh diband­ingkan den­gan nilai inflasi saat ini. Pro­dusen beren­cana untuk meningkatkan pro­duk­si untuk memenuhi lon­jakan per­mintaan di wak­tu mendatang.


Nilai cadan­gan devisa emas BI meningkat cukup sig­nifikan dan men­em­bus lev­el tert­ing­gi pada bulan Desem­ber tahun 2020, yakni per Jan­u­ari 2023 adalah seni­lai USD 4.864 juta. Pemupukan emas men­ja­di menarik mem­per­tim­bangkan semakin kecil­nya poten­si pen­guatan USD dan memit­i­gasi risiko global. 


Pemer­in­tah Indone­sia berpelu­ang untuk mem­berikan insen­tif bagi perusa­haan yang men­er­ap­kan bis­nis hijau untuk mewu­jud­kan Zero Emis­sion pada tahun 2060.


Pen­gelu­aran AS untuk pro­gram sosial men­gala­mi kenaikan dis­aat pen­da­p­atan pajak perusa­haan men­gala­mi penu­runan. Sehing­ga, defisit anggaran AS semakin mele­bar. Reli pada pasar saham di tahun 2021 men­dorong kenaikan pada pung­utan pajak cap­i­tal gain, sedan­gkan den­gan kon­disi pasar saham yang kurang baik di tahun 2022 menye­babkan setoran pajak merosot. 


Per­bankan Chi­na yang mem­berikan pin­ja­man murah untuk men­dorong kon­sum­si jus­tru diman­faatkan oleh masyarakat Chi­na untuk mem­ba­yar utang lain­nya dan berin­ves­tasi diband­ingkan untuk berbe­lan­ja. Langkah yang diam­bil oleh masyarakat ini dini­lai ter­ja­di kare­na masyarakat masih berhati-hati dalam meng­gu­nakan uangnya.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 21 Februari 2023

Kala Pasar Modal Menggoda

Perusa­haan secara kese­har­i­an­nya mem­bu­tuhkan modal ker­ja untuk berop­erasi, dan terkadang melakukan kegiatan ekspan­si. Namun, aktiv­i­tas terse­but mem­bu­tuhkan biaya yang tidak sedik­it dan terkadang kas perusa­haan tidak men­cukupi kare­na ter­da­p­at kebu­tuhan lain­nya yang harus dipenuhi. Lalu, perusa­haan pun mem­per­tim­bangkan sum­ber pen­danaan yang sesuai agar kegiatan operasi dan ekspansinya dap­at berlang­sung den­gan lan­car sekali­gus mem­per­tim­bangkan kelang­sun­gan perusa­haan di jang­ka panjangnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 14 Februari 2023

Market Research 13 Februari 2023: Indonesia Growth

Perekono­mi­an Indone­sia tum­buh 5,31% sep­a­n­jang tahun 2022. Ekspor men­gala­mi kenaikan sebe­sar 16,28% yang berkon­tribusi hing­ga 25% ter­hadap PDB, dan kon­sum­si berkon­tribusi hing­ga 52% ter­hadap PDB. Per­tum­buhan kon­sum­si rumah tang­ga belum kem­bali ke lev­el sebelum pan­de­mi COVID-19 kare­na angka pen­gang­gu­ran masih belum men­gala­mi per­baikan. Sehing­ga, kon­sum­si diproyek­sikan meningkat pada libur Lebaran dan per­si­a­pan tahun poli­tik. Kon­tribusi dari sek­tor man­u­fak­tur ter­hadap PDB men­gala­mi penu­runan sejak tahun 2020 hing­ga tahun 2022. Dein­dus­tri­al­isasi ini dap­at mem­pen­garuhi mul­ti­pli­er effect pada perekono­mi­an. Melalui reori­en­tasi ekspor dan berfokus pada negara non­tra­di­sion­al, perkem­ban­gan vari­asi pro­duk, mem­berikan insen­tif bagi indus­tri man­u­fak­tur, dan pem­bat­asan impor dap­at meningkatkan kon­tribusi man­u­fak­tur ter­hadap PDB Indone­sia. Berikut meru­pakan mar­ket insights dari domestik dan global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 14 Februari 2023

Positif Negatif dari Si Uang

Kas men­ja­di salah satu kom­po­nen yang berper­an pent­ing pada porto­fo­lio inves­tasi, baik dari sudut pan­dang investor prib­a­di maupun man­a­jer inves­tasi. Strate­gi pen­gelo­laan inves­tasi untuk men­cip­takan imbal hasil yang opti­mal berdasarkan risikonya, tidak lep­as dari pen­gelo­laan kas yang sesuai. Seper­ti pada tahun 2022, para investor dan man­a­jer inves­tasi yang cen­derung menghim­pun kas diband­ingkan meng­in­ves­tasikan­nya, kare­na pan­dan­gan pada tingginya volatil­i­tas dan keti­dak­pas­t­ian ekonomi.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.