Market Research 20 Desember 2022: Worst is yet to come

23 Desember 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Imbas penu­runan har­ga aki­bat pan­ic sell­ing dan risk-off sen­ti­ment pada negara berkem­bang, peta kap­i­tal­isasi pasar di Indone­sia berubah, sehing­ga emiten big caps peng­ger­ak indeks men­ja­di menarik, teruta­ma sek­tor ener­gi dan per­tam­ban­gan yang men­jalankan berba­gai aksi ekspan­sif. Untuk men­dukung daya tahan ekono­mi dan men­dorong tingkat per­mintaan, Indone­sia dini­lai mem­bu­tuhkan nor­mal­isasi fiskal, sedan­gkan saat ini AS men­gala­mi defisit anggaran yang lebih besar. Pada ming­gu keti­ga di bulan Desem­ber 2022, berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik maupun global:


Ser­a­pan tena­ga ker­ja diproyek­sikan menu­run aki­bat kap­a­sitas pro­duk­si dan prof­it perusa­haan yang menu­run, ser­ta upah min­i­mum yang men­gala­mi kenaikan. Belan­ja masyarakat juga masih dipen­garuhi oleh kenaikan har­ga BBM.


Bank akan menaikkan suku bun­ga KPR sesuai den­gan likuid­i­tas dan appetite-nya. Semakin ting­gi likuid­i­tas­nya, maka semakin ren­dah kenaikan­nya dan mem­bu­tuhkan wak­tu penye­sua­ian lebih lama. 


Den­gan berakhirnya bur­den shar­ing pada tahun 2023, BI dan APBN dap­at berper­an sesuai tugas­nya, namun tetap bek­er­ja sama agar BI tidak menaikkan suku bun­ga sea­gre­sif negara lainnya.


Penye­sua­ian dari bun­ga sim­panan valas dap­at menarik likuid­i­tas valas dan devisa hasil ekspor Indonesia.


Pasar oblig­asi Indone­sia dini­lai menarik den­gan poten­si menu­run­nya inflasi dan stag­nan­nya suku bun­ga. Por­si asing pada SBN Indone­sia mulai men­gala­mi kenaikan aki­bat penu­runan yield oblig­asi AS dan indeks dol­lar AS. 


Walaupun ekono­mi Chi­na mulai ber­jalan kem­bali, relak­sasi atu­ran zero-covid dap­at menim­bulkan risiko wabah yang lebih besar. Ter­lebih lagi, kota besar seper­ti Bei­jing dan Shang­hai tidak memi­li­ki jum­lah bed yang seband­ing den­gan pop­u­lasinya yang besar.


Pemer­in­tah Chi­na mem­ber­lakukan kebi­jakan yang men­dorong per­mintaan dan penawaran pada sek­tor prop­er­ti kare­na sek­tor prop­er­ti men­dorong per­tum­buhan sek­tor lain­nya. Selain itu, Chi­na juga mer­ilis oblig­asi (spe­cial sov­er­eign bonds) seni­lai US$ 108 mil­iar untuk men­dukung pem­ban­gu­nan ekono­mi dan sosial (diperki­rakan ini meru­pakan rollover oblig­asi yang akan jatuh tempo). 


Bank sen­tral India menaikkan suku bun­ga sebe­sar 35 bps (keli­ma kalinya pada tahun ini). Di Ing­gris, tingkat inflasi men­gala­mi penu­runan ke 10,7%, lebih ren­dah diband­ingkan kon­sen­sus sebe­sar 10,9%.


Tingkat inflasi AS meningkat 0,1% MoM (ekspek­tasi 0,3%) dan 7,1% YoY (Okto­ber sebe­sar 7,7%). Fed menaikkan suku bun­ga sebe­sar 50 bps men­ja­di 4,25%-4,5%, sesuai ekspek­tasi pasar dan ini meru­pakan lev­el tert­ing­gi sela­ma 15 tahun ter­akhir. Namun, Jerome Pow­ell mene­gaskan bah­wa wacana eas­ing up ter­lalu cepat untuk dibicarakan saat ini kare­na inflasi­masih jauh lebih ting­gi diband­ingkan tar­get sebe­sar 2%, dan piv­ot­ing dap­at menye­babkan kon­sekuen­si negatif yang signifikan.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 23 Desember 2022

In a Blink of an Eye...

Source: Pasar­dana, JCI mea­sured from Jan-2020 to Dec-2022

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 19 Desember 2022

Alternatif Investasi: Mengenal IDX30 Futures dan Cara Kerjanya

Recap of Struc­tured Prod­uct Day — Pasar Naik Turun Tetap Cuan Den­gan IDX30 Futures

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 10 Desember 2022

Jessica Berbicara

EV dan Prospek Investasinya

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.