Moves Like Jagger

21 Oktober 2021 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Dalam satu week­end di Ameri­ka Serikat, saya sem­patkan non­ton dua konser. Jumat malam dan ming­gu malam. Norak abis memang.


Mungkin kare­na sejak Covid kita belum bisa menikmati konser musik lagi. Begi­tu sam­pai di Ameri­ka, nuansa kebe­basan dan hidup berdampin­gan den­gan Covid terasa begi­tu meng­go­da. Kali ini, saya tulis dulu pen­gala­man sep­utar non­ton konser Jumat malam lalu.


Konser per­ta­ma yang saya ton­ton adalah The Rolling Stones. Non­ton Rolling Stones sudah men­ja­di impian sejak dulu. Syukur bisa tere­al­isasi sekarang. Semacam buck­et list. Tapi hara­pan itu memu­dar den­gan usia per­sonil­nya yang makin sen­ja. Jadi begi­tu kesem­patan itu ada, acara lain saya ming­girkan dulu. 


Image: SoFi Stadium yang amat megah


SoFi Sta­di­um yang amat megah


Tem­pat acaranya juga spe­sial. Di SoFi sta­di­um yang diban­gun den­gan bud­get USD 5.5 mil­iar dan berka­p­a­sitas 70.000 penon­ton, bisa diekspan­si ke 100.000 penon­ton. Sta­di­um ini juga men­ja­di home baru LA Rams dan LA Charg­ers. Super Bowl LVI 2022 juga ren­cananya diadakan di sta­di­um ini.


Tapi saya men­co­ba me-man­age ekspek­tasi. Com­bo secu­ri­ty sete­lah 911 plus prose­dur Covid mungkin akan mem­bu­at konser lebih sulit untuk dinikmati.


Lagian, ini mustinya bukan zaman keemasan The Rolling Stones. Usia Mick Jag­ger sudah ham­pir 80 tahun. Dan pen­gun­jungnya… jan­gan harap anak-anak muda bakal ter­tarik non­ton konser ini. Begi­tu pikir saya.


Ada satu line di film Almost Famous, yang ber-set­ting tahun 1973, di mana man­ag­er band Still­wa­ter, diper­ankan oleh Jim­my Fal­lon, bilang “kalau kamu pikir Mick Jag­ger bakalan masih tetap jadi rock star di usia 50 tahun, kamu den­gan amat san­gat menyedihkan… salah besar”.


Terny­a­ta dugaan saya salah. Dan kali ini saya berba­ha­gia den­gan kesala­han saya.


Fast for­ward, di tahun 2021, di usia 78 tahun Mick Jag­ger masih seo­rang rock star. Dan yang lebih dah­sy­at lagi, terny­a­ta fans yang hadir malam itu dari segala rentang usia.


Juga seba­gai buk­ti bah­wa the Stones masih pun­ya rav­ing fans, antre­an beli mer­chan­dise the Stones ter­li­hat san­gat pan­jang. Di dalam dan di luar SoFi stadium.


Juga konser ini masih san­gat bisa dinikmati, den­gan prose­dur Covid lumayan ketat sekalipun. Kare­na The Stones mam­pu menghip­no­tis 70.000-an fansnya malam itu.


Pada­hal mere­ka baru saja kehi­lan­gan drum­mer mere­ka, Char­lie Watts. Show ini juga meru­pakan trib­ute buat Char­lie Watts. Posisi drum­mer diisi den­gan begi­tu baik oleh Steve Jor­dan. Hari itu, fans The Stones jatuh cin­ta pada Steve Jordan.


Jag­ger berceri­ta bagaimana ia dan Kei­th per­ta­ma kali berjumpa di Dart­ford Sta­tion di tahun 1961. Hubun­gan yang telah ter­jalin sela­ma 60 tahun dan masih going strong.


Dibu­ka den­gan Street Fight­ing Man dan ditut­up den­gan Jumpin’ Jack Flash, Mick Jag­ger, Ron­nie Wood, dan Kei­th Richards masih begi­tu segar di usia akhir 70-an dan masih mam­pu “Moves Like Jag­ger”. Keju­tan besar buat saya, dan buat banyak orang malam hari itu.


Image: Mick Jagger dan The Stones menghipnotis penonton dengan performanya.


Mick Jag­ger dan The Stones menghip­no­tis penon­ton den­gan performanya.


Ener­gi The Rolling Stones begi­tu dap­at saya rasakan malam itu. Usia bukan sebuah hal yang dap­at meng­ham­bat The Stones tetap dap­at men­gukuhkan diri seba­gai raja musik Rock and Roll. Sete­lah beber­a­pa dekade, mere­ka masih tetap sang­gup untuk mem­ban­gun konek­si ke fan­base mereka. 


Tahun depan, The Rolling Stones yang diben­tuk tahun 1962 akan mer­ayakan ulang tahun ke-60. Satu hal untuk bikin grup musik, namun hal yang lain untuk bisa berta­han 60 tahun. Star ataupun bukan. 


The Stones tetap mam­pu mem­per­ta­hankan aro­ma rebel­lious. Kok bisa ada rebel beru­sia ham­pir 80 tahun? Bagaimana bisa men­ja­ga kon­disi tubuh untuk tetap opti­mum berkarya di usia yang bagi banyak orang harus berjuang den­gan banyak masalah kese­hatan dan eksis­ten­si diri.


Seper­ti ter­li­hat dari fans lin­tas gen­erasi dan antre­an pan­jang untuk mer­chan­dise-nya, The Rolling Stones telah bermeta­mor­fosa  men­ja­di sebuah brand. Bahkan bisa dibi­lang cult brand. Dan san­gat kon­sis­ten men­ja­ga brand mereka. 



Banyak yang bisa dipetik dari kisah The Rolling Stones, baik seba­gai investor atau orang bis­nis. Kemam­puan mem­ban­gun sebuah brand, men­ja­ga kekom­pakan, kemam­puan dan kese­di­aan untuk rein­vent diri kita, dan pro­mosi cer­das adalah kun­ci suk­ses The Stones.


Ten­tun­ya yang pal­ing pent­ing adalah upaya men­ja­ga kese­hatan. Kare­na kese­hatan adalah aset ter­baik kita. Dan seba­gai investor, kese­hatan dan tam­ba­han usia memu­ngkinkan kesem­patan tidak hanya untuk com­pound­ing wealth, tapi juga berba­gi den­gan sesama. Dan untuk bisa Moves Like Jag­gerLagu “Start Me Up” oleh The Rolling Stones



Lagu “Start Me Up” oleh The Rolling Stones


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 28 September 2021

Kisah Dua Sahabat

Berkat per­sis­ten­si istri, akhirnya saya sem­patkan non­ton satu lagi K‑drama. Squid Game. Jujur, saya harus men­gakui bah­wa walaupun very dark dan twist­ed, Squid Game memang amat memikat. Kom­bi­nasi momen-momen yang aneh (kebanyakan in a good way), yang mene­gangkan, dan yang men­gaduk-aduk perasaan, memak­sa saya untuk berkon­tem­plasi. Soal kehidupan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 21 September 2021

Asetku, Diapain Ya?

Kamu yang mem­ba­ca artikel ini pasti meru­pakan seo­rang investor.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 20 September 2021

Bisa Masuk, Gak Bisa Keluar?

Dari jaman SD, ada dua hal ten­tang keuan­gan yang selalu dia­jarkan oleh guru dan orang tua kita:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.