New Year, New Habit - SayaKaya

Tahun baru, res­o­lusi baru! Seti­ap awal tahun baru, agen­da dan notes kita penuh den­gan res­o­lusi baru yang dit­ulis beru­lang kali namun biasa kita (saya) lupakan di perten­ga­han tahun. 

Makan lebih sehat, menu­runk­an berat badan, lebih ser­ing bero­lahra­ga.. Seper­tinya list-nya ter­li­hat tidak per­nah habis dan tidak kun­jung terse­le­saikan. Apa sih kurangnya? Di awal tahun moti­vasinya cukup besar, namun moti­vasi ini kem­pes di ten­gah jalan.

Sama seper­ti banyak hal lain­nya yang mem­bu­tuhkan pem­bi­asaan ruti­ni­tas dan komit­men, semua tujuan–tujuan dan task yang kita buat dalam hidup banyak kita tinggalkan di ten­gah jalan. Kesi­bukan sehari-hari, tim­bul­nya hal lain yang sifat­nya lebih daru­rat, biasanya per­la­han akan mem­bu­at kita melu­pakan res­o­lusi yang telah kita ciptakan.

Saya juga ser­ing meli­hat hal ini ter­ja­di pada orang-orang yang bertekad untuk menabung dan berin­ves­tasi. Kebi­asaan meny­isihkan dana di awal, biasanya den­gan gigih dan seman­gat kita lakukan di awal kita mem­bu­at res­o­lusi terse­but. Namun den­gan seir­ing kem­balinya aktiv­i­tas dan ruti­ni­tas hidup, banyak hal-hal yang mem­bu­at kita ter­dis­trak­si dari tujuan awal kita. Pen­gelu­aran men­dadak, sale tang­gal kem­bar, dan godaan pay­later adalah beber­a­pa hal yang biasanya kita temui. 

Lalu bagaimana cara pal­ing efek­tif untuk melakukan hal ini? Painful at first, namun yang harus kita lakukan adalah memak­sa diri kita sendiri untuk men­jalani ruti­ni­tas. Ada anek­dot, bah­wa untuk men­ja­di mas­ter dalam suatu skill kita per­lu 10.000 jam untuk mem­pela­jarinya. Anggap saja kita dalam sehari itu meny­isihkan Rp 25.000, maka dalam sebu­lan kita sudah meny­isihkan Rp 750.000. Bayangkan bera­pa yang kita sisihkan dalam 10.000 hari, Rp 250.000.000! Mulailah den­gan angka yang kecil.

Sete­lah mulai den­gan angka yang kecil, pin­dahkan jum­lah terse­but secara berkala ke rek­sa dana yang bisa mem­berikan kamu return lebih besar. Mis­al­nya, seti­ap men­ca­pai Rp 100.000, segera beli rek­sa dana agar kamu nggak ter­go­da untuk mem­be­lan­jakan dana tersebut. 

Kita juga bisa men­gubah cara pan­dang kita dalam meli­hat uang. Rp 25.000 mis­al­nya, mungkin setara den­gan sebuah gelas boba. Namun Rp 175.000 yang kita sisihkan sela­ma 7 hari, setara den­gan makan siang menye­nangkan untuk 2 orang. Rp 1.000.000 yang kita sisihkan sela­ma sebu­lan dan satu ming­gu, setara den­gan 1 gram emas. Rp 250.000.000 yang kita sisihkan sela­ma 10.000 hari, setara den­gan har­ga sebuah rumah di kawasan ping­gi­ran luar Jakarta. 

Tidak bisa dipungkiri juga, mem­ban­gun kebi­asaan menabung dan inves­tasi juga lebih mudah jika kita bera­da dalam suatu komu­ni­tas yang berpan­dan­gan sama. Maka, nggak ada salah­nya jika kita men­jalankan inisi­atif ini bersama teman-teman yang bisa ban­tu ingatkan kita, dan sal­ing mem­o­ti­vasi jika kita sedang merasa jenuh dan malas. 

Terkadang salah satu hal yang mem­bu­at kita mening­galkan res­o­lusi kita adalah, rasa malas mem­u­lai kem­bali jika kita men­gala­mi slip up sekali atau 2 kali. Kita biasanya lang­sung merasa ogah untuk mem­ban­gun kem­bali habit terse­but, pada­hal seba­gai manu­sia, kita seharus­nya bisa memaafkan diri sendiri jika kita kelu­paan atau tergelin­cir dis­ana sini. Lebih baik gagal sekali lalu kita mem­u­lai kem­bali, dari­pa­da kita gagal dan tidak mulai lagi sama sekali. We’ve all been there!

Sela­mat tahun baru! Semoga tujuan finan­sial­mu tahun ini ter­ca­pai semua ya!

Gambar Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

26/11/2022 Read more
Gambar Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

25/11/2022 Read more
Gambar Jessica Berbicara

Jessica Berbicara

25/11/2022 Read more
Sayakaya Logo
Copyright ©2022 Landing page
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10250
phone 021-2526985
email hi@sayakaya.id