New Year, New Habit

13 Januari 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Tahun baru, res­o­lusi baru! Seti­ap awal tahun baru, agen­da dan notes kita penuh den­gan res­o­lusi baru yang dit­ulis beru­lang kali namun biasa kita (saya) lupakan di perten­ga­han tahun. 


Makan lebih sehat, menu­runk­an berat badan, lebih ser­ing bero­lahra­ga.. Seper­tinya list-nya ter­li­hat tidak per­nah habis dan tidak kun­jung terse­le­saikan. Apa sih kurangnya? Di awal tahun moti­vasinya cukup besar, namun moti­vasi ini kem­pes di ten­gah jalan.


Sama seper­ti banyak hal lain­nya yang mem­bu­tuhkan pem­bi­asaan ruti­ni­tas dan komit­men, semua tujuan–tujuan dan task yang kita buat dalam hidup banyak kita tinggalkan di ten­gah jalan. Kesi­bukan sehari-hari, tim­bul­nya hal lain yang sifat­nya lebih daru­rat, biasanya per­la­han akan mem­bu­at kita melu­pakan res­o­lusi yang telah kita ciptakan.


Saya juga ser­ing meli­hat hal ini ter­ja­di pada orang-orang yang bertekad untuk menabung dan berin­ves­tasi. Kebi­asaan meny­isihkan dana di awal, biasanya den­gan gigih dan seman­gat kita lakukan di awal kita mem­bu­at res­o­lusi terse­but. Namun den­gan seir­ing kem­balinya aktiv­i­tas dan ruti­ni­tas hidup, banyak hal-hal yang mem­bu­at kita ter­dis­trak­si dari tujuan awal kita. Pen­gelu­aran men­dadak, sale tang­gal kem­bar, dan godaan pay­later adalah beber­a­pa hal yang biasanya kita temui. 


Lalu bagaimana cara pal­ing efek­tif untuk melakukan hal ini? Painful at first, namun yang harus kita lakukan adalah memak­sa diri kita sendiri untuk men­jalani ruti­ni­tas. Ada anek­dot, bah­wa untuk men­ja­di mas­ter dalam suatu skill kita per­lu 10.000 jam untuk mem­pela­jarinya. Anggap saja kita dalam sehari itu meny­isihkan Rp 25.000, maka dalam sebu­lan kita sudah meny­isihkan Rp 750.000. Bayangkan bera­pa yang kita sisihkan dalam 10.000 hari, Rp 250.000.000! Mulailah den­gan angka yang kecil.


Sete­lah mulai den­gan angka yang kecil, pin­dahkan jum­lah terse­but secara berkala ke rek­sa dana yang bisa mem­berikan kamu return lebih besar. Mis­al­nya, seti­ap men­ca­pai Rp 100.000, segera beli rek­sa dana agar kamu nggak ter­go­da untuk mem­be­lan­jakan dana tersebut. 


Kita juga bisa men­gubah cara pan­dang kita dalam meli­hat uang. Rp 25.000 mis­al­nya, mungkin setara den­gan sebuah gelas boba. Namun Rp 175.000 yang kita sisihkan sela­ma 7 hari, setara den­gan makan siang menye­nangkan untuk 2 orang. Rp 1.000.000 yang kita sisihkan sela­ma sebu­lan dan satu ming­gu, setara den­gan 1 gram emas. Rp 250.000.000 yang kita sisihkan sela­ma 10.000 hari, setara den­gan har­ga sebuah rumah di kawasan ping­gi­ran luar Jakarta. 


Tidak bisa dipungkiri juga, mem­ban­gun kebi­asaan menabung dan inves­tasi juga lebih mudah jika kita bera­da dalam suatu komu­ni­tas yang berpan­dan­gan sama. Maka, nggak ada salah­nya jika kita men­jalankan inisi­atif ini bersama teman-teman yang bisa ban­tu ingatkan kita, dan sal­ing mem­o­ti­vasi jika kita sedang merasa jenuh dan malas. 


Terkadang salah satu hal yang mem­bu­at kita mening­galkan res­o­lusi kita adalah, rasa malas mem­u­lai kem­bali jika kita men­gala­mi slip up sekali atau 2 kali. Kita biasanya lang­sung merasa ogah untuk mem­ban­gun kem­bali habit terse­but, pada­hal seba­gai manu­sia, kita seharus­nya bisa memaafkan diri sendiri jika kita kelu­paan atau tergelin­cir dis­ana sini. Lebih baik gagal sekali lalu kita mem­u­lai kem­bali, dari­pa­da kita gagal dan tidak mulai lagi sama sekali. We’ve all been there!


Sela­mat tahun baru! Semoga tujuan finan­sial­mu tahun ini ter­ca­pai semua ya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 21 Oktober 2021

Moves Like Jagger

Dalam satu week­end di Ameri­ka Serikat, saya sem­patkan non­ton dua konser. Jumat malam dan ming­gu malam. Norak abis memang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 28 September 2021

Kisah Dua Sahabat

Berkat per­sis­ten­si istri, akhirnya saya sem­patkan non­ton satu lagi K‑drama. Squid Game. Jujur, saya harus men­gakui bah­wa walaupun very dark dan twist­ed, Squid Game memang amat memikat. Kom­bi­nasi momen-momen yang aneh (kebanyakan in a good way), yang mene­gangkan, dan yang men­gaduk-aduk perasaan, memak­sa saya untuk berkon­tem­plasi. Soal kehidupan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 21 September 2021

Asetku, Diapain Ya?

Kamu yang mem­ba­ca artikel ini pasti meru­pakan seo­rang investor.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.