Ngeri “Kabut” Resesi, Indonesia Peringkat Berapa?

28 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hai teman Yamin! Beri­ta adanya resesi dari ming­gu ke ming­gu kayaknya belum juga reda ya. Banyak Negara glob­al yang dik­abarkan memi­li­ki poten­si terke­na dampaknya. Kira-kira bera­pa besar resesi itu akan berdampak ke Indonesia?


Sebelum mem­ba­has besaran poten­si Indone­sia akan terke­na dampak resesi, kita bahas dulu yuk apa itu resesi dan dampak yang akan dirasakan.


Pen­je­lasan Resesi


Resesi meru­pakan penu­runan sig­nifikan dalam kegiatan ekono­mi yang berlang­sung sela­ma berbu­lan-bulan hing­ga bertahun-tahun.


Ada beber­a­pa fak­tor yang menye­babkan ter­jadinya resesi pada suatu negara, diantaranya:


1. Per­tum­buhan PDB negatif


2. Pen­ingkatan tingkat pengangguran


3. Penu­runan pen­jualan ritel, dan sebagainya.


Dalam dunia ekono­mi, resesi dike­tahui seba­gai tren penu­runan pada sik­lus bis­nis yang ditandai den­gan ter­jadinya penu­runan jum­lah pada pro­duk­si dan lapan­gan ker­ja yang dap­at menye­babkan pen­da­p­atan ser­ta pen­gelu­aran rumah tang­ga menurun. 


Resesi bisa dise­babkan oleh laju aktiv­i­tas ekono­mi yang lam­bat. Seper­ti hal­nya dampak dari COVID-19 di beber­a­pa negara yang men­gak­i­batkan adanya per­tum­buhan inflasi. Inflasi yang ter­ja­di menye­babkan kenaikan suku bun­ga yang dap­at mem­per­lam­bat laju ekonomi.


Dampak dari Resesi


Untuk sek­tor perusa­haan, resesi dap­at mem­berikan dampak secara lang­sung pada kesta­bi­lan keuan­gan perusa­haan. Aki­bat adanya resesi, para karyawan ter­an­cam kehi­lan­gan peker­jaan, tidak men­da­p­atkan bonus, dan seba­gainya. Hal terse­but aki­bat sedik­it­nya dana untuk pem­bi­ayaan dalam melak­sanakan kewa­jiban perusahaan.


Bila resesi ter­ja­di, masyarakat bisa cen­derung akan berpikir dua kali untuk mem­be­lan­jakan uang mere­ka di luar kebu­tuhan pokok. Sayangnya, hal terse­but jus­tru akan semakin mem­per­lam­bat per­tum­buhan ekono­mi Indone­sia kare­na per­putaran uangnya men­ja­di sedikit.


Fak­tor yang cukup mengkhawatirkan bila ter­ja­di resesi secara terus menerus yaitu menye­babkan pen­ingkatan pada angka pen­gang­gu­ran secara drastis. 


Terny­a­ta efek dari resesi bisa berpoten­si men­ja­di “mimpi buruk” bagi per­tum­buhan ekono­mi Negara. Kali ini kita akan meli­hat bera­pa besar poten­si Indone­sia men­gala­mi dampak resesi berdasarkan data di bawah:



Sum­ber: bloomberg.com


Wah! Menu­rut data sta­tis­tik di atas, bah­wa poten­si dampak dari resesi yang akan diala­mi oleh Indone­sia sebe­sar 2%. Semoga tidak ter­lalu berdampak sig­nifikan ya teman-teman! 


Seba­gai tam­ba­han, menu­rut data dari Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS), Ekono­mi Indone­sia tahun 2022 tum­buh sebe­sar 5,31 persen, lebih ting­gi diband­ingkan pen­ca­pa­ian tahun 2021 yang men­gala­mi per­tum­buhan sebe­sar 3,70 persen. Dari sisi pro­duk­si, kenaikan tert­ing­gi ter­ja­di pada Lapan­gan Usa­ha Trans­portasi dan Per­gu­dan­gan sebe­sar 19,87 persen.


Den­gan adanya per­tum­buhan ekono­mi yang masih posi­tif ter­ja­di di Indone­sia, pastinya kita bisa terus yakin dan berpikir posi­tif untuk kema­juan ekono­mi di Indone­sia. Yuk mari bersama-sama berg­er­ak demi mema­jukan Negeri ter­cin­ta ini! 


Salah satu cara untuk men­dukung kema­juan per­tum­buhan ekono­mi Indone­sia yaitu den­gan cara berin­ves­tasi. Untuk berin­ves­tasi, teman Yamin bisa down­load aplikasi SayaKaya sekarang dan lang­sung beli rek­sa dananya. Down­load sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 26 April 2023

Mantab, Inflasi 2023 Akan Turun Lebih Cepat! — Market Outlook 26 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 April 2023

5 Rahasia Terbesar Penyebab Orang Kaya Makin Kaya!

Hal­lo teman Yamin! Kamu sadar gak, terny­a­ta seti­ap tahun pasti ada saja penam­ba­han orang kaya baru lho. Orang terse­but bisa berasal dari pen­gusa­ha, influ­encer, artis, dan berba­gai macam latar belakang peker­jaan lainnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 17 April 2023

Cling! Obligasi Jadi Incaran Dana Asing — Market Outlook 17 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.