Wah! Pemerintah Berencana Ingin Mengurangi Kemiskinan Ekstrem — Market Outlook 5 Juni 2023

5 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. AS “Lolos” dari Gagal Bayar


Pada Sab­tu (3/6), Pres­i­den Joe Biden akhirnya menan­datan­gani undang-undang men­ge­nai pla­fon utang pemer­in­tah Ameri­ka Serikat sebe­sar US$31,4 tril­i­un. RUU terse­but sete­lah negosi­asi inten­sif sela­ma berming­gu-ming­gu antara ket­ua DPR dari Par­tai Repub­lik Kevin McCarthy dan Gedung Putih. Undang-undang ini bisa mence­gah AS men­gala­mi default atau gagal bayar per­ta­ma kalinya den­gan ham­pir menyen­tuh ambang batas dalam dua hari.


2. Kemenkeu: Defisit APBN 2023 di Bawah 2.8%


Badan Kebi­jakan Fiskal (BKF) Kementer­ian Keuan­gan (Kemenkeu) mem­proyek­sikan, defisit Anggaran Pen­da­p­atan dan Belan­ja Negara (APBN) 2023 akan bera­da di bawah 2.8% dari pro­duk domestik bru­to (PDB).


Seba­gai infor­masi tam­ba­han, hing­ga 30 April 2023 ter­catat jum­lah APBN men­gala­mi sur­plus sebe­sar Rp234,7 tril­i­un atau 1.12% ter­hadap PDB. Pen­da­p­atan negara men­ca­pai Rp1.000,5 tril­i­un atau 40.6% dari tar­get APBN. Angka ini menun­jukkan pen­ingkatan per­tum­buhan sebe­sar 17.3% diband­ingkan April 2022 yang men­ca­pai Rp853,2 triliun.


3. Pemer­in­tah Ingin Men­gu­ran­gi Kemiski­nan Ekstrem


Pemer­in­tah beren­cana meningkatkan indeks Pro­gram Kelu­ar­ga Hara­pan (PKH) dan Sem­bako pada tahun depan. Ren­cana ini meru­pakan salah satu usa­ha pemer­in­tah dalam menu­runk­an jum­lah pen­duduk miskin dan miskin ekstrem.


Kepala Badan Kebi­jakan Fiskal Kementer­ian Keuan­gan Febrio Nathan Kacaribu men­gungkap­kan, tar­get penu­runan kemiski­nan ekstrem tahun 2022 sebe­sar 2,04, pada 2023 men­ja­di 1.04% dan men­ja­di 0% pada 2024. Febrio men­gatakan, untuk menu­runk­an tingkat kemiski­nan pemer­in­tah tidak hanya mem­berikan ban­tu­an dalam ben­tuk uang tunai tetapi juga mem­berikan pekerjaan.


4. Mantab! Rupi­ah Menguat


Dalam sepekan ter­akhir, rupi­ah tertekan hing­ga menyen­tuh lev­el Rp15.000/US$. Pada Senin (5/6), rupi­ah dibu­ka men­guat 0.77% men­ja­di Rp14.870/US$. Pen­guatan rupi­ah ter­ja­di mes­ki masih ter­da­p­at sen­ti­men negatif dari dalam dan luar negeri.


Beber­a­pa per­soalan yang memicu keti­dak­pas­t­ian adalah kri­sis per­bankan yang melan­da Ameri­ka Serikat (AS) hing­ga anca­man kebangkru­tan pemer­in­tah AS.


Fak­tor domestik yang men­dorong pen­guatan rupi­ah adalah ekspek­tasi pemer­in­tah ter­hadap per­tum­buhan ekono­mi Indone­sia pada 2024 yang ting­gi di lev­el 5.7%.


5. BEI: Auto Rejec­tion Bawah Tahap 1 Mulai Diimplementasikan


Mulai Senin (5/6), Bur­sa Efek Indone­sia (BEI) telah mengim­ple­men­tasikan nor­mal­isasi atas kebi­jakan batasan persen­tase Auto Rejec­tion Bawah tahap I sebe­sar 15%. Ren­cana untuk tahap II akan berlaku efek­tif pada 4 Sep­tem­ber 2023 mendatang.


Untuk tahap I, batasan ARB sebe­sar 15%. Sedan­gkan untuk tahap II, batasan ARB sebe­sar den­gan nilai ARA yang berlaku. Untuk har­ga saham 50 sam­pai 200, batasan ARA dan ARB sebe­sar 35%, untuk har­ga saham 200 sam­pai 5000, batasan ARA dan ARB sebe­sar 25%, dan untuk har­ga saham di atas 5000, batasan ARA dan ARB sebe­sar 20%.


6. BPS: Inflasi Tahu­nan 4% Pada Mei 2023


Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­catat, tingkat inflasi pada  bulan ke bulan sebe­sar 0.09%. Tingkat inflasi tahun ke tahun sebe­sar 4% dan inflasi tahun kalen­der sebe­sar 1.10% pada Mei 2023. Bila dil­i­hat berdasarkan kelom­pok pen­gelu­aran, maka tingkat inflasi terbe­sar dise­babkan oleh kelom­pok pen­gelu­aran trans­portasi yaitu sebe­sar 10.62% dan ikut andil sebe­sar 1.29% ter­hadap inflasi umum.


Inflasi tert­ing­gi ter­ja­di di Timi­ka dan Kota Baru yang mas­ing-mas­ing tingkat inflasinya sebe­sar 6.04%. Dari 90 kota yang dipan­tau oleh BPS, ter­catat selu­ruh kota men­gala­mi inflasi tahu­nan den­gan 46 kota men­gala­mi inflasi tahu­nan yang lebih ting­gi dari inflasi nasion­al (4%).


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 31 Mei 2023

5 Kesalahan Investor Reksa Dana, Pemula Wajib Tahu Nih!

Hal­lo teman Yamin, per­nah menden­gar gak pepatah dari, “guru ter­baik itu salah sat­un­ya bela­jar dari pen­gala­man orang lain?”. Nah, bila kamu ser­ing menden­gar hal itu, artikel ini san­gat tepat sekali untuk dibaca. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 31 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Trimegah Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 29 Mei 2023

AS Gak Jadi Gagal Bayar? — Market Outlook 29 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.