Tips Investasi Reksa Dana Khusus Newbie!

12 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Inves­tasi Rek­sa Dana telah men­ja­di salah satu pil­i­han yang pop­uler bagi para pem­u­la yang ingin mem­u­lai per­jalanan mere­ka dalam men­ca­pai tujuan finan­sial­nya. Rek­sa Dana meru­pakan wadah inves­tasi yang ter­diri dari dana yang dikumpulkan dari para investor untuk diin­ves­tasikan ke dalam berba­gai instru­men keuan­gan seper­ti saham, oblig­asi, dan pasar uang. Namun, bagi pem­u­la, anal­i­sis Rek­sa Dana bisa men­ja­di tugas yang menantang.


Kare­na pada saat berin­ves­tasi, kita dian­jurkan untuk mem­per­tim­bangkan beber­a­pa hal agar per­jalanan inves­tasi kita menu­ju tujuan finan­sial dap­at berkem­bang secara efek­tif. Nah, artikel ini cocok banget buat kamu yang ingin berin­ves­tasi Rek­sa Dana tapi masih bin­gung mulainya. Yuk kita simak bersama!


Ten­tukan tujuan inves­tasi ter­lebih dahulu


Langkah per­ta­ma dalam anal­i­sis Rek­sa Dana yaitu menen­tukan tujuan inves­tasi kamu ter­lebih dahu­lu. Apakah kamu ingin meng­hasilkan pen­da­p­atan yang sta­bil, per­tum­buhan jang­ka pan­jang, atau mungkin ked­u­anya? Mene­tap­kan tujuan inves­tasi yang jelas akan mem­ban­tu memu­dahkan dalam memil­ih jenis Rek­sa Dana yang sesuai den­gan pro­fil risiko dan kebu­tuhan kamu.


Mis­al­nya, kamu memi­li­ki tujuan mem­be­li tiket konser, untuk dana pen­didikan, atau men­gadakan acara pernika­han. Kamu harus mene­tap­kan bera­pa lama esti­masi wak­tu yang dihara­p­kan untuk men­ca­pai tujuan finan­sial mu.


Paha­mi jenis-jenis Rek­sa Dana


Ter­da­p­at berba­gai jenis Rek­sa Dana yang terse­dia di aplikasi SayaKaya, seper­ti Rek­sa Dana saham, Rek­sa Dana oblig­asi, Rek­sa Dana pasar uang, Rek­sa Dana cam­pu­ran, dan Rek­sa Dana index. Mas­ing-mas­ing jenis memi­li­ki karak­ter­is­tik dan risiko yang berbeda. 


Rek­sa Dana pasar uang cocok untuk kamu yang ingin berin­ves­tasi dalam jang­ka pen­dek dan memi­li­ki risiko ren­dah. Rek­sa Dana pen­da­p­atan tetap, cocok untuk kamu yang berin­ves­tasi dalam jang­ka menen­gah dan memi­li­ki risiko ser­ta imbal hasil yang menen­gah juga. Rek­sa Dana cam­pu­ran, cocok untuk kamu yang ingin berin­ves­tasi dalam jang­ka menen­gah hing­ga jang­ka pan­jang. Kemu­di­an Rek­sa Dana saham, cocok untuk kamu yang ingin berin­ves­tasi dalam jang­ka pan­jang dan memi­li­ki poten­si tingkat risiko ser­ta imbal hasil yang tinggi.


Paha­mi den­gan baik jenis-jenis Rek­sa Dana ini dan per­tim­bangkan mana yang sesuai den­gan tujuan inves­tasi mu.


Lihat his­torikal kin­er­ja Rek­sa Dana


Salah satu langkah pent­ing dalam mem­per­tim­bangkan dan memil­ih Rek­sa Dana, kamu bisa men­ganal­i­sis den­gan cara meli­hat kin­er­ja his­toris­nya. Per­hatikan apakah Rek­sa Dana yang dip­il­ih telah tum­buh dalam beber­a­pa tahun ter­akhir. Kemu­di­an per­hatikan juga tingkat pengem­balian, volatil­i­tas, dan kon­sis­ten­si hasil inves­tasi. Sete­lah itu alter­natif anal­i­sis yang lain yaitu kamu bisa mem­band­ingkan Rek­sa Dana yang dip­il­ih den­gan indeks pasar yang rel­e­van untuk meli­hat apakah Rek­sa Dana terse­but men­gung­guli atau di bawah rata-rata pasar.


Kin­er­ja Rek­sa Dana yang sehat ter­cer­min dari per­tum­buhan jang­ka pan­jangnya. Kalau penasaran, berikut daf­tar beber­a­pa return per tahun tert­ing­gi dari tiap-tiap kat­e­gori Rek­sa Dana yang ada di Aplikasi SayaKaya:



Dis­claimer: Data di atas bukan­lah sebuah rekomen­dasi untuk mem­be­li pro­duk Rek­sa Dana ter­ten­tu, namun hanya infor­masi atau gam­baran untuk men­ganal­i­sis kin­er­ja Rek­sa Dana salah sat­un­ya den­gan cara meli­hat kin­er­janya berdasarkan besaran tingkat imbal hasil Rek­sa Dana tersebut.


Gunakan uang “din­gin”


Sisihkan seti­ap bulan dari peng­hasi­lan mu dana yang dikhususkan untuk berin­ves­tasi. Gunakan­lah uang yang memang bukan diman­faatkan untuk memenuhi kebu­tuhan sehari-hari untuk mem­i­ni­mal­isir poten­si risiko yang dap­at ter­ja­di sewaktu-waktu. 


Kamu dap­at meny­isihkan dana peng­hasi­lan­mu den­gan metode 50:30:20 atau alter­natif lain. Den­gan begi­tu, tingkat efisien­si dan efek­tiv­i­tas dalam berin­ves­tasi Rek­sa Dana untuk jang­ka wak­tu pan­jang bisa lebih berkem­bang dan hati lebih tenang.


Diver­si­fikasi porto­fo­lio Rek­sa Dana


Diver­si­fikasi artinya beragam. Tidak hanya dalam perte­m­anan saja kita dian­jurkan beragam, namun dalam hal inves­tasi juga bisa lho. Tetap diin­gat bah­wa jan­gan men­gan­dalkan satu jenis Rek­sa Dana saja. Den­gan melakukan diver­si­fikasi, kita dap­at mem­i­ni­mal­isir poten­si keru­gian dalam jang­ka panjang. 


Kamu bisa men­gom­bi­nasikan inves­tasi Rek­sa Dana terse­but dari beber­a­pa jenis. Mis­al­nya Rek­sa Dana pasar uang dan Rek­sa Dana saham, Rek­sa Dana Cam­pu­ran dan Rek­sa Dana Index. Kom­bi­nasi terse­but dap­at dic­o­cokan berdasar pro­fil risiko dan tujuan inves­tasi yang kamu miliki.


Tetap kon­sis­ten dalam berinvestasi


Kon­sis­ten­si dalam inves­tasi rek­sa dana adalah kun­ci pent­ing bagi pem­u­la untuk men­ca­pai tujuan keuan­gan jang­ka pan­jang. Den­gan melakukan inves­tasi secara kon­sis­ten, baik itu dalam jum­lah kecil atau besar, kamu berpoten­si dap­at mem­ban­gun porto­fo­lio yang kuat dan meningkatkan pelu­ang men­da­p­atkan hasil yang men­gun­tungkan. Kon­sis­ten­si juga mem­ban­tu men­gatasi kecen­derun­gan untuk ter­pen­garuh oleh fluk­tu­asi pasar jang­ka pen­dek, sehing­ga memu­ngkinkan kamu untuk tetap fokus pada tujuan jang­ka panjang.


Bila kamu masih bin­gung ingin berin­ves­tasi Rek­sa Dana di mana. Unduh dan inves­tasi sekarang yuk di SayaKaya! Jan­gan lupa ter­ap­kan beber­a­pa tips di atas ya.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 11 Mei 2023

Mau Beli Tiket Konser? Ini Tipsnya

Hal­lo teman Yamin, tak kenal maka tak Cold­play, halah! Kabar ren­cana “mang­gung” dari salah satu grup musik terke­nal di dunia Cold­play cukup menggem­parkan masyarakat Indone­sia. Bagaimana tidak, cold­play beren­cana men­gadakan konser musik di Indone­sia pada tang­gal 15 Novem­ber 2023 mendatang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 9 Mei 2023

Duel: Reksa Dana Saham vs Saham

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang masih penasaran men­ge­nai perbe­daan antara Rek­sa Dana saham dan saham? Yuk mari kita bahas bersama.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 8 Mei 2023

The FED Menaikan Tingkat Suku Bunga, Ini Dampaknya!

Halo teman Yamin! Beber­a­pa wak­tu lalu, The FED men­gadakan FOMC. FOMC kepan­jan­gan dari Fed­er­al Open Mar­ket Com­mit­tee yang meru­pakan dewan rap­at kebi­jakan bank sen­tral Ameri­ka Serikat.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.