Asetku, Diapain Ya? - SayaKaya

Kamu yang mem­ba­ca artikel ini pasti meru­pakan seo­rang investor.

Sebelum mem­u­lai, ijinkan saya berba­gi sedik­it jar­gon yang akan ser­ing kamu baca di artikel ini.

Per­tam: aset. Aset adalah selu­ruh har­ta kekayaan dan sum­ber daya yang dim­i­li­ki indi­vidu maupun perusa­haan. Dalam hal ini, kita akan bicarakan aset dalam berin­ves­tasi di pasar modal. Con­toh aset: saham, oblig­asi, unit peny­er­taan dalam reksadana.

Ked­ua: port­fo­lio inves­tasi. Kalau teman-teman peker­ja kre­atif biasanya pakai isti­lah ini untuk menun­juk kumpu­lan hasil karyanya. Kalau di inves­tasi, port­fo­lio artinya sekumpu­lan inves­tasi keuan­gan yang dim­i­li­ki sese­o­rang atau institusi.

Mari kita mulai bahas pen­gelo­laan aset.

Apapun aset yang kamu mili­ki, kumpu­lan aset inves­tasi kamu bisa dise­but seba­gai Per­son­al Invest­ment Port­fo­lio (port­fo­lio inves­tasi personal).

Bagaimana sih caranya menyusun port­fo­lio inves­tasi den­gan benar?

Selain pen­gelom­pokkan berdasarkan jang­ka wak­tu inves­tasi (invest­ment time­frame) ‑yang per­nah kita bahas sebelum­nya- secara umum kita sebe­narnya pun­ya tujuan uta­ma dalam pen­gelo­laan inves­tasi prib­a­di kita. 

Tujuan uta­ma kita adalah untuk memil­ih dan men­gelo­la kom­po­sisi kelas aset dalam suatu port­fo­lio untuk men­ca­pai tujuan keuan­gan. Jadi, apapun itu inves­tasi kita, tujuan kita adalah untuk men­ca­pai suatu tujuan keuangan/hidup ter­ten­tu yang bisa kita raih den­gan dana yang sudah kita kembangkan.

Pemil­i­han­nya bagaimana? Idenya seder­hana aja sebe­narnya. Kita mau mil­ih inves­tasi yang return-nya pal­ing ting­gi den­gan tingkat risiko yang pal­ing min­im. Max­i­mum gain, min­i­mum risk!

Dalam pros­es­nya, semua pemil­i­han isi port­fo­lio kita ide­al­nya dis­esuaikan den­gan modal, tujuan inves­tasi, time­frame/jangka wak­tu inves­tasi, dan pro­fil risiko.

Kalo dianalogikan, ibarat­nya kalo kita mau libu­ran, kita kan mil­ih des­ti­nasi libu­ran dan naik pesawat yah untuk menu­ju kesana.

Pen­gelo­laan port­fo­lio inves­tasi juga mirip seper­ti itu, tujuan keuan­gan kita ibarat des­ti­nasi pesawat, dan tugas kita seba­gai pen­gelo­la maska­pai untuk menen­tukan tar­get opti­mal penumpang dan kar­go tan­pa mem­ba­hayakan penumpang dan pesawat kare­na over­load.

Lalu, kita juga harus menen­tukan gaya dan strate­gi inves­tasi kita sesuai den­gan pro­fil risiko, fase hidup, dan tingkat pen­da­p­atan kita. Port­fo­lio kita seder­hana saja, yang pent­ing sesuai den­gan kebu­tuhan kita, dan jan­gan lupa juga ya untuk review secara berkala keselu­ruhan port­fo­lio inves­tasi kita agar tetap sesuai den­gan goals hidup kita!

Gambar Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

26/11/2022 Read more
Gambar Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

25/11/2022 Read more
Gambar Jessica Berbicara

Jessica Berbicara

25/11/2022 Read more
Sayakaya Logo
Copyright ©2022 Landing page
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10250
phone 021-2526985
email hi@sayakaya.id