Asetku, Diapain Ya?

21 September 2021 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Kamu yang mem­ba­ca artikel ini pasti meru­pakan seo­rang investor.


Sebelum mem­u­lai, ijinkan saya berba­gi sedik­it jar­gon yang akan ser­ing kamu baca di artikel ini.


Per­tam: aset. Aset adalah selu­ruh har­ta kekayaan dan sum­ber daya yang dim­i­li­ki indi­vidu maupun perusa­haan. Dalam hal ini, kita akan bicarakan aset dalam berin­ves­tasi di pasar modal. Con­toh aset: saham, oblig­asi, unit peny­er­taan dalam reksadana.


Ked­ua: port­fo­lio inves­tasi. Kalau teman-teman peker­ja kre­atif biasanya pakai isti­lah ini untuk menun­juk kumpu­lan hasil karyanya. Kalau di inves­tasi, port­fo­lio artinya sekumpu­lan inves­tasi keuan­gan yang dim­i­li­ki sese­o­rang atau institusi.


Mari kita mulai bahas pen­gelo­laan aset.


Apapun aset yang kamu mili­ki, kumpu­lan aset inves­tasi kamu bisa dise­but seba­gai Per­son­al Invest­ment Port­fo­lio (port­fo­lio inves­tasi personal).


Bagaimana sih caranya menyusun port­fo­lio inves­tasi den­gan benar?


Selain pen­gelom­pokkan berdasarkan jang­ka wak­tu inves­tasi (invest­ment time­frame) ‑yang per­nah kita bahas sebelum­nya- secara umum kita sebe­narnya pun­ya tujuan uta­ma dalam pen­gelo­laan inves­tasi prib­a­di kita. 


Tujuan uta­ma kita adalah untuk memil­ih dan men­gelo­la kom­po­sisi kelas aset dalam suatu port­fo­lio untuk men­ca­pai tujuan keuan­gan. Jadi, apapun itu inves­tasi kita, tujuan kita adalah untuk men­ca­pai suatu tujuan keuangan/hidup ter­ten­tu yang bisa kita raih den­gan dana yang sudah kita kembangkan.


Pemil­i­han­nya bagaimana? Idenya seder­hana aja sebe­narnya. Kita mau mil­ih inves­tasi yang return-nya pal­ing ting­gi den­gan tingkat risiko yang pal­ing min­im. Max­i­mum gain, min­i­mum risk!


Dalam pros­es­nya, semua pemil­i­han isi port­fo­lio kita ide­al­nya dis­esuaikan den­gan modal, tujuan inves­tasi, time­frame/jangka wak­tu inves­tasi, dan pro­fil risiko.


Kalo dianalogikan, ibarat­nya kalo kita mau libu­ran, kita kan mil­ih des­ti­nasi libu­ran dan naik pesawat yah untuk menu­ju kesana.


Pen­gelo­laan port­fo­lio inves­tasi juga mirip seper­ti itu, tujuan keuan­gan kita ibarat des­ti­nasi pesawat, dan tugas kita seba­gai pen­gelo­la maska­pai untuk menen­tukan tar­get opti­mal penumpang dan kar­go tan­pa mem­ba­hayakan penumpang dan pesawat kare­na over­load.


Lalu, kita juga harus menen­tukan gaya dan strate­gi inves­tasi kita sesuai den­gan pro­fil risiko, fase hidup, dan tingkat pen­da­p­atan kita. Port­fo­lio kita seder­hana saja, yang pent­ing sesuai den­gan kebu­tuhan kita, dan jan­gan lupa juga ya untuk review secara berkala keselu­ruhan port­fo­lio inves­tasi kita agar tetap sesuai den­gan goals hidup kita!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 20 September 2021

Bisa Masuk, Gak Bisa Keluar?

Dari jaman SD, ada dua hal ten­tang keuan­gan yang selalu dia­jarkan oleh guru dan orang tua kita:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 September 2021

Inflasi: Diam Diam Gerus Uang

Sia­pa yang nggak per­nah makan Indomie? Selain anak-anak yang tidak diper­bolehkan makan Indomie oleh orang tuanya, saya rasa ham­pir semua orang Indone­sia per­nah makan mie instan yang satu ini. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 4 Agustus 2021

Reksa Dana, Buy or Bye?

Akhir-akhir ini banyak banget yang ser­ing bertanya, “Baiknya beli rek­sa dana atau lang­sung main saham ya, Ci?”

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.