Inflasi: Diam Diam Gerus Uang

20 September 2021 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Sia­pa yang nggak per­nah makan Indomie? Selain anak-anak yang tidak diper­bolehkan makan Indomie oleh orang tuanya, saya rasa ham­pir semua orang Indone­sia per­nah makan mie instan yang satu ini. 


Nah, saya ingat keti­ka saya masih rema­ja di tahun 2006–2007, sebungkus Indomie itu har­ganya sek­i­tar Rp 600 di salah satu super­mar­ket yang saya ser­ing kun­jun­gi sepu­lang sekolah. 


Per hari ini, har­ganya sudah Rp 2.200 di kebanyakan toko retail. Di beber­a­pa super­mar­ket bahkan har­ganya bisa men­ca­pai Rp 2.800 — Rp 3.000. 


Ya, har­ganya naik ham­pir 3.5x lipat dalam 12 tahun! Lumayan fan­tastis ya. 


Nah, ini adalah salah satu con­toh nya­ta dari inflasi. Singkat­nya, inflasi adalah kecen­derun­gan kenaikan har­ga barang dan jasa ter­ten­tu dalam suatu kurun waktu. 


Gimana sih cara kita untuk melawan inflasi? Salah sat­un­ya adalah den­gan menabung dan berin­ves­tasi. Nabung aja, nggak cukup lho! Coba deh kamu per­hati­in, rata-rata bun­ga tabun­gan di bank itu cuma 1.5% — 2%. Jarang ada bank yang mam­pu untuk mem­berikan lebih. Depos­i­to aja sekarang rata-rata bun­ganya hanya 3.25%.


Kalau bun­ga bank aja nggak cukup, artinya kita harus men­cari cara meningkatkan nilai uang kita agar nilainya bisa men­galahkan inflasi. Inves­tasi adalah jawa­ban­nya. Inves­tasi bisa mem­berikan imbal hasil (return) lebih ting­gi diband­ingkan inflasi.


Salah satu alter­natif tabun­gan yang bisa dilirik adalah rek­sa dana pasar uang. Den­gan imbal hasil rata-rata di atas bun­ga depos­i­to, seti­daknya keti­ka kita menaruh kas dan setara kas kita di rek­sa dana pasar uang, nilai uang kita tidak tergerus oleh inflasi.


Selain dari itu, kita juga bisa melirik oblig­asi negara dan rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, kare­na imbal hasil­nya juga lumayan lho untuk kita coba.


Nah, jan­gan sam­pai uang kamu tergerus nilainya oleh inflasi ya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
CEO Insight 4 Agustus 2021

Reksa Dana, Buy or Bye?

Akhir-akhir ini banyak banget yang ser­ing bertanya, “Baiknya beli rek­sa dana atau lang­sung main saham ya, Ci?”

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 27 Juli 2021

Jalan Ninja Menuju Mimpi

(This is Your Life... Own It!)

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 Juli 2021

Karunia Ketidaksempurnaan

Di satu WAG (What­sapp Group) geng teman-teman eks bankir, ada yang nyele­tuk bilang bah­wa di era Covid ini, kita bukan cuma susah dan senang bersama, tapi juga bin­gung bersama

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.