Reksa Dana, Buy or Bye?

4 Agustus 2021 Ditulis oleh Jessica Wijaya
Featured

Akhir-akhir ini banyak banget yang ser­ing bertanya, “Baiknya beli rek­sa dana atau lang­sung main saham ya, Ci?”


Sebelum bisa men­jawab per­tanyaan terse­but, ada baiknya kita kenal lebih jauh yuk, apa sih rek­sa dana itu sebenarnya?


Rek­sa dana adalah wadah untuk mengumpulkan atau menghim­pun dana dari masyarakat, di mana dananya akan diin­ves­tasikan dan dikelo­la oleh man­a­jer inves­tasi pro­fe­sion­al yang terdaf­tar di OJK. Nah, dalam memil­ih man­a­jer inves­tasi, per­ta­ma-tama ten­tu saja kita harus pastikan man­a­jer inves­tasinya terdaf­tar di OJK.


Yang ked­ua, rek­sa dana itu jenis­nya banyak banget, dan bisa memenuhi kebu­tuhan berbe­da juga! Secara garis besar ada empat jenis rek­sa dana berdasarkan man­dat kelas aset­nya. Ada rek­sa dana saham, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, rek­sa dana cam­pu­ran, dan rek­sa dana pasar uang.


Keem­pat rek­sa dana ini memi­li­ki kegu­naan yang berbe­da sesuai den­gan kebu­tuhan inves­tasi kita, kare­na kelas aset yang terkan­dung di dalam seti­ap rek­sa dana juga berbeda.


Mis­al­nya untuk rek­sa dana saham, maka pen­em­patan efek may­ori­tas­nya diharuskan bera­da pada efek saham. Untuk rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, maka pen­em­patan efek may­ori­tas­nya diharuskan bera­da pada efek oblig­asi. Untuk rek­sa dana pasar uang, maka pen­em­patan efek may­ori­tas­nya diharuskan bera­da pada efek pasar uang dan oblig­asi yang jatuh tem­ponya di bawah 1 tahun. Sedan­gkan rek­sa dana cam­pu­ran sifat­nya lebih flek­si­bel, bisa men­em­patkan dananya pada keti­ga efek di atas.


Menu­rut saya, rek­sa dana pasar uang cocok untuk kamu yang memi­li­ki pro­fil risiko kon­ser­vatif, baru mem­u­lai men­co­ba inves­tasi, atau per­lu kebu­tuhan likuid­i­tas yang ting­gi. Rek­sa dana pasar uang ini rata-rata cen­derung memi­li­ki risiko yang ren­dah dan bisa ditarik kapan saja tan­pa harus mem­pen­garuhi kin­er­janya. Jadi ini cocok buat tem­pat kamu menaruh dana daru­rat, atau kebu­tuhan yang akan dipakai dalam jang­ka wak­tu dekat tertentu. 


Rek­sa dana pen­da­p­atan tetap cocok untuk kamu yang ingin men­da­p­atkan imbal hasil yang lebih ting­gi dari­pa­da rek­sa dana pasar uang, namun den­gan risiko yang relatif ren­dah diband­ingkan rek­sa dana saham. Jenis rek­sa dana pen­da­p­atan tetap juga ada dua jenis, yaitu rek­sa dana pen­da­p­atan tetap yang meni­tik­ber­atkan di gov­ern­ment bonds/obligasi pemer­in­tah dan rek­sa dana pen­da­p­atan tetap yang meni­tik­ber­atkan di cor­po­rate bonds/obligasi kor­po­rasi. Nan­ti di blog selan­jut­nya kita akan bahas ini ya. 


Selan­jut­nya, rek­sa dana saham. Nah, rek­sa dana saham ini cocok untuk kamu yang memi­li­ki hori­zon inves­tasi yang pan­jang, kare­na nature dari efek saham yang lebih opti­mal digu­nakan seba­gai inves­tasi jang­ka panjang.


Selan­jut­nya sete­lah menge­tahui jenis rek­sa dana apa yang cocok untuk tujuan inves­tasi kamu, kita akan bahas men­ge­nai cara memil­ih rek­sa dana untuk diin­ves­tasikan. Apa saja sih yang harus diper­hatikan dan para­me­ternya apa aja ya? Ditung­gu ya blog berikutnya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 27 Juli 2021

Jalan Ninja Menuju Mimpi

(This is Your Life... Own It!)

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 Juli 2021

Karunia Ketidaksempurnaan

Di satu WAG (What­sapp Group) geng teman-teman eks bankir, ada yang nyele­tuk bilang bah­wa di era Covid ini, kita bukan cuma susah dan senang bersama, tapi juga bin­gung bersama

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 5 Juli 2021

It’s the Climb, Champ!

Rabu ming­gu lalu, saya sem­patkan non­ton acara IG Live. Kali ini top­iknya bukan ten­tang inves­tasi melainkan perbin­can­gan seru sep­utar gowes oleh tiga orang istime­wa: Ori­ana Titi­s­ari dari Sucor Asset Man­age­ment, Adri­anus Bias — bos riset Sucor Seku­ri­tas, dan bin­tang tamun­ya John Boemihardjo. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.