Bisa Masuk, Gak Bisa Keluar?

20 September 2021 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Dari jaman SD, ada dua hal ten­tang keuan­gan yang selalu dia­jarkan oleh guru dan orang tua kita:


1. Jan­gan besar pasak dari­pa­da tiang,


2. Harus selalu menabung. Apakah ini cukup?


Menu­rutku, per­masala­han banyak orang yang aku lihat teruta­ma sete­lah memi­li­ki pema­sukan yang besar adalah, mere­ka bisa pun­ya pen­da­p­atan tapi nggak per­nah bela­jar bagaimana cara untuk spend­ing mon­ey atau meng­gu­nakan uang. Aki­bat­nya apa? Nggak jarang orang-orang ini men­gelu­arkan uang melebi­hi pen­da­p­atan yang mere­ka mili­ki, walaupun pen­da­p­atan yang mere­ka mili­ki sebe­narnya cukup besar.


Kare­na itu, hari ini aku mau men­co­ba mem­ba­has sedik­it men­ge­nai the art of spend­ing!


Back­ground ya, aku bukan orang yang dari sananya suka berhe­mat. Pada dasarnya aku cukup impul­sif, teruta­ma sebelum aku menikah. Pun­ya gaji lumayan, ger­cep beli tas dan sep­a­tu. Dapet bonus, jan­gan lupa hoard­ing make­up dan skin­care! Apa aki­bat­nya? Ya sisanya nggak banyak yang aku bisa sisakan untuk inves­tasi. Apala­gi aku cukup berun­tung kare­na masih ting­gal di rumah orang tua dan bisa pakai mobil mere­ka. Lengkap deh, nggak per­nah bela­jar bagaimana bertang­gung jawab.


Sete­lah nikah, nggak mungkin kan aku terus-menerus begi­tu. Mulai deh bela­jar gimana sih baiknya meny­isihkan uang untuk inves­tasi, untuk ditabung, dan seterus­nya. Oh how I wish some­one had taught me this in high school! Jadinya aku nggak buang-buang wak­tu foya-foya nggak jelas, hehehe.


Ser­ingkali keti­ka kita hidup berdasarkan bud­get ter­ten­tu, kita merasa hidup kok sem­pit banget yah rasanya, cuma nabung mulu. Dan ini mungkin ter­pak­sa dilakukan oleh beber­a­pa orang teruta­ma yang pen­da­p­atan­nya cuma cukup untuk kebu­tuhan dasar aja. Tapi sebe­narnya kalau kita mena­ta sedik­it bud­get spend­ing atau anggaran pen­gelu­aran kita, kita bisa kok hidup lebih lega.


Jadi buat aku, alokasi spend­ing aku bagi men­ja­di 5 bagian:


  1. Fixed costs, ini yang wajib banget kamu anggarkan di awal. Pos ini dipe­run­tukkan kebu­tuhan pokok dan kewa­jiban kamu yang sifat­nya pasti. Con­tohnya: cicilan, bayar kosan, bayar listrik, biaya hidup (makan, belan­ja sayur), pul­sa yang wajib, ini semua kamu bisa masukin dalam pos ini dan diba­gi-bagi lagi sesuai den­gan perun­tukan dan jad­w­al pembayaran.
  2. Self Improve­ment and Goals, ini pos untuk spend­ing yang kamu anggarkan di kemu­di­an hari, mis­al­nya mau lan­jutkan seko­lah, ikut ser­ti­fikasi, libu­ran, DP rumah. Ini kamu bisa opti­malkan den­gan taruh dananya di RDPT/RDPU, dan kalau jang­ka wak­tun­ya sedik­it lebih pan­jang, bisa taruh seba­gian juga di bal­anced fund.
  3. Invest­ment, ini pos inves­tasi jang­ka pan­jang kamu, alias port­fo­lio investasi.
  4. Con­scious spend­ing, Nah, ini dia pos spend­ing kamu untuk hal-hal yang kamu pas­sion­ate in, cin­tai, dan merasa bah­wa hal-hal ini bisa mem­bu­at hidup kamu lebih “ful­filled” dan sparks joy! Pent­ing kita mili­ki agar kita nggak merasa burn out, kare­na burn out biasanya efeknya lebih cilaka.
  5. Char­i­ty, atau donasi. Ini bisa banget kita coba sisakan seba­gian dari pen­da­p­atan kamu untuk donasi dan mem­ban­tu sek­i­tar. Den­gan berba­gi, kita mem­beri ruang untuk hal-hal baik untuk datang lagi ke kita.

Sekian tips pen­gelu­aran dari Sayakaya. Sela­mat men­co­ba ya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 20 September 2021

Inflasi: Diam Diam Gerus Uang

Sia­pa yang nggak per­nah makan Indomie? Selain anak-anak yang tidak diper­bolehkan makan Indomie oleh orang tuanya, saya rasa ham­pir semua orang Indone­sia per­nah makan mie instan yang satu ini. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 4 Agustus 2021

Reksa Dana, Buy or Bye?

Akhir-akhir ini banyak banget yang ser­ing bertanya, “Baiknya beli rek­sa dana atau lang­sung main saham ya, Ci?”

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 27 Juli 2021

Jalan Ninja Menuju Mimpi

(This is Your Life... Own It!)

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.