Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Money Market Fund

23 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Sucorinvest Asset Management terlebih dahulu. Mari disimak bersama ya!


Sucorinvest Asset Management


Sucorinvest Asset Management berdiri sejak 1997, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan izin dari BAPEPAM & LK No.Kep-01/PM/MI/1999 tertanggal 1 Juni 1999, dan mengelola sejumlah reksa dana yang memenangkan banyak penghargaan di dalam dan luar negeri.


Sepanjang tahun 2022 Sucorinvest Asset Management telah menerima berbagai penghargaan yaitu sebagai Asset Management Company of the Year Indonesia 2022 dari The Asset Triple A Sustainable Investing Award 2022 dan Asset Management Company of the year South East Asia & Asset Management Company of the year Indonesia dari Global Banking & Finance Awards 2022.


Didukung tim yang berpengalaman, kinerja reksa dana yang baik dan konsiten telah mendorong perusahaan bertumbuh pesat. Per akhir Oktober 2023, Sucor Asset Management membukukan dana kelolaan lebih dari Rp23.79 Triliun.


A. Reksa Dana Pasar Uang


Reksa dana yang ingin kita kulik kali ini masuk dalam kategori reksa dana pasar uang yaitu reksa dana Sucorinvest Money Market Fund (SMMF). Berikut merupakan beberapa produk reksa dana pasar uang yang ada di aplikasi SayaKaya:


SMMF.png


Reksa dana Sucorinvest Money Market Fund merupakan reksa dana pasar uang yang memiliki dana kelolaan tertinggi dibanding top 3 reksa dana pasar uang lainnya.


Reksa dana Sucorinvest Money Market Fund juga masuk dalam kategori reksa dana aktif. Reksa dana aktif merupakan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara aktif dan melakukan pembelian serta penjualan aset dalam portofolio reksa dana. Tujuannya adalah untuk menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada indeks acuan atau benchmark.


B. Alokasi Aset


Kulik Reksa Dana (4).png


Pada produk Sucorinvest Money Market Fund, alokasi aset dibagi menjadi Obligasi &/ Sukuk Korporasi (dgn. jangka waktu <= 1thn &/ sisa jatuh tempo <= 1 thn) sebesar 85.05% dan Deposito dan Setara Kas sebesar 14.92%. Adapun Top Holdings yang terdapat pada aset alokasi reksa dana Sucorinvest Money Market Fund yaitu:


1. Sukuk SIBMTR04ACN1 (4.97%)


2. Sukuk SIBALI01CN2 (4.95%)


3. Obligasi SMAR03BCN2 (5.09%)


4. Sukuk SMMFIN01ACN3 (5.27%)


5. Obligasi WISL02A (6.08%)


6. Sukuk SMOPPM02A (4.94%)


7. Obligasi BMTR04ACN1 (5.15%)


8. TD PT BANK VICTORIA INTERNATIONAL Tbk (8.72%)


9. Obligasi VOKS01CN1 (6.02%)


10. TD PT BANK MNC INTERNASIONAL Tbk (9.84%)


Adanya komposisi yang besar dalam kategori obligasi/sukuk pada produk reksa dana tersebut membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan pergerakan tingkat suku bunga yang sedang terjadi dan berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


C. Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


SMMF compare.png


Sumber: pasardana.id


Bila kita melihat data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Money Market Fund memiliki pergerakan yang stabil dan terus bertumbuh. Selain itu pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Money Market Fund berada di atas dari kinerja benchmarknya dalam satu (1) tahun ke belakang.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”


Berdasarkan data tersebut, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana pasar uang dan diinvestasikan dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun atau sebagai alternatif dana darurat.


Namun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan rencana dan profil risiko investasi mu. Setelah kamu merencanakan dan mengetahui profil risiko, saatnya mulai berinvestasi.


Bila masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait reksa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 23 November 2023

Wih, Prajogo Pangestu Menyalip Low Tuck Kwong dan Jadi Orang Terkaya di Indonesia!

Halo teman Yamin! Beberapa waktu terakhir di antara kalian pasti sempat mendengar berita yang heboh ini. Jadi, tokoh yang bernama Prajogo Pangestu telah menyalip Low Tuck Kwong dari segi kekayaannya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 23 November 2023

6 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Reksa Dana Pilihan

Halo teman Yamin! Salah satu instrumen investasi yang bisa jadi pertimbangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan kamu yaitu reksa dana. Reksa dana merupakan instrumen investasi yang dapat memberikan potensi keuntungan dalam jangka panjang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 22 November 2023

Rahasia Mendidik Anak di Era Modern: 8 Tips Parenting yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Halo teman Yamin! Di tengah dinamika kehidupan modern, tantangan mendidik anak rasanya semakin kompleks. Banyak orang tua berlomba-lomba menerapkan berbagai metode, terkadang sampai merasa bingung dan terlalu fokus pada metode-metode umum yang sering didengar.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.