Market Research 23 Desember 2022: Window Dressing?

26 Desember 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Sep­a­n­jang Desem­ber, asing telah men­jual IDR 15,48 tril­i­un di pasar saham, sehing­ga menekan poten­si ter­jadinya Win­dow Dress­ing ser­ta men­ja­di bulan Desem­ber per­ta­ma den­gan return yang negatif. Hal ini men­dorong beragam man­a­jer inves­tasi untuk men­golek­si saham yang sedang menu­run, ser­ta berin­ves­tasi pada oblig­asi mengin­gat adanya poten­si lan­ju­tan kenaikan suku bun­ga ser­ta diver­si­fikasi. Di AS, man­a­jer inves­tasi melakukan rebal­anc­ing seni­lai USD 100 mil­iar dari saham ke oblig­asi. Pada ming­gu keti­ga di bulan Desem­ber, berikut mar­ket updates dari domestik dan global:


Bank Indone­sia menaikkan suku bun­ga sebe­sar 25 bps men­ja­di 5,5% untuk melan­jutkan langkah for­ward look­ing, front-loaded, dan pre-emp­tive, ser­ta sesuai den­gan ekspek­tasi kon­sen­sus. Langkah ini men­ja­di upaya untuk men­ja­ga ekspek­tasi dan lev­el dari inflasi.


Per­putaran uang pada akhir tahun akan meningkat kare­na banyak peker­ja yang men­da­p­atkan bonus untuk dibelan­jakan, sehing­ga men­dorong per­tum­buhan dalam jang­ka pen­dek. Ten­tun­ya, aksi terse­but dap­at memicu inflasi pada awal tahun 2023.


Kenaikan cukai rokok mulai dit­er­ap­kan pada 1 Jan­u­ari 2023, den­gan kenaikan rata-rata sebe­sar 10% untuk sigaret, 5% untuk sigaret kretek tan­gan, dan 15% untuk rokok elektrik.


Per­bankan besar seper­ti BCA dan Him­bara mulai meng­in­car pem­bi­ayaan hijau. Selain itu, penyalu­ran kred­it juga difokuskan ke UMKM yang beror­i­en­tasi ekspor untuk men­dorong kin­er­ja ekspor Indone­sia sekali­gus men­dorong upaya dig­i­tal­isasi pros­es bisnis.


Ner­a­ca dagang Indone­sia berhasil melan­jutkan rekor posi­tif pada bulan Novem­ber 2022, namun berpoten­si melemah untuk kede­pan­nya aki­bat kon­trak­si secara glob­al, indeks man­u­fak­tur yang menu­run, dan menu­run­nya har­ga komod­i­tas. Hal ini juga menekan proyek­si per­tum­buhan ekono­mi Indonesia.


Den­gan poten­si resesi, USD dap­at dijadikan seba­gai aset safe haven (men­gala­mi kenaikan nilai di ten­gah keti­dak­pas­t­ian), dan mata uang lain cen­derung melemah.


Berba­gai bank sen­tral masih menaikkan suku bun­ga untuk melawan inflasi, seper­ti Ing­gris, Fil­ip­ina, Mek­siko, dan Korea. Swiss diproyek­si mengiku­ti bank sen­tral lainnya.


Lon­jakan kasus COVID-19 di Chi­na menye­babkan tingkat keper­cayaan bis­nis menu­run ke lev­el teren­dah sejak Jan­u­ari 2013.


Pemer­in­tah Chi­na mem­berikan dukun­gan seni­lai CNY 1 tril­i­un (setara USD 143 mil­iar) bagi indus­tri semi-kon­duk­tor untuk doron­gan pro­duk­si dan penelit­ian ser­ta melawan AS yang ingin meng­ham­bat perkem­ban­gan teknologi.


Melalui Kon­fer­en­si Ker­ja Ekono­mi Pusat, Chi­na mem­ba­has pem­ber­ian stim­u­lus pada tahun 2023 ser­ta agen­da perekono­mi­an lain­nya, seper­ti anggaran belan­ja dan pro­gram pemerintah.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 26 Desember 2022

How much is too much?

Keter­tarikan saya ter­hadap sep­ak bola sebe­narnya cukup netral, namun keti­ka final Argenti­na melawan Pran­cis, saya tidak bisa tidur nyenyak pada malam itu kare­na menge­tahui Mes­si dan Mbappé–dua pemain sak­ti yang juga satu klub–akan bertarung mem­pere­butkan piala emas bergengsi ting­gi. Dua gol per­ta­ma dic­etak oleh Argenti­na, pikir saya, “Harus­nya mudah bagi Argenti­na atau Mes­si untuk menc­etak skor keti­ganya?”. Pasti semua fans Argenti­na merasa keme­nan­gan sudah di tan­gan para fans. Hing­ga… keadaan berba­lik men­ja­di seim­bang. Bayangkan, Mbap­pé melakukan gol dua kali dalam wak­tu kurang dari 1 menit! Dunia pasti terke­jut, ked­ua fans pun pasti deg-degan. Pikir saya, harus­nya mudah bagi Argenti­na menga­mankan posisinya den­gan gol keti­ga sete­lah menc­etak dua gol secara berun­tun. Namun, dilu­ar dugaan, saya baru dis­adark­an kem­bali oleh kemam­puan Mbap­pé yang lihai, patut men­ja­di salah satu pemain ter­ma­hal di dunia. Saya pun berpikir kem­bali, seharus­nya mudah bagi Pran­cis atau Mbap­pé untuk menc­etak skor keti­ga. Terny­a­ta, per­tandin­gan dilan­jutkan ke babak per­pan­jan­gan wak­tu. Gol keti­ga akhirnya dic­etak oleh Mes­si. Wah, fans Argenti­na pasti bisa tidur nyenyak malam ini. Tiba-tiba, Mbap­pé menun­jukkan kepi­awa­ian­nya lagi, menye­im­bangkan skor Pran­cis den­gan Argenti­na. Wah, walaupun sudah menc­etak gol secara berun­tun dan berkali-kali, tidak mudah juga rupa­nya bagi mere­ka yang sudah lama bertarung di lapan­gan hijau untuk men­ja­ga kon­sis­ten­si tersebut.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 23 Desember 2022

ESG Investing: Gain From Sustainability

Strate­gi inves­tasi berba­sis ESG atau impact invest­ing men­ja­di tren yang berkem­bang secara sig­nifikan. Keber­lan­ju­tan dan ekono­mi hijau men­ja­di kesadaran bagi para pelaku usa­ha dan pasar modal, baik secara domestik maupun glob­al. Seir­ing berkem­bangnya jum­lah investor, maka inves­tasi berba­sis keber­lan­ju­tan juga semakin umum dit­er­ap­kan oleh retail maupun fund man­agers. Lalu, apa yang men­jadikan ESG seba­gai salah satu fak­tor dalam berinvestasi?

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 23 Desember 2022

Market Research 20 Desember 2022: Worst is yet to come

Imbas penu­runan har­ga aki­bat pan­ic sell­ing dan risk-off sen­ti­ment pada negara berkem­bang, peta kap­i­tal­isasi pasar di Indone­sia berubah, sehing­ga emiten big caps peng­ger­ak indeks men­ja­di menarik, teruta­ma sek­tor ener­gi dan per­tam­ban­gan yang men­jalankan berba­gai aksi ekspan­sif. Untuk men­dukung daya tahan ekono­mi dan men­dorong tingkat per­mintaan, Indone­sia dini­lai mem­bu­tuhkan nor­mal­isasi fiskal, sedan­gkan saat ini AS men­gala­mi defisit anggaran yang lebih besar. Pada ming­gu keti­ga di bulan Desem­ber 2022, berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik maupun global:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.