Market Research 30 Desember 2022: Mixed Economy Condition

2 Januari 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Poten­si pen­cabu­tan PPKM di Indone­sia men­ja­di katal­is posi­tif untuk perekono­mi­an Indone­sia. Bersamaan den­gan tahun poli­tik dan insen­tif akhir tahun, kon­sum­si domestik yang menyum­bang hing­ga 50% dari GDP Indone­sia diperki­rakan meningkat dan men­dorong pener­i­maan PPN dalam negeri. Namun, ini dap­at memicu inflasi pada jang­ka pen­dek. Bank Indone­sia pun mere­spon kebi­jakan Fed den­gan menaikkan suku bun­ga sebe­sar 25 bps untuk men­ja­ga poten­si per­tum­buhan dan likuid­i­tas ekono­mi. Selain itu, kenaikan yang lebih kecil bertu­juan untuk men­cip­takan kelelu­asaan dalam mere­spon poten­si agre­siv­i­tas kenaikan suku bun­ga oleh Fed. Ter­lepas dari kenaikan suku bun­ga, KPR dan KKB masih bertum­buh den­gan meningkat­nya per­mintaan dan pen­da­p­atan masyarakat. Menu­tupi tahun 2022, berikut meru­pakan mar­ket updates domestik dan global:


Pemer­in­tah menghen­tikan ekspor bauk­sit men­tah mulai Juni 2023 untuk mem­perku­at pro­tek­si indus­tri min­er­al. Pener­i­maan negara, devisa, dan lapan­gan ker­ja diproyek­sikan akan meningkat. 


Sub­si­di pem­be­lian kendaraan listrik semakin terang, den­gan mobil listrik sebe­sar Rp80 juta, dan mobil hib­ri­da sebe­sar Rp40 juta, sehing­ga dap­at men­ja­di doron­gan untuk pro­dusen dan inve­storEV. Sedan­gkan, sub­si­di motor listrik hanya sebe­sar Rp8 juta, dan motor listrik kon­ver­si sebe­sar Rp5 juta.


Bank Indone­sia men­dorong kred­it untuk sek­tor slow growth dan KUR (kred­it usa­ha raky­at). Bank yang menyalurkan kred­it untuk usa­ha raky­at, UMKM, dan ekono­mi keuan­gan hijau akan men­da­p­atkan insen­tif beru­pa penu­runan giro wajib min­i­mum. Per­bankan juga akan semakin hati-hati dalam menyalurkan kredit. 


Bank Indone­sia ten­gah menyi­ap­kan insen­tif beru­pa suku bun­ga ting­gi bagi eksportir yang men­em­patkan dana hasil ekspor (DHE) di Indone­sia. Nan­ti­nya, DHE yang mene­tap di Indone­sia dap­at men­dorong pasokan valas dan nilai tukar.


AS men­dukung langkah Ukraina dalam men­cabut keang­gotaan Rusia dalam Dewan Kea­manan PBB. Namun, langkah ini dini­lai meng­han­curkan per­sat­u­an PBB dan men­dorong poten­si ter­jadinya perang dunia. 


Kon­trak­si ekono­mi negara besar masih berpoten­si ter­ja­di den­gan kon­trak­tifnya kebi­jakan mon­eter. AS diperki­rakan akan men­gala­mi dou­ble dip reces­sion, yaitu resesi yang diiku­ti den­gan recov­ery kecil, lalu diiku­ti kem­bali den­gan resesi. Oblig­asi masih men­ja­di aset yang menarik den­gan poten­si penu­runan suku bunga.


Peng­ha­pu­san syarat karan­ti­na turis Chi­na men­dorong sen­ti­men posi­tif bagi negara mitra dagangnya. Ter­lebih lagi, Chi­na dan Hong Kong kem­bali mem­bu­ka batasan daratan yang telah ditut­up sela­ma 3 tahun. Pem­bukaan ini dap­at men­dorong GDP Chi­na dan pen­guatan pada beber­a­pa mata uang. 


Tekanan pada komod­i­tas logam dap­at berlan­jut hing­ga tahun depan kare­na pen­gen­dalian COVID-19 di Chi­na yang masih belum lan­car. Har­ga logam dap­at dipan­dang seba­gai indika­tor uta­ma kese­hatan ekonomi.


Ing­gris semakin berpoten­si men­gala­mi resesi, den­gan melemah­nya daya beli dan pro­duk­si man­u­fak­tur. Per­lam­bat­an pada ekono­mi juga dise­babkan oleh tata kelo­la ekono­mi yang belum sta­bil pas­ca Brex­it, sehing­ga men­dorong kenaikan pajak yang lebih ting­gi untuk men­danai pelayanan publik.


Walaupun Rusia ter­bu­ka untuk perundin­gan, kete­gan­gan antara Korea Utara den­gan Korea Sela­tan, dan Chi­na den­gan Tai­wan semakin mem­anas, menim­bulkan risiko geopoli­tik baru.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
CEO Insight 2 Januari 2023

A December to Remember

Akhir tahun selalu men­ja­di kenan­gan tersendiri, ter­ma­suk bagi saya. Kare­na mendekati akhir tahun, pusat per­be­lan­jaan dihi­asi den­gan deko­rasi natal dan tahun baru, menyam­but seman­gat dan lem­baran baru. Tidak hanya masyarakat Indone­sia, selu­ruh negara juga bersama-sama mer­ayakan suasana natal. Anak-anak sedang menung­gu kedatan­gan kado spe­sial yang dibawakan oleh san­ta claus. Sayangnya, dia tidak mem­berikan hadi­ah bagi anak-anak yang nakal (naughty list). 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 Desember 2022

Market Research 23 Desember 2022: Window Dressing?

Sep­a­n­jang Desem­ber, asing telah men­jual IDR 15,48 tril­i­un di pasar saham, sehing­ga menekan poten­si ter­jadinya Win­dow Dress­ing ser­ta men­ja­di bulan Desem­ber per­ta­ma den­gan return yang negatif. Hal ini men­dorong beragam man­a­jer inves­tasi untuk men­golek­si saham yang sedang menu­run, ser­ta berin­ves­tasi pada oblig­asi mengin­gat adanya poten­si lan­ju­tan kenaikan suku bun­ga ser­ta diver­si­fikasi. Di AS, man­a­jer inves­tasi melakukan rebal­anc­ing seni­lai USD 100 mil­iar dari saham ke oblig­asi. Pada ming­gu keti­ga di bulan Desem­ber, berikut mar­ket updates dari domestik dan global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 26 Desember 2022

How much is too much?

Keter­tarikan saya ter­hadap sep­ak bola sebe­narnya cukup netral, namun keti­ka final Argenti­na melawan Pran­cis, saya tidak bisa tidur nyenyak pada malam itu kare­na menge­tahui Mes­si dan Mbappé–dua pemain sak­ti yang juga satu klub–akan bertarung mem­pere­butkan piala emas bergengsi ting­gi. Dua gol per­ta­ma dic­etak oleh Argenti­na, pikir saya, “Harus­nya mudah bagi Argenti­na atau Mes­si untuk menc­etak skor keti­ganya?”. Pasti semua fans Argenti­na merasa keme­nan­gan sudah di tan­gan para fans. Hing­ga… keadaan berba­lik men­ja­di seim­bang. Bayangkan, Mbap­pé melakukan gol dua kali dalam wak­tu kurang dari 1 menit! Dunia pasti terke­jut, ked­ua fans pun pasti deg-degan. Pikir saya, harus­nya mudah bagi Argenti­na menga­mankan posisinya den­gan gol keti­ga sete­lah menc­etak dua gol secara berun­tun. Namun, dilu­ar dugaan, saya baru dis­adark­an kem­bali oleh kemam­puan Mbap­pé yang lihai, patut men­ja­di salah satu pemain ter­ma­hal di dunia. Saya pun berpikir kem­bali, seharus­nya mudah bagi Pran­cis atau Mbap­pé untuk menc­etak skor keti­ga. Terny­a­ta, per­tandin­gan dilan­jutkan ke babak per­pan­jan­gan wak­tu. Gol keti­ga akhirnya dic­etak oleh Mes­si. Wah, fans Argenti­na pasti bisa tidur nyenyak malam ini. Tiba-tiba, Mbap­pé menun­jukkan kepi­awa­ian­nya lagi, menye­im­bangkan skor Pran­cis den­gan Argenti­na. Wah, walaupun sudah menc­etak gol secara berun­tun dan berkali-kali, tidak mudah juga rupa­nya bagi mere­ka yang sudah lama bertarung di lapan­gan hijau untuk men­ja­ga kon­sis­ten­si tersebut.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.