Bye-bye Dolar, Negara ini Mau Ngeluarin Mata Uang Baru!

14 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Kira-kira ada apa yah den­gan Dolar AS, katanya ada beber­a­pa Negara yang ingin mening­galkan­nya. Penasaran? Mari kita ulas bersama.


Beber­a­pa Negara seper­ti Brasil, Rusia, India, Chi­na, dan Afri­ka Sela­tan memu­tuskan untuk beralian­si dan mem­bu­at mata uang baru den­gan nama BRICS (yang diam­bil dari nama keang­gotaan lima Negara tersebut).


Langkah itu bertu­juan untuk men­gu­ran­gi keter­gan­tun­gan dalam meng­gu­nakan mata uang Dolar dan Euro saat bertransak­si. Mata uang BRICS akan meman­faatkan komod­i­tas lain seper­ti emas dan Logam Tanah Jarang (LTJ). 


Ren­cananya, mata uang BRICS akan dilun­curkan pada bulan agus­tus 2023. Bila dil­i­hat dari segi inisi­at­ifnya, terny­a­ta beber­a­pa Negara dalam Anggota BRICS sudah mem­pun­yai langkah untuk “melawan” dom­i­nasi Dolar AS.


Seper­ti layaknya India. India menawarkan negara-negara yang men­gala­mi keku­ran­gan dolar untuk menye­le­saikan pem­ba­yaran transak­si perda­gan­gan mere­ka den­gan meng­gu­nakan mata uang rupee India.


Selain itu, Chi­na juga berusa­ha “melawan” dom­i­nasi dolar AS melalui inisi­atif kebi­jakan Shang­hai Inter­na­tion­al Ener­gy Exchange (INE) tahun 2018.


Kebi­jakan terse­but memu­ngkinkan untuk pen­gi­r­i­man minyak dari negara-negara seper­ti Venezuela, Iran, dan Rusia den­gan kon­trak yang dis­ep­a­kati yaitu den­gan cara bertransak­si meng­gu­nakan mata uang ren­min­bi China.


Sebelum lebih lan­jut, mari kita lihat perg­er­akan mas­ing-mas­ing mata uang dalam anggota BRICS ter­hadap USD.





Seba­gian besar mata uang dari mas­ing-mas­ing Negara ter­hadap dolar AS men­gala­mi pelema­han. Walaupun sem­pat men­guat seper­ti layaknya Yuan Tiongkok Chi­na dan Real Brasil, tingkat pen­guatan­nya pun masih ter­bilang ren­dah diband­ingkan den­gan tahun-tahun dalam peri­ode sebelum­nya. Tidak her­an bila Negara terse­but beren­cana mem­bu­at BRICS untuk “melawan” dolar AS.


Namun yang jadi per­tanyaan, apakah sete­lah nan­ti adanya mata uang BRICS bisa men­dom­i­nasi dolar AS? Mari kita tung­gu kelan­ju­tan­nya. Menu­rut kamu, hal ini akan berdampak posi­tif atau berdampak negatif bagi perekono­mi­an dunia khusus­nya untuk Indonesia?


Sam­bil kita menung­gu pelun­cu­ran mata uang BRICS di bulan Agus­tus 2023, mend­ing sekarang buka aplikasi SayaKaya dan lang­sung berin­ves­tasi. Den­gan berin­ves­tasi sejak dini, kita dap­at men­ca­pai ren­cana finan­sial di masa depan! Ingat lho, tujuan finan­sial kita sudah menung­gu di sana, yuk mari inves­tasi sekarang di SayaKaya!



Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 12 April 2023

Duel Berat: Deposito vs Reksa Dana. Mana yang Lebih Untung?

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang penasaran men­ge­nai perbe­daan antara depos­i­to vs rek­sa dana? Dua jenis instru­men inves­tasi ini cukup dim­i­nati masyarakat Indone­sia untuk berin­ves­tasi dan untuk men­ca­pai tujuan finan­sial dalam jang­ka panjang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 10 April 2023

Obligasi Masih “Ciamik” di Tengah Pasar Saham yang Flat – MarketOutlook 10 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 5 April 2023

Wow! Ternyata Ini Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan 2023!

Hal­lo teman Yamin! Saat ini kita masuk pada bulan Ramad­han 2023. Bagi umat mus­lim, bulan ramad­han meru­pakan bulan yang penuh berkah dan suka cita. Namun, bulan ramad­han tidak hanya dap­at dinikmati oleh umat mus­lim saja, dari kalan­gan lain pun juga bisa menikmatinya, lho. Apala­gi pada saat berbu­ru “takjil” men­je­lang sore hari. Wih suasananya pasti seru! 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.